in

10 Gejala Kanker Kulit Yang Bisa Dideteksi Sejak Dini

Via acuherbal.co.uk

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang belum ada obatnya dan mesti diwaspadai. Kanker kulit sendiri adalah jenis kanker yang menyerang kulit dan diketahui lebih banyak diderita dibandingkan jenis kanker lainnya.

Kanker kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah paparan sinar UV atau sinar matahari, sistem imun yang melemah seperti pada penderita HIV AIDS, radiasi sinar X atau zat kimia berbahaya, infeksi virus dan lainnya.

3 Jenis Kanker Kulit

Ada tiga jenis kanker kulit yang dikenal yakni :

1. Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang mematikan dan lebih berbahaya dibandingkan dua jenis kanker kulit lainnya dan lebih banyak disebabkan karena paparan sinar UV. Jenis kanker ini bisa menyebar ke seluruh tubuh dan jika tidak segera ditangani bisa berakibat fatal.

2. Basal Cell Carcinoma (BCC)

Jenis kanker ini adalah tipe kanker kulit non melanoma yang paling banyak diderita masyarakat dan dikenal dengan istilah epithelial tumor yang menyerang sel basal atau sel berbentuk bulat kecil yang ada pada dasar lapisan epidermis.

3. Squamose Cell Carcinoma (SCC)

Sekitar 20% dari penderita kanker kulit adalah pengidap jenis kanker yang satu ini dan kebanyakan dari mereka adalah penderita immunosupressed atau yang lebih dikenal dengan AIDS. Jenis kanker ini menyerang sel squamosa yang ada pada lapisan epidermis (lapisan teratas pada kulit).

Gejala-Gejala Kanker Kulit

Ketahui gejala kanker kulit yang patut kamu waspadai berikut ini!

1. Tahi Lalat

Via amoils.com

Pada penderita kanker, sel tubuh termasuk sel kulit tumbuh tidak terkontrol akibat adanya mutasi atau kerusakan pada DNA akibat infeksi mikroorganisme maupun paparan radikal bebas. Gejala kanker kulit pertama yang bisa dikenali adalah timbulnya benjolan pada beberapa daerah kulit atau yang disebut tahi lalat.

Lantas bagaimana cara membedakan tahi lalat yang normal dengan gejala kanker kulit? Kamu bisa membedakannya lewat ABCDE (Asymetrical, Border, Color, Diameter dan Enlargement).

Tahi lalat yang merupakan gejala kanker kulit punya bentuk yang tidak teratur dengan pinggiran kasar, warna yang bervariasi, dan diameter lebih dari 6mm.

2. Bercak Merah

Selain tahi lalat, gejala kanker kulit lainnya yang bisa dikenali adalah munculnya ruam atau bercak merah pada kulit. Biasanya gejala ini terjadi pada penderita kanker kulit non melanoma seperti kanker sel basal atau Basal Cell Carcinoma yang merupakan jenis kanker kulit yang paling sering ditemukan.

Bercak merah tersebut juga akan semakin meluas dan terasa gatal sebagai tanda bahwa kulit terinfeksi dan biasanya kulit juga akan terkelupas seperti kulit yang mengering. Kalau kamu mengalami kondisi seperti ini sebaiknya segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi.

3. Pembengkakan Kulit

Selain benjolan, gejala kulit lain yang bisa terlihat dan terdeteksi adalah adanya bengkak pada area kulit yang hampir sama dengan benjolan hanya saja dengan ukuran yang lebih besar.

Pembengkakan ini terjadi di dalam kulit akibat reaksi peradangan dan merupakan tanda bahwa sel kanker sedang bereplikasi atau memperbanyak diri. Untungnya gejala ini bisa terlihat dengan jelas sehingga kanker kulit bisa ditangani sejak dini dan tidak menyebabkan kematian pada stadium akhir.

4. Benjolan Mirip Kawah

Gejala kanker kulit yang satu ini juga biasa terjadi terutama pada mereka yang menderita squamous cell cancer atau kanker sel squamosa. Benjolan akan muncul pada kulit dan bagian tengahnya yang menyerupai kawah, atau menyerupai sebuah kawah kecil gunung vulkanik dengan darah pada bagian tengahnya.

Meskipun jenis kanker sama dengan kanker sel basal yang tidak mematikan, kamu harus segera memeriksakannya agar bisa segera ditangani dan gejala kanker kulit tidak menyebar ke seluruh tubuh atau membentuk Melanoma yang merupakan jenis kanker kulit mematikan.

5. Luka Yang Terbuka

Via dermatix.co.uk

Gejala kanker kulit selanjutnya adalah terjadinya peradangan pada kulit dan kulit yang membengkak tersebut akan pecah serta membentuk luka yang terbuka.

Gejala kanker kulit ini hampir sama dengan timbulnya bengkak ada kulit yang terbakar karena sinar matahari dan merupakan tanda bahwa kanker telah masuk dalam tahapan metastasis atau tahap penyebaran sel kanker ke seluruh tubuh lewat aliran darah.

6. Perubahan Warna Kulit

Gejala kanker kulit selanjutnya yang bisa dikenali adalah timbulnya skin discoloration atau perubahan warna kulit pada daerah tertentu dimana sel kanker berkembang.

Kondisi ini akan membuat kulit nampak seperti kulit yang terbakar dan lebih merah dibandingkan area kulit lainnya. Tak hanya itu, kanker kulit terutama Melanoma akan memicu timbulnya benjolan pada area kulit yang mengalami diskolorasi dan benjolan atau tahi lalat tersebut akan memiliki dua atau tiga warna seperti pink, merah atau kecoklatan.

Kamu harus waspada dan segera konsultasikan dengan dokter supaya kanker bisa diatasi dan tidak menyebar ke seluruh tubuh.

7. Pendarahan

Selain benjolan maupun tahi lalat, gejala kanker kulit lainnya yang patut diwaspadai adalah pendarahan yang terjadi pada bagian kulit yang terinfeksi.

Saat sel kanker berkembang dalam jaringan kulit, sel tersebut tidak hanya merusak kulit melainkan juga pembuluh darah di dalamnya yang memicu timbulnya pendarahan pada kulit.

Darah juga akan keluar bersamaan dengan gejala kanker lainnya sehingga dengan adanya beberapa gejala yang nampak sekaligus, kamu bisa mencurigai tanda tersebut sebagai kanker kulit apalagi jika kamu tak pernah memiliki riwayat penyakit kulit.

Pendarahan juga bisa terjadi di dalam kulit dan darah tidak keluar sehingga kulit akan nampak merah yang nampak seperti memar.

8. Luka Yang Tak Kunjung Sembuh

Gejala kanker kulit juga akan nampak seperti luka biasa. Hanya saja, luka pada kulit normal akan sembuh dengan berjalannya waktu dan kulit baru akan terbentuk. Mereka yang menderita kanker kulit akan lebih sulit sembuh dari luka apabila memilikinya.

Luka pada pasien kanker kulit juga tidak akan sembuh dengan sendirinya, malah akan semakin parah dan membesar. Kalau kamu menemukan luka pada kulit yang disertai benjolan atau pendarahan yang tidak kunjung sembuh atau mengering dalam waktu beberapa hari, kamu patut curiga dan waspada.

9. Rasa Gatal

Tidak hanya berubah warna, luka atau benjolan yang muncul pada penderita kanker kulit akan menimbulkan rasa gatal yang berlebihan. Kondisi ini biasa terjadi pada jenis kanker non melanoma dan jarang terjadi pada penderita melanoma.

Jika kamu menemukan kulit yang terkelupas, luka atau benjolan di lebih dari satu titik dan terasa amat gatal, bisa jadi itu adalah pertanda bahwa kamu mengidap penyakit kanker kulit.

10. Benjolan Halus Seperti Mutiara

Jika kamu menemukan benjolan halus seperti jerawat berwarna pink atau kemerahan dengan permukaan yang halus dan berbentuk seperti mutiara pada beberapa area kulit, kamu juga perlu waspada karena bisa jadi kondisi tersebut adalah salah satu gejala kanker kulit. Selain itu, benjolan tersebut juga akan terasa sakit ataupun gatal seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Jika kamu menemukan ciri-ciri kanker kulit di atas, segera lakukan pengecekan dan hubungi ahli medis untuk mendapatkan penanganan yang segera karena kanker kulit bisa berakibat fatal jika lambat ditangani.

Kamu juga harus waspada dengan paparan sinar matahari dan penyebab lainnya terutama kalau kamu beresiko tinggi terkena penyakit ini. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock saat keluar rumah dan lindungi kulit dengan baik dengan konsumsi makanan sehat serta rajin olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *