Via ausbt.com.au

Pertama Kali Naik Pesawat? Jangan Ragu, Ini Tipsnya!

Kadang melakukan perjalanan jauh bisa jadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Selain itu, apa yang menjadi moda transportasinya pun juga sangat berpengaruh. Misalnya saja, ada orang yang lebih suka transportasi darat dibandingkan dengan laut ataupun udara.

Artikel kali ini akan fokus mengajak kamu membahas tentang perjalanan udara atau cara naik pesawat untuk kamu yang baru pertama kali. Ternyata ada banyak orang yang masih merasa ragu terutama jika baru pertama naik pesawat. Mungkin ragu dengan mekanismenya sampai bisa benar-benar terbang dan sampai ke tujuan. Atau bisa jadi ada trauma tersendiri sehingga merasa kurang nyaman terbang.

Terlepas dari apapun itu, penting untuk tahu 10 tips yang sudah OhGitu rangkum khusus untuk kamu yang ingin tahu tips naik pesawat terbang pertama kali. Apa saja?

1. Jam Keberangkatan

Via gearnova.com

Nah pertama-tama, pilih jam keberangkatan yang bisa membuat kamu nyaman. Mungkin ada yang suka terbang first flight untuk menghindari delay, siang hari, atau justru malam hari untuk menyesuaikan dengan jam tidur.

Apapun itu, pastikan kamu memilih jam yang membuat kamu nyaman. Hal ini penting untuk mengurangi kegelisahan saat proses boarding hingga lepas landas yang kadang memakan waktu yang tidak sedikit.

2. Pack Light

Via blog.tortugabackpacks.com

Jangan bawa barang berlebihan. Berbeda dengan moda transportasi lain seperti kereta api, bus, atau kapal laut yang kamu bisa langsung masuk dengan membawa seluruh bawaan, saat proses check-in di bandara ada banyak tahapan yang harus dilalui.

Kamu harus meletakkan semua barang bawaan di mesin pemindai X-Ray selama paling tidak dua kali sebelum bisa masuk ke ruang tunggu. Jadi, bayangkan saja kalau barang kamu sangat banyak? Bisa-bisa ribet duluan saat proses scanning X-Ray!

Bawa barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Jangan khawatir kehabisan baju karena kamu pasti punya pilihan untuk mencuci dan memakai kembali baju yang kamu bawa.

3. Pilih Outfit Yang Tepat

Via crossroadstrading.com

Ini yang kerap salah kaprah dipahami. Ke bandara bukan tempat untuk unjuk gigi selera fashion ya! Kenakan outfit yang benar-benar kamu sukai dan merasa nyaman untuk memakainya. Jangan berlebihan dengan terlalu banyak aksesoris.

Penting juga untuk diingat, saat akan check-in dan sedang melewati mesin X-Ray, semua aksesoris harus dilepas seperti sabuk, jam tangan, dan lainnya. Tentu kamu tidak mau kerepotan karena harus melepas dan memasang semua aksesoris ini bukan?

4. Dokumen Penting

Via godsavethepoints.com

Kini, check-in kian mudah karena kamu cukup menunjukkan kode booking di ponsel tanpa perlu mencetak tiketnya. Dari kode booking itu pula kamu akan mendapat boarding pass dari maskapai. Saat proses check-in, kamu akan diminta menunjukkan identitas sendiri.

Saran dari OhGitu, siapkan semua dokumen yang diperlukan di tempat yang mudah dijangkau dan aman. Jangan letakkan di dalam koper atau barang bawaan yang akan dimasukkan ke bagasi. Selain itu, pastikan dokumen dan boarding pass tidak jatuh ya!

5. Ketahui Alur

Via a-g-i.org

Kamu akan percaya diri dimanapun jika menguasai apa yang harus dilakukan. Untuk itu, sangat wajar bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat terbang merasa harus memetakan tahapan yang harus dilakukan sesampainya di bandara.

Pertama-tama, kamu akan menuju terminal keberangkatan dan menunjukkan kode booking. Kemudian masuk melewati mesin pemindai X-Ray untuk menuju konter check-in. Pilih yang sesuai dengan maskapai dan destinasi kamu.

Kemudian, berikan bagasi pada petugas. Jika tidak ada, kamu bisa lanjut ke ruang tunggu yang tertera di boarding pass. Tunggu sampai waktu keberangkatan tiba dan masuk ke pesawat, duduk di tempat yang tertera dalam tiket. Mudah, kan?

6. Nikmati Hiburan

Via thedesignair.net

Biasanya pada penerbangan terutama yang jarak jauh atau long-haul flight, ada banyak fitur entertainment yang bisa kamu akses untuk mengatasi rasa bosan. Jangan ragu untuk memanfaatkannya ya! Kamu bisa memilih mendengarkan musik, menonton film dari begitu banyak pilihan, atau bermain games.

Jika tidak ada fitur entertainment di pesawat yang kamu tumpangi, bawa saja novel kesayangan kamu atau headset untuk mendengarkan lagu favorit. Tenang saja, perangkat elektronik tetap boleh dinyalakan dalam airplane mode jika sudah berada di atas. Tentu saja saat take off dan landing harus dimatikan total ya!

7. Simak Penjelasan Pramugari

Via thesun.co.uk

Sudah menjadi SOP bagi setiap maskapai untuk memulai penerbangan dengan menjelaskan prosedur keselamatan. Ada yang menjelaskan dengan diperagakan oleh pramugari atau pramugara, ada juga yang berupa rekaman dan bisa kamu saksikan di layar depan kursi.

Selain itu, mengetahui apa yang harus dilakukan saat kondisi darurat terjadi juga akan membuat kamu merasa tenang. Dengan benar-benar memahaminya, kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi hal di luar ekspektasi.

8. Pilih Kursi yang Nyaman

Via ausbt.com.au

Jika kamu baru pertama kali naik pesawat, bayangkan berada selama lebih dari satu jam dalam ruangan tertutup. Mana yang lebih kamu pilih, berada di dekat jendela atau di aisle atau lorong? Manapun itu, jadikan itu referensi saat check-in.

Sampaikan pada petugas check-in bahwa kamu ingin tempat duduk spesifik. Semakin awal kamu datang, maka semakin besar kemungkinan kursi tersebut belum terisi.

9. Datang Tepat Waktu

Via bizjournals.com

Hal terakhir yang seharusnya terjadi saat kamu akan terbang naik pesawat untuk pertama kalinya adalah datang terlambat ke bandara. Ingat ya, konter check-in hanya akan menunggu kamu hingga 45 menit sebelum waktu keberangkatan.

Itu artinya, selama hampir satu jam sebelum lepas landas kamu sudah harus berada di bandara. Perhitungkan juga waktu yang diperlukan untuk antre check-in, memindai barang di mesin X-Ray, menuju terminal keberangkatan, yang tentu tidak singkat.

Jadi jangan sampai terlambat datang ke bandara ya! Lebih baik terlalu awal dan bisa melihat situasi sekitar. Terlebih jika kamu berada di kota yang kemacetannya tidak bisa diduga. It’s better safe than sorry!

10. Tenang Dan Berdoa

Via desiringgod.org

Terakhir, nasihat paling klasik namun selalu ampuh dalam kondisi apapun. Saat naik pesawat, pasti ada yang namanya turbulensi yang sedikit banyak membuat kamu panik. Namun tetaplah tenang dan berdoa agar diberi keselamatan selama perjalanan.

Selain itu, yakinlah bahwa perjalanan udara adalah jenis transportasi dengan risiko kecelakaan yang paling rendah dibandingkan dengan yang lain. Atasi ketakutanmu dan kamu pasti akan bangga dengan pencapaian ini.

Semoga 10 tips naik pesawat terbang pertama kali di atas bisa melancarkan perjalanan kamu ya! Setiap orang tentu punya gaya yang berbeda-beda saat akan melakukan perjalanan jauh. Yang terpenting adalah mempersiapkan segalanya dengan baik agar tidak ada masalah apapun.

Tidak perlu panik karena kamu tidak sendirian. Ada banyak orang lain dan petugas dari maskapai yang akan membantu saat kamu menghadapi kesulitan. Jangan sungkan menghubungi pramugari jika butuh bantuan ya!

Jika ada saran lain yang juga layak dicoba, please let us know!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *