in

Ciri-Ciri Hamil Muda: 10 Tanda-Tanda Awal Kehamilan Wanita

Ciri-Ciri Hamil

Kehamilan merupakan sebuah anugerah bagi setiap pasangan menikah, dan sebuah keajaiban karena belum tentu setiap wanita bisa mengalaminya. Terkadang, ciri-ciri hamil tak melulu harus telat datang bulan saja.

Namun ada beberapa tanda dari tubuh yang bisa memberitahukanmu bahwa saat ini ada jabang bayi yang sedang tumbuh dalam rahim kamu. Yang bisa kamu perhatikan sebelum kamu mulai melakukan tes kehamilan maupun USG untuk memastikannya.

Kapan Tanda Kehamilan Muncul?

Kehamilan terjadi karena adanya pertemuan antara sel sperma yang berenang menuju ovarium untuk membuahi sel telur. Dari berjuta sel sperma yang masuk ke ovarium hanya satu sel saja yang akan berhasil melakukan pembuahan yang nantinya akan tumbuh menjadi janin dalam rahim seorang wanita. Dan usia kehamilan normalnya akan berlangsung selama kurun waktu kurang lebih 40 hingga 41 minggu atau 9 bulan.

Mungkin bagi wanita yang baru mengalami kehamilan pertama kali, akan terdengar sedikit aneh karena usia kehamilan dihitung dari hari pertama haid terakhir atau dikenal dengan istilah HPHT. Meskipun ciri-ciri hamil belum terlihat jelas, namun sangat penting untuk mengetahui kapan tepatnya hari menstruasi terakhir berlangsung agar dapat memperkirakan hari kelahiran atau HPL (Hari Perkiraan Lahir).

Dan hal tersebut sejalan dengan rumus Naegele, yang kerap digunakan sebagai acuan dalam menentukan hari perkiraan kelahiran. Dan berikut rumusnya:

Hari (+7), Bulan ( -3), dan Tahun (+1)

Sehingga bila misalnya HPHT adalah 20 Mei 2017 maka akan didapat 27 Februari 2018, yang dihitung dari hari (20+7), bulan (5-3), tahun (2017+1).

10 Gejala Kehamilan Yang Wajib Wanita & Pasangan Ketahui

Tubuh wanita memiliki keunikan tersendiri, sehingga saat hamil pun memiliki ciri yang tidak selalu sama antara satu wanita dengan yang lainnya bahkan antara kehamilan pertama dan kedua. Meskipun demikian, ciri-ciri hamil berikut bisa jadi sebuah gambaran agar kamu bisa lebih memperhatikan karena mungkin saja tanpa disadari saat ini sedang hamil.

1. Payudara Lebih Sensitif

Via mypregnancyplace.org

Kehamilan membuat tubuh wanita menjadi lebih sensitif termasuk bagian payudara. Ini terjadi karena dipengaruhi oleh adanya perubahan hormon terutama di masa-masa awal kehamilan. Yang membuat aliran darah pada pembuluh darah di payudara meningkat sehingga membuatnya terlihat kencang dengan puting menonjol dan juga bagian aerola yang menggelap. Selain itu juga membuat payudara akan terasa sedikit nyeri seperti saat sedang dalam masa menstruasi.

2. Perdarahan Ringan

Via pinkycloud.com

Selain payudara menjadi lebih sensitif dari biasanya, ada lagi ciri-ciri hamil yang mungkin saja tak disadari oleh seorang wanita yakni adanya flek atau perdarahan ringan. Flek ini biasanya terjadi di minggu-minggu awal kehamilan, yang terjadi karena adanya penempelan embrio pada dinding rahim. Biasanya juga dibarengi dengan kram perut ringan yang hampir mirip dengan kondisi saat masuk masa menstruasi.

Dan karena dikira sebagai darah menstruasi, seringkali ciri-ciri ini kadang diabaikan sehingga tak jarang kehamilan baru diketahui setelah beberapa minggu berlalu. Namun tak semua wanita mengalami hal ini, dan bila terjadi pendarahan yang berlebihan segera periksakan kondisi tersebut pada petugas medis terdekat.

3. Rasa Lelah Yang Amat Sangat

Via friso.co.id

Selanjutnya, ciri-ciri hamil yang mudah sekali dikenali ialah tubuh menjadi mudah lelah seperti kehabisan tenaga dan selalu mengantuk padahal sudah cukup tidur. Hal ini normal, terutama di awal masa kehamilan karena berkaitan dengan hormon progesteron yang meningkat di dalam tubuh. Juga, kadar gula dalam darah yang menurun disertai rendahnya tekanan darah bisa mempengaruhi kondisi tersebut.

Banyak beristirahat menjadi sebuah keharusan di masa ini, selain itu asupan nutrisi pun juga perlu diperhatikan. Salah satunya dengan mengkonsumsi banyak makanan bergizi terutama makanan yang kaya zat besi dan protein untuk menjaga keseimbangan tubuh selama kehamilan.

4. Suhu Tubuh Menjadi Lebih Hangat

Via newskidcenter.com

Ketika tubuh terasa lebih hangat bukan berarti kamu sedang sakit lho. Karena salah satu ciri hamil ialah meningkatnya suhu basal tubuh sehingga terkadang terasa lebih hangat dari biasanya.

Meski terkadang suhu tubuh juga bisa menigkat sehabis berolah raga, namun hal ini tetap harus diperhatikan. Terutama memperhatikan asupan cairan supaya tubuh tak mengalami dehidrasi selama kehamilan yang bisa saja berpengaruh buruk.

5. Perubahan Suasana Hati

Via thedigestersdilemma.com

Saat di awal kehamilan, tak jarang beberapa wanita menjadi lebih mudah marah, tersinggung, sedih berlebihan atau menangis tnpa sebab. Ini juga karena disebabkan adanya peningkatan produksi hormon progesteron dan esterogen yang terjadi selama kehamilan, sehingga membuat seorang wanita hamil menjadi lebih emosional dan berubah tanpa tanda atau alasan yang pasti dan jelas.

6. Berkemih Lebih Sering

Via hellosehat.com

Ciri hamil yang juga sangat terlihat ialah, menjadi sering ke kamar mandi karena berkemih. Meningkatnya aliran darah dalam tubuh, membuat ginjal memproses banyak cairan. Selain itu, rahim yang mulai berkembang turut pula menekan kandung kemih sehingga merangsang keinginan berkemih lebih sering dari biasanya.

Karenanya agar cairan tubuh tetap stabil meski banyak berkemih, disarankan menjaga asupan cairan setidaknya 2 L setiap hari. Dan jangan pula menahan keinginan berkemih karena bisa berakibat fatal, frekuensi berkemih akan meningkat seiring pertumbuhan janin dalam tubuh. Berhati-hati saat di kamar mandi agar tidak mudah terpeleset.

7. Konstipasi Dan Perut Begah

Via accordclinical.com

Ciri hamil yang juga mudah dirasakan ialah konstipasi, atau susah buang air besar dan terkadang disertai rasa begah yang tidak nyaman pada perut. Hal ini terjadi karena lagi-lagi peningkatan hormon selama kehamilan yang menyebabkan sistem pencernaan menjadi kurang lancar.

Sehingga wanita yang hamil terkadang bisa berhari-hari tidak buang air besar, namun tak perlu khawatir karena kondisi ini normal terjadi. Asupan buah dan sayur yang cukup supaya kebutuhan serat dalam tubuh tercukupi dan membantu melancarkan buang air besar.

8. Mual Dan Muntah

Via babycenter.com

Meskipun tak semua wanita merasakan mual dan muntah, namun kondisi ini umum dialami wanita selama awal masa kehamilan dan seringkali disebut morning sickness. Meski disebut demikian mual dan muntah bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. Dan seperti yang dilansir dari American Pregnancy Association, morning sickness biasanya akan menghilang setelah usia kehamilan semakin bertambah setidaknya setelah 12 minggu pertama.

Karenanya hal tersebut bisa membuat seorang wanita hamil mengalami kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung perkembangan janin terutama di masa-masa awal. Mengkonsumsi makanan ringan bercita rasa asin bisa membantu mengurangi mual saat hamil, juga perbanyak minum air hangat. Bila mual dan muntah terasa sangat mengganggu segera kunjugi dokter atau bidan terdekat untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

9. Sering Merasa Pusing

Via americanpregnancy.org

Selama kehamilam berlangsung, pusing menjadi sebuah kondisi yang acap kali terjadi dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Kondisi ini dipengaruhi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tidak stabil dan inilah yang terkadang menyebabkan pusing.

Untuk mengatasinya, usahakan bergerak secara perlahan dan tidak berubah posisi secara tiba-tiba karena bisa membuat koordinasi tubuh terganggu dan pusing semakin kuat menyerang.

10. Peka Terhadap Aroma

Via huffpost.com

Selain memiliki perasaan yang lebih sensitif, ciri hamil yang lainnya ialah sensitif terhadap aroma dan bau-bauan. Hal inilah yang terkadang bisa memicu rasa mual dan juga muntah karena hidung menjadi lebih peka, baik aroma wangi maupun sebaliknya. Sehinagga terkadang bisa menyebabkan hilangnya nafsu makan.

Selain 10 ciri-ciri hamil yang sudah disebutkan, masih ada beberapa ciri lainnya lagi. Namun ciri-ciri tersebut lebih sering dirasakan oleh banyak wanita selama menjalani kehamilannya.

Untuk memastikan kehamilan, tes kehamilan dan pemeriksaan secara medis tetaplah diperlukan. Namun gejala diatas bisa membantumu mengenali kehamilan lebih awal dan mencegah hal buruk terjadi karena ketidaktahuan adanya janin yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *