in

10 Daftar Film Sniper Terbaik Sepanjang Masa

Film Sniper Terbaik
Via theactionelite.com

Dengan kekuatan dan akurasi yang luar biasa ketika membidik sasaran dengan jarak yang mustahil, senjata milik sniper menjadi salah satu senjata paling menakutkan dalam peperangan modern. Tak heran jika banyak film yang kemudian mencoba menampilkan ketegangan tersebut dalam potongan adegan yang mampu menyuguhkan aksi yang menegangkan sekaligus penuh gaya kepada penikmat film aksi.

Meskipun belum banyak film sniper yang populer, karena memang segmentasinya untuk orang dewasa. Namun bukan berarti tak ada film sniper terbaik yang bisa Anda nikmati. Ingin tahu film sniper apa saja yang masuk dalam daftar film sniper terbaik sepanjang masa, berikut ulasannya untuk Anda

1. JFK (1991)

Film sniper terbaik yang pertama ini rilis tahun 1991 dan dibintangi oleh aktor Hollywood kenamaan Kevin Costner, film tersebut berjudul JFK. Film yang ditulis dan disutradarai oleh Oliver Stone ini bergenre thriller hukum yang mengangkat cerita tentang konspirasi dalam sejarah Amerika yang berlatar pada peristiwa terbunuhnya Presiden John F. Kennedy.

Film ini dibuat dengan mengadaptasi dua buku karya penulis ternama yakni Jim Garrison (On the Trail of the Assassins) dan Jim Marrs (Crossfire: The Plot That Killed Kennedy). Disertai dengan dramatisasi adegan yang begitu menggugah terutama adegan tembak-menembak yang menegangkan. Hingga membuat film JFK menjadi salah satu film sniper terbaik yang pernah dibuat.

2. Phone Booth (2002)

Phone Booth merupakan sebuah film yang dibuat dengan konsep yang begitu kuat, penuh ambisi dan hampir seluruh adegan filmnya berada di satu titik saja. Film ini mengisahkan tentang seorang pengorbit artis bernama Stu Shephard yang diteror akan dibunuh oleh penembak jitu misterius melalui sambungan telepon.

Dalam film ini hampir tak ada drama yang menguras air mata karena hampir keseluruhan adegan menceritakan tentang teror. Film yang juga bergenre thriller ini punya alur cerita yang kuat dan menegangkan sekaligus mencekam dengan menyuguhkan aksi tembak-menembak sniper yang seperti hantu.

3. Jarhead (2005)

Meski film ini mengangkat kisah tentang sekelompok prajurit muda Amerika yang pergi berperang dalam Perang Teluk yang berlangsung di Timur Tengah. Namun film sniper ini jauh dari sisi heroisme sebuah war movie pada umumnya. Tetapi lebih pada sisi realistis seorang prajurit yang frustasi dan menyesal pernah ikut bergabung ke dalam satuan tentara tersebut. Karena apa yang dikerjakan ternyata tak sesuai dengan kenyataannya yang ada.

Film yang disutradarai oleh Sam Mendes dan diangkat dari sebuah kisah nyata yang dituturkan oleh seorang mantan prajurit Amerika yang sebelumnya ditugaskan dalam Perang Teluk I bernama Anthony Swofford ini menjadi salah satu film sniper terbaik dengan alur cerita yang sangat realistis.

4. Shooter (2007)

Film sniper selanjutnya ialah Shooter yang rilis di tahun 2007 dan disutradarai oleh Antoine Fuqua. Film yang juga bergenre thriller ini mengisahkan seorang sniper senior Amerika Serikat yang mengundurkan diri karena tak sengaja melukai partnernya hingga meninggal. Namun kemudian diminta bergabung lagi di kesatuan hanya untuk difitnah sebagai pembunuh presiden.

Serangkaian adegan tembak-menembak yang menegangkan terjadi dan mampu membawa penontonnya ikut larut dalam kejadian. Film ini sendiri skenarionya ditulis oleh Jonathan Lemkin yang ditulis berdasarkan buku karya Stephen Hunter berjudul Point of Impact. Dan berhasil menyita perhatian para penggemar film sniper di seluruh dunia.

5. American Sniper (2015)

Selanjutnya ada American Sniper yang juga bisa menjadi rekomendasi film sniper terbaik sepanjang masa. Meskipun alur cerita yang disuguhkan sangat “Amerika” namun tak menghilangkan sisi moral yang ingin disampaikan. Bahwa peperangan selalu menyisakan kenangan buruk yang akan sulit dihapuskan.

Film ini sendiri meski menampilkan adegan tembak-menembak khas movie war namun sudut cerita yang ditampilkan hanya fokus pada pemeran utamanya yang terobsesi dengan pekerjaannya sebagai penambak jitu di Navy Seal. Dialah Chris Kyle yang diperankan dengan sangat apik oleh Bradley Cooper.

6. Enemy at The Gates (2001)

Enemy at the Gates salah satu film sniper terbaik sepanjang masa yang diarahkan oleh sutradara kenamaan Jean-Jacques Annaud yang dirilis di tahun 2001. Film ini sendiri dibuat berdasarkan sebuah buku yang mengisahkan tentang peristiwa dan kejadian yang terjadi selama Perang Dunia II, buku tersebut merupakan hasil karya William Craig.

Film sniper ini mengisahkan tentang perlawanan sengit pada Pertempuran Stalingrad di tahun 1942, dimana seorang sniper yang berasal dari kubu Uni Soviet (Vasily Zaitsev) berperang melawan kubu Jerman (Mayor Heinz Thorvald). Film ini sendiri banyak menuai kritik dari beberapa Negara di Eropa dan Rusia karena jalan ceritanya tak sesuai dengan sejarah. Meski demikian, film tersebut nyatanya cukup sukses di pasaran.

7. Sniper: Ghost Shooter (2016)

Selanjutnya ada film yang punya alur cerita yang cukup menegangkan ialah Sniper: Ghost Shooter yang rilis di tahun 2016. Film ini mengisahkan tentang satu tim sniper yang berupaya keras menggagalkan upaya kejahatan sekelompok teroris yang memiliki niat melakukan sabotase pipa gas. Namun sayangnya usaha tersebut bocor sebelum sempat dilakukan hingga nyawa satu tim tersebut menjadi incaran seorang sniper tak dikenal.

Rilis pada 2 Agustus 2016, film yang digarap oleh sutradara Don Michael Paul dan scenario yang ditulis oleh Chris Hauty ini nyatanya sukses memuaskan hasrat penggemar film tembak-tembakan di seluruh dunia.

8. Saving Private Ryan (1998)

Saving Private Ryan juga merupakan salah satu film sniper terbaik sepanjang masa yang bergenre historical war. Disutradarai sendiri oleh Steven Spielberg, skenario dari film ini ditulis oleh Robert Rodat. Film ini sendiri berlatar tentang invasi yang terjadi di Normandia pada saat Perang Dunia II di tahun 1944.

Dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas seperti Tom Hanks, Edward Burns, Vin Diesel, Tom Sizemore, Barry Pepper, hingga Matt Damon. Ditambah lagi dengan alur ceritanya yang cukup menguras emosi tentang misi penyelamatan seorang prajurit yang telah kehilangan semua saudara dalam peperangan dan harus dipulanagkan ke Amerika Serikat. Film ini sukses menyuguhkan aksi-aksi yang heroic dan menguras emosi.

9. Sun Cheung Sau aka The Sniper (2009)

Sun Cheung Sau atau juga dikenal sebagai The Sniper merupakan sebuah film laga yang berbalut thriller hasil produksi perfilman Hong Kong yang rilis di tahun 2009. Film ini disutradarai dengan sangat apik oleh Dante Lam. Di dalamnya pun bertabur banyak bintang Asia kenamaan, sebut saja Richie Jen, Edison Chen dan Huang Xiaoming.

Ketiga aktor tersebut berperan sebagai penembak jitu terbaik dari Kepolisian Hong Kong. Alur ceritanya sendiri mengisahkan tentang seorang polisi senior yang mau tak mau harus mau bekerjasama dengan polisi baru dengan watak yang menyebalkan. Hal ini dilakukan demi menangkap seorang sniper gila yang menebar aksi teror untuk membalaskan dendamnya.

10. Black Hawk Down (2001)

Film yang berlatarkan sejarah perang dengan tema sniper ini rilis pada tahun 2001 dan sukses mendapatkan review positif para pengamat film kala itu. Alur ceritanya sendiri diangkat dari sebuah novel karya Mark Bowden berjudul “Black Hawk Down: A Story of Modern War” yang dikemas dengan sangat epic oleh sutradaranya Ridley Scott dan Jerry Bruckheimer. Banyak adegan tembak-menembak yang cukup menengangkan dengan aksi laga yang menegangkan.

Nah itulah daftar film sniper terbaik sepanjang masa yang layak dinikmati terutama buat Anda penggemar film aksi laga bergenre sniper. Film-film tersebut tak hanya menyuguhkan cerita heroik dan laga yang menegangkan tetapi juga menyisipkan banyak pesan-pesan moral yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *