in

10 Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Film Indonesia Terbaik
Via montasefilm.com

Eits, bukan hanya film Hollywood saja yang layak mendapat apresiasi dengan segala hingar bingar blockbuster yang dirilisnya. Indonesia juga tidak ketinggalan dong menunjukkan keunggulan para sineasnya dalam merilis film layar lebar. Sempat lesu, industri film tanah air menggeliat di circa tahun 2002 lewat talenta para sutradara kebanggaan kita.

Tidak sah dong rasanya jika setelah melihat drama Korea terbaik dan drama Jepang yang bikin campur aduk, tidak mengulas tentang film Indonesia terbaik secara khusus? Untuk itu, kali ini OhGitu telah merangkum 10 film Indonesia terbaik sepanjang masa yang alur ceritanya terasa begitu dekat dengan kamu, bahkan bikin baper!

Seperti biasa disclaimer dari kami, daftar 10 film terbaik sepanjang masa ini tidak berdasarkan satu parameter saja misalnya jumlah penonton terbanyak. Kami juga mempertimbangkan beberapa prestasi lainnya misalnya di kancah festival bergengsi, alur cerita, hingga yang sempat viral! So langsung saja, ini dia 10 film Indonesia terbaik versi OhGitu.

1. Ada Apa dengan Cinta (2002)

Via breaktime.co.id

Posisi pertama film Indonesia terbaik masih ditempati – dan sepertinya belum akan tergeser – oleh film Ada Apa dengan Cinta. Film yang dirilis tahun 2002 ini menggebrak kelesuan industri film tanah air kala itu. Rudy Soedjarwo sukses menghadirkan cerita drama cinta, persahabatan, dan keluarga dengan kemasan yang familiar dengan para penontonnya.

Berkisah tentang gank di SMA yang beranggotakan Cinta, Milly, Karmen, Alya, dan Maura yang sangat populer. Lalu ada sosok siswa pendiam dan cool bernama Rangga yang akhirnya membawa Cinta dalam gejolak cinta bersamanya.

Berpadu manis dengan original soundtrack karya Melly Goeslaw, AADC berhasil menjadi salah satu film yang jumlah penontonnya nyaris menembus tiga juta penonton. Sekuelnya yang dirilis tahun 2016 lalu juga tidak kalah populer.

2. Warkop DKI Reborn (2016)

Via theinigo.com

Bisa jadi karena besarnya kerinduan masyarakat Indonesia akan sosok Warkop DKI, film yang dibintangi Vino Bastian, Tora Sudiro, dan Abimana ini mendapat sambutan positif. Bagian pertama dari Warkop DKI Reborn yang rilis pada tahun 2016 ini membukukan angka fenomenal dengan jumlah penonton lebih dari 2,3 juta orang hanya dalam waktu sepekan setelah dirilis. Bahkan film yang merupakan remake dari Warkop DKI ini mencatatkan dua rekor MURI sekaligus.

Dalam film ini, diceritakan bagaimana Dono, Kasino, dan Indro bergabung dalam lembaga swasta bernama CHIPS. Aksi konyol mereka mengundang kekacauan demi kekacauan yang begitu menggelitik para penonton. Sekuel dari film ini yang dirilis setahun kemudian juga mendapat sambutan positif.

3. Habibie & Ainun (2012)

Via dapurfilm.com

Kisah cinta Presiden ketiga RI, BJ Habibie dan istrinya Ainun memang layak diabadikan sebagai legenda cinta sejati. Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari dengan apik membawakan peran sebagai Habibie dan Ainun sejak masih muda, baru menikah, hingga menua bersama. Dana produksi mencapai 31 miliar rupiah pun digelontorkan demi totalitas film ini.

Hingga turun dari layar, total jumlah penonton film ini mencapai 4,5 juta orang. Alur cerita yang berlatar di Jakarta, Bandung, juga Jerman, berhasil membuat penonton terharu melihat bagaimana kisah kasih keduanya begitu dalam hingga Ainun tutup usia.

4. Laskar Pelangi (2008)

Via montasefilm.com

Lagu, latar film, hingga alur cerita Laskar Pelangi yang dirilis delapan tahun silam bahkan masih membekas begitu erat di benak 4,7 juta orang yang telah menontonnya langsung di bioskop. Mengadaptasi novel dengan judul sama karya Andrea Hirata, Laskar Pelangi begitu kental menggambarkan kehidupan anak-anak sekolah di Belitung.

Konflik sehari-hari yang begitu menggugah mengetuk lembut hati mereka yang menonton, ditambah lagi dengan potret pendidikan yang digambarkan begitu nyata. Film yang bertabur aktor dan aktris kawakan ini juga berhasil membawa penonton baper saat SD Muhammadiyah di Desa Gantong terancam ditutup karena jumlah muridnya tidak sampai 10 orang. Mengikuti kesuksesan novelnya, tidak salah jika film ini dinobatkan sebagai salah satu film terbaik Indonesia.

5. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Via justwatch.com

Ada begitu banyak film bernafaskan religi yang dirilis sejak Ayat-Ayat Cinta mendobrak bioskop tahun 2008 lalu, namun hanya Ayat-Ayat Cinta yang hingga kini layak disebut sebagai film Indonesia terbaik. Fahri, yang diperankan oleh Fedi Nuril, digambarkan sebagai sosok pria taat agama dan terlibat cinta saat berada di Mesir.

Dibintangi Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, dan Melanie Putria, film ini mengangkat kisah cinta dalam suguhan yang baru. Setiap dialog begitu memikat dan membuat penonton – lagi-lagi – baper dan harus menyiapkan tisu. Keberhasilan film ini salah satunya terbukti dari jumlah penonton mencapai 3,5 juta orang.

6. Eiffel I’m in Love (2003)

Via breakingnews.co.id

Duet Shandy Aulia dan Samuel Rizal dalam Eiffel I’m in Love rupanya membawanya dalam daftar 10 film terbaik Indonesia sepanjang masa. Dirilisnya film drama cinta ini juga makin memperkuat anggapan bahwa industri film tanah air tengah berkembang pesat. Tita dan Adit dalam film ini mengajak penonton mengikuti kisah cinta yang berlatar di Jakarta dan Paris.

Di akhir masa penayangannya sejak 21 November 2003, Eiffel I’m in Love membukukan jumlah 2,6 juta penonton. Cerita percintaan dan drama keluarga yang dikemas menarik dan polos menjadi salah satu daya tarik film ini.

7. Cek Toko Sebelah (2016)

Via youtube.com

Ernest Prakasa rupanya tokcer dalam membesut film layar lebar, terbukti dari karyanya yang berjudul Cek Toko Sebelah. Kemasan komedi dan drama keluarga kental tergambar dari film ini, bercerita tentang persaingan dua toko yang letaknya persis bersebelahan. Tak hanya itu, sang pemilik toko juga memiliki dilema sepeninggal sang istri. Kedua anaknya memiliki sikap berseberangan.

Anak pertama pernah terjerat narkoba dan menjadi pengangguran. Sementara anak kedua sukses di perusahaan multinasional namun enggan meneruskan toko. Drama keluarga yang mengharukan dalam film ini menggambarkan bagaimana perjuangan keluarga Tionghoa dalam menyelaraskan hubungan saudara, dan mempertahankan toko mereka. Kisah ini memikat hingga 2,6 juta penonton.

8. My Stupid Boss (2016)

Via zetizen.com

Ternyata kolaborasi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari di layar lebar terbukti membawa hoki tersendiri. My Stupid Boss adalah cerita komedi konflik antara seorang bos dengan bawahannya yang diangkat dari novel laris lima seri. Mungkin banyak yang merasa terwakili dengan film ini ya, samai-sampai jumlah penontonnya menembus lebih dari 3 juta orang!

9. 5 CM (2012)

Via raksasatv.com

Kisah petualangan 5 sahabat menaklukkan puncak tertinggi Jawa disuguhkan dengan apik dalam film 5 CM. Judul 5 CM diangkat dari novel berjudul sama yang juga laris di pasaran. Genta, Arial, Zafran, Riani, dan Ian memutuskan untuk menaklukkan Puncak Mahameru bertepatan dengan upacara kemerdekaan.

Seperti biasa, ada persahabatan tentu ada cinta. Film ini dengan manis menggambarkan bagaimana kisah percintaan juga ikut serta dalam perjalanan mereka. Konflik dan ketegangan pun disuguhkan dengan apik oleh para pemerannya.

10. Pengabdi Setan (2017)

Via vidio.com

Film terakhir yang juga layak disebut film terbaik Indonesia sepanjang masa adalah Pengabdi Setan. Film karya Joko Anwar ini merupakan film terlaris sepanjang tahun 2017 dengan jumlah penonton lebih dari 2,8 juta orang. Merupakan versi remake dari film berjudul sama di era 80-an, film horor ini bercerita tentang keluarga yang diteror sepeninggal sang ibu yang sakit keras.

Kengerian tergambar dengan apik dari tiap adegan dalam film ini. Tak heran jika film Pengabdi Setan kemudian diterjemahkan ke puluhan bahasa dan juga mencetak rekor di beberapa negara lain. Selain jajaran film horor terseram sepanjang masa ini, Pengabdi Setan karya sineas Indonesia tidak kalah membanggakan.

Di antara 10 film terbaik Indonesia sepanjang masa di atas, yang mana yang paling membekas dan membuat kamu baper? Ada usulan lain film yang juga layak jadi film terbaik versi OhGitu? Rekomendasikan di kolom komentar, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *