in

10 Film Berdasarkan Kisah Nyata Terbaik Sepanjang Masa

Film Kisah Nyata
Via sweetsourjelly.blogspot.com

Film kisah nyata merupakan salah satu genre yang banyak beredar di pasaran. Sesuai dengan namanya, film ini terinspirasi dari kisah nyata yang dialami seseorang. Baik yang langsung dituturkan oleh sumber maupun adaptasi dari buku bestseller. Umumnya, film kisah nyata tidak melulu berakhir bahagia. Justru sebalinya, tak sedikit yang mengalami masalah pelik bahkan berujung pada kematian.

Serupa dengan film lainnya, film kisah nyata pun terbagi ke dalam beberapa subgenre, yakni horror, dokumenter, hingga romantis. Meski memang tak dapat dimungkiri bila film kisah nyata horror paling banyak dilirik industri perfilman dunia, termasuk Indonesia. Maklum saja, film ini menyuguhkan kisah tak biasa yang dibalut dengan ketegangan dan kengerian.

Daftar Film Kisah Nyata Terbaik yang Wajib Anda Tonton

Nah, bagi  Anda pencinta film, ada sederet kisah nyata terbaik yang wajib untuk Anda tonton di waktu senggang. Adapun daftar film kisah nyata terbaik, antara lain sebagai berikut.

1. The Conjuring (2013)

The Conjuring merupakan film based on true story kehidupan pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren. Film The Conjuring berkisah tentang rumah pertanian angker yang dihuni oleh keluarga Perron. Di tahun 1971, Roger bersama istrinya, Carolyn Perron memutuskan untuk pindah ke sebuah rumah dengan membawa serta lima anaknya.

Mulanya, tak ada yang aneh, semua tampak biasa saja. Namun, anjing peliharaan keluarga Roger terus menyalak dan enggan untuk masuk ke rumah. Lambat laun, satu demi satu keanehan di rumah pertanian tersebut mulai menghantui keluarga Roger. Dimulai dari memar di tubuh Carolyn, kematian anjing peliharaan tanpa sebab jelas, hingga pintu yang kerap terbuka dan menutup sendiri.

Kengerian semakin menjadi saat Carolyn terkunci di ruang bahwa tanah dan anak sulungnya diserang oleh roh jahat wanita tua. Untuk mengatasi semua kejadian tersebut, Roger memutuskan meminta bantuan sang ahli, Ed dan Lorraine Warren.

Bisa dibilang, film ini menjadi salah satu film kisah nyata yang paling populer. Bahkan kisahnya terus berlanjut dengan sekuel, yakni The Conjuring 2 dan 3.

2. The Exorcist (1973)

Film The Exorcist merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya William Peter Blatty di tahun 1971. Film The Exorcist tercatat sebagai film horror paling sukses sepanjang masa bahkan pencapaiannya pun sangat baik, salah satunya adalah film horror pertama yang meraih nominasi Academy Award dan sukses menyabet dua penghargaan.

The Exorcist berkisah tentang pengalaman mengerikan yang dialami seorang gadis dua belas tahun, Regan. Mulanya, dokter menganggap semua yang dialami Regan adalah gejala penyakit yang menyerang otak, neurological disorder. Namun, sang ibu, Chris MacNeil merasa tidak yakin lantaran gejala yang ditunjukkan Regan lebih ke arah gangguan psikologi.

Kejadian yang dialami Regan semakin intens dan berbahaya. Bahkan Burke, seorang sutradara sekaligus teman Chris tewas di kamar Regan tanpa alasan yang jelas. Hal yang terasa janggal ini pun kemudian menarik perhatian Letnan Detektif Kinderman.

Sementara Kinderman terus menyelidiki penyebab kematian Burke, Chris justru meminta bantuan pastor Damien untuk mengatasi masalah yang dialami Regan. Meski telah beberapa dekade terlewati, film horor berdasarkan kisah nyata ini masih menjadi film klasik yang disukai penonton.

3. Catch Me if You Can (2002)

Catch Me if You Can merupakan kisah nyata kehidupan pemuda cerdas yang memiliki masalah pelik dalam keluarganya, Frank Abagnale Jr. Tak ingin menjalani kehidupan yang sama, Frank kemudian memilih jalan lain menjadi con man.

Selama ia menggeluti dunia con man, Frank melakukan banyak profesi. Ia menjadi seorang yang ahli menyamar bahkan memalsukan dokumen. Sayang, perjalanan Frank tidaklah selalu mulus. Lantas bagaimana akhir kisah Frank?

4. Apocalypse Now (1979)

Film yang diadaptasi dari buku Heart of Darkness ini berkisah tentang seorang veteran U.S Army, Captain Willard. Selama perang Vietnam berlangsung, Kapten Willard diberi misi berbahaya, yakni menghabisi nyawa seorang pemberontak yang menganggap dirinya Tuhan, Kolonel Kurtz. Demi menyelesaikan tugasnya, Willard pun terbang ke Kamboja. Berhasilkan Willard memenuhi misinya?

Film perang yang diangkat dari kisah nyata ini tidak hanya seru dan menegangkan, tetapi juga mengajarkan moralitas. Di mana sering kali perang melunturkan moral, mengubah seseorang menjadi pribadi yang lain, dan hal gila lainnya.

5. American Sniper (2014)

Film action terbaik ini diadaptasi dari kisah nyata anggota NAVY SEAL yang terkenal akan kehebatannya dalam membidik sasaran tembak, Chris Kyle. Chris memiliki akurasi tembakan yang sangat baik dan berhasil menyelamatkan ratusan jiwa. Chris pun menjadi sosok yang disegani dan dibanggakan negaranya. Kehebaran Chris pun membuat pihak lawan melakukan berbagai antisipasi, salah satunya dengan menyebar sayembara berhadiah ratusan ribu dollar bagi siapa saja yang berhasil memenggal kepala Chris.

Tekanan selama perang dan ketengangan yang memuncak membuat Chris cukup tertekan. Ia pun mencoba untuk lari dari bayang-bayang kematian yang terus menghantuinya selepas masa perang berakhir. Alhasil, Chris mengalami kesulitan dalam menjalin hubungan normal bersama istri dan anaknya.

6. The Imitation Game (2014)

Film kisah nyata The Imitation Game bercerita tentang seorang ilmuwan hebat, Alan Turing. Bermodalkan kecerdasan dan pengalaman yang dimilikinya, Alan berusaha untuk memecahkan kode teka-teki yang digunakan Nazi untuk keamanan pesan radio selama Perang Dunia II berlangsung.

7. Schindler’s List (1993)

Film yang dimainkan oleh Liam Neeson ini berkisah tentang seorang pengusaha asal Jerman, Oskar Schindler. Sebagai seorang pebisnis yang ambisius, Oskar berharap meraih keuntungan selama masa Perang Dunia II berlangsung. Bahkan ia tak segan mendekati sejumlah petinggi tentara Nazi demi melancarkan usaha yang dirintisnya dengan bantuan seorang Yahudi, Itzhak Stern.

Lambat laun, Oskar pun merasakan rasa iba pada kaum Yahudi yang dibantai dengan kejam oleh tentara Nazi. Berbekal niat baik, yakni dengan menjadikan pabriknya sebagai penampungan, Oskar telah menyelamatkan ribuan kaum Yahudi dari kekejaman Holocaust.

8. Surat Kecil untuk Tuhan (2011)

Surat Kecil untuk Tuhan merupakan salah satu film Indonesia terbaik yang mengisahkan tentang perjuangan Keke, penderita kanker rhabdomyosarcoma pertama di Indonesia. Kehidupan Keke yang bahagia dan penuh warna berubah suram saat dirinya divonis mengidap penyakit mematikan.

Keke harus menjalani serangkaian perawatan, mulai dari kemoterapi hingga radiasi. Meski menderita mual-mual disertai kerontokan rambut dan kulit kering, Keke dinyatakan sembuh. Namun, selang satu tahun kemudian, Keke kembali divonis dengan penyakit yang sama. Mampukah Keke bertahan hidup atau justru menyerah dengan keadaan?

9. Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Film kisah nyata yang menginspirasi ini sangat wajib untuk Anda tonton. Kisahnya sendiri tentang seorang pengusaha, penulis, dan motivator Indonesia, Merry Riana. Sebelum menjadi wanita sukses, Merry harus mengalami pahitnya kehidupan di negeri orang.

Berbekal semangat dan rasa optimis, Merry pun mencari solusi untuk masalah keungannya. Ia pun menjalani berbagai pekerjaan, mulai dari penyebar brosur, MLM, hingga investasi. Nahas, Merry pun menjadi korban investasi bodong. Meski kesialan menerpanya, Merry tak patah semangat. Ia terus mencoba hingga berhasil menjadi wanita karir yang sukses.

10. Habibie dan Ainun (2012)

Film romantis ini diadaptasi dari kisah nyata B.J. Habibie dan istrinya, Ainun. Film ini menceritakan bagaimana pertemuan pertama keduanya hingga menikah. Tak hanya itu saja, film ini menggambarkan perjuangan Habibie dan Ainun selama berada di Jerman serta saat Habibie dipercaya menjadi Presiden Indonesia ketiga.

Menyaksikan film ini akan membuat Anda merasakan betapa kekuatan cinta memang benar adanya. Kesetiaan B.J. Habibie terhadap sang belahan jiwa, ketulusan Ainun melepaskan jabatan dokter demi keluarga, dan kesabaran menghadapi segala masalah. Film ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin merasakan cinta sejati.

Nah, itulah sederet film kisah nyata terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Selamat menonton!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *