10 Film Bencana Alam Paling Dahsyat yang Bikin Ingat Mati

Film Bencana Alam Terbaik
Via movierob.wordpress.com

Kehidupan di dunia ini memang hanya sementara. Kamu nggak tahu kapan dan bagaimana kamu dan orang-orang di sekitarmu akan mati. Meski tak memiliki penyakit yang mematikan, bisa saja tiba-tiba bencana alam datang merenggut nyawamu ataupun orang-orang yang kamu sayangi.

Seperti yang banyak diceritakan dalam film-film, bencana alam datang tiba-tiba dan sulit diprediksi. Bahkan beberapa diangkat dari kisah nyata dari bencana alam yang pernah terjadi.

Nah, berikut ini sepuluh film bencana alam terbaik yang sangat menegangkan dan wajib kamu tonton.

1. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Via youtube.com

Bencana alam tsunami yang terjadi di Nanggroe Aceh Darussalam empat belas tahun silam tentu masih membekas di benak warga Indonesia. Tak hanya meluluhlantakkan bangunan-bangunan besar, tapi juga memakan korban lebih dari 200ribu jiwa. Peristiwa nyata tersebut diangkat ke layar lebar melalui film Hafalan Shalat Delisa yang diadaptasi dari novel karya penulis kondang, Tere Liye.

Dalam film ini diceritakan kisah seorang anak bernama Delisa yang diperankan oleh Chantiq Schagerl. Saat itu ia akan mengikuti ujian praktik sholat, namun gempa yang disusul tsunami menyerang. Ia pun terpisah dari keluarganya. Tiga kakaknya pun meninggal dan ibunya belum ditemukan. Reza Rahadian, aktor tenar dari negeri ini juga turut ambil bagian dalam film ini sebagai ayah Delisa.

2. Krakatoa: The Last Days (2006)

Via periodfilms.ru

Satu lagi film tentang bencana alam yang melanda Indonesia yaitu tentang letusan Gunung Krakatau kedua tahun 1883. Yang memproduksi film dengan genre dokudrama ini bukan orang Indonesia tapi sebuah stasiun televisi di Inggris yaitu BBC.

Dalam film ini digambarkan betapa dahsyatnya letusan gunung berapi yang disusul tsunami itu hingga menewaskan sekitar 36ribu jiwa. Film yang dibuat berdasarkan saksi mata ini disutradarai oleh Sam Miller dan dibintangi oleh Rupert Penry-Jones dan Olivia Williams.

3. 2012 (2009)

Via imdb.com

Siapa yang tidak ingat dengan film fenomenal ini yang mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2012? Film ini dibesut oleh Roland Emmerich, sutradara sekaligus penulis skenario yang terkenal dengan film tentang bencana alam.

Dalam film ini, seorang scientist yang diperankan oleh Chiwetel Ejiofor memberikan peringatan bahwa dunia akan berakhir tahun 2012. Karena peringatan tersebut, diam-diam para pemimpin dunia pun bersiap demi keselamatan mereka.

Sedangkan orang-orang tak menyadari kiamat ini akan terjadi. Kemudian serangkaian bencana alam mulai dari gunung meletus, tsunami, dan lain sebagainya bermunculan menghancurkan bumi. Visualisasinya yang menyeramkan dengan orang-orang yang gagal menyelamatkan diri ini akan membuatmu merinding ketika melihatnya.

4. The Day After Tomorrow (2004)

Via imdb.com

Satu lagi film yang disutradarai dan ditulis oleh pria asal Jerman, Roland Emmerich, yang tak boleh kamu lewatkan yaitu The Day After Tomorrow. Film tentang bencana alam ini merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul The Coming Global Superstorm (1999) karya Art Bell dan Whitley Strieber.

Berkisah tentang sang tokoh utama Jack Hall, seorang paleoklimatologis yang menceritakan teorinya bahwa bumi dapat memasuki Zaman Es lagi bila polusi pada atmosfir terus terjadi. Teorinya yang tak dipercaya ini pun menjadi kenyataan. Jack pun berusaha menyelamatkan anaknya yang saat itu berada di New York.

5. Pompeii (2014)

Via thedullwoodexperiment.com

Pompeii ini dibuat untuk menggambarkan bencana alam yang terjadi di kota Pompeii, sebuah kota yang pernah ada di Italia dan berada di dekat Gunung Vesuvius.

Kota yang menawan tersebut hancur karena erupsi gunung dan tsunami yang terjadi pada tahun 79 A.D. Dalam film tersebut dikisahkan tentang seorang budak yang kemudian menjadi gladiator, ia berjuang menyelamatkan wanita yang dicintainya di tengah-tengah bencana.

6. The Impossible (2012)

Via movierob.wordpress.com

Selain Hafalan Shalat Delisa, film tentang bencana alam kali ini juga menceritakan tsunami tahun 2004. Setelah gempa menerjang Indonesia, tsunami datang meratakan negara-negara di Lautan Hindia. Salah satunya Thailand. Film ini sendiri diangkat dari kisah nyata seorang keluarga yang berhasil selamat.

Saat itu, Maria Belon, suami, dan tiga anaknya yang merupakan wisatawan asal Spanyol sedang berlibur di sana. Namun tiba-tiba tsunami datang. Untungnya, keluarga tersebut berhasil melawan ganasnya tsunami.

Untuk membuat tampak nyata, sutradara Juan Antonio Bayona sampai membuat gabungan efek digital dan gelombang air asli.

7. Armageddon (1988)

Via netflix.com

Pemeran utama dalam film Armageddon ini adalah Bruce Willis, aktor papan atas yang juga produser dan penyanyi. Makanya kamu wajib nonton ini. Ceritanya sendiri tentang bumi yang terancam musnah karena adanya asteroid berbahaya yang mendekati bumi.

NASA pun melakukan segala cara untuk mengatasinya. Meski misi ini berbahaya, seorang pengebor minyak bernama Harry Stamper yang diperankan oleh Bruce Willis itu setuju untuk menjalankan misi ke luar angkasa.

8. San Andreas (2015)

Via theactionelite.com

Film bencana alam terbaik kali ini dibintangi oleh aktor Fast Furious, Dwayne “The Rock” Johnson. Dalam film ini, Dwayne memerankan tokoh utama yang bernama Chief Raymond Ray Gaines yang merupakan seorang pilot regu penyelamat.

Ia pun berusaha menyelamatkan keluarganya dari gempa tektonik sebesar 9,6 skala ritcher yang menghancurkan San Andreas, sebuah wilayah di negara bagian California. Kemudian tsunami pun terjadi.

Meski ceritanya fiktif, film yang disutradarai Brad Peyton ini terinspirasi dari adanya Patahan San Andreas sepanjang 1300 km di California.

9. Aftershock (2010)

Via ilovedisastermovies.com

Gempa bumi Tangshan berkekuatan 7,6 skala ritcher memang menyisakan luka mendalam bagi rakyat China. Pasalnya, gempa yang terjadi pada tahun 1976 itu merenggut 240ribu jiwa.

Film dari negeri tirai bambu ini mengangkat kisah dengan latar belakang gempa tersebut. Ceritanya tentang seorang ibu yang ditinggal mati suaminya karena gempa.

Sementara kedua anaknya terjebak di dalam puing-puing bangunan dan hanya satu yang bisa diselamatkan. Ia pun memilih anak laki-lakinya. Tapi ternyata, anak perempuannya tidaklah mati. Ia diadopsi oleh sepasang suami-istri dan tumbuh dewasa. Kisah para survivor yang penuh air mata ini tentu tak boleh dilewatkan.

10. The Perfect Storm (2000)

Via alternateending.com

Disutradarai oleh Wolfgang Peterson, kamu akan disuguhkan oleh petualangan Andrea Gail yang diperankan oleh George Clooney dan teman-temannya saat melaut.

Mereka adalah sekelompok nelayan yang karena hasil tangkapannya buruk, berlayar menuju tempat lain. Benar saja, ada banyak ikan yang berhasil didapatkan. Namun, sebuah badai di tengah lautan menghadang mereka. Sementara helikopter penyelamat kehabisan bahan bakar.

Sepuluh film bencana alam terbaik tadi akan memberikanmu banyak pelajaran hidup. Terlebih lagi bagi kamu yang belum pernah mengalami bencana alam.

Ini akan membuatmu lebih berempati lagi terhadap orang-orang terdampak bencana seperti Gempa Lombok yang baru-baru ini terjadi. Jangan lupa share dan tinggalkan komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *