Via news.gsu.edu

Jadikan Momen Tahun Pertama Kuliahmu Menyenangkan, Ini Caranya

Apakah kamu sekarang sedang jadi maba atau mahasiswa baru? Bagaimana rasanya? Tentu mixed feeling ya, antara bangga sudah masuk dalam satu tahap pendewasaan sementara di sisi lain pasti ada rasa was-was apa yang harus dilakukan saat menjadi seorang mahasiswa.

Yang pasti terjadi dan perlu diingat, tahun pertama berkuliah pasti akan terasa begitu cepat! Basically tahun pertama tidak akan berlangsung benar-benar 12 bulan karena terpotong libur semester, jadi pasti akan berlangsung begitu cepat!

Itu sebabnya, jangan sampai tahun pertama kamu jadi sia-sia. OhGitu telah menyiapkan beberapa cara untuk membuat tahun kamu saat menjadi freshman akan terkenang dengan memori menyenangkan! Apa saja caranya? Intip berikut ini:

1. Susun Skala Prioritas

Via ppx.inkwellpress.com

Sejak hari pertama berkuliah sampai akhirnya lulus nanti, seberapa banyak mata kuliah yang bisa kamu ambil tiap semesternya akan berperan penting dalam menentukan durasi kuliah kamu. So, sebenarnya akan semakin baik jika kamu bisa mengambil banyak mata kuliah. Tentu syaratnya adalah nilai yang baik.

Itu sebabnya penting sekali untuk menyusun skala prioritas kamu dalam berkuliah. Jika ada hal lain seperti organisasi, komunitas, bisnis, hingga freelance yang menyita waktu, sebaiknya kesampingkan lebih dulu ya!

2. No Drama

Via positivechick.com

Menjadi mahasiswa artinya kamu yang punya kontrol sepenuhnya atas semua yang terjadi mulai dari aspek akademis hingga non-akademis. Tanggung jawab ada di pundakmu, bukan lagi di tangan orangtua atau guru-guru. Jadi yang wajib kamu lakukan adalah fokus dengan apa yang perlu dilakukan.

Hindari drama tidak penting dengan orang lain. Masalah-masalah seperti itu akan menyita waktu dan energi kamu sia-sia! Hindari terlibat dengan gosip dan rumor tidak jelas, pastikan kamu tetap menjaga jarak dengan hal-hal itu.

3. Banyak Minta Nasihat

Via greatist.com

Tidak ada salahnya meminta nasihat atau saran dari mereka yang lebih senior, terutama yang juga berkuliah di jurusan yang sama. Dengan cara ini kamu bisa tahu hal-hal seperti tipe dosen, jenis mata kuliah, hingga strategi apa yang perlu diketahui untuk mendapat nilai bagus.

4. Ramah

Via katiebulmer.com

Tidak akan ada ruginya menjadi pribadi yang ramah kepada orang lain, apalagi kamu adalah orang baru di universitas. Bagikan senyum kepada orang lain, jangan ragu berkenalan dengan cara yang sopan, dan mengajak bicara orang terlebih dahulu.

Siapa tahu orang yang pernah kamu beri senyum sambil lalu suatu hari akan berperan dalam menentukan hal penting selama kamu kuliah, kan?

5. Pertahankan Quality Time

Via pakistaneo.com

Setiap orang pasti punya quality time atau hal yang mereka sukai sebagai hobi. Apapun itu, tetap alokasikan waktu untuk melakukannya agar tetap “waras”. Bagaimanapun menekuni hobi adalah hal menarik yang bisa membuat perasaan jadi senang.

6. Jajal Pengalaman Baru

Via yourmoveprogramme.co.uk

Dunia kuliah jauh berbeda dibandingkan dengan sekolah yang rutinitasnya sudah diatur. Ada banyak kesempatan yang terbuka, dan semua keputusan ada di tanganmu. Selama itu positif, jangan ragu untuk menjajal pengalaman baru di lingkungan kampus, terutama yang berkaitan dengan hal non-akademis.

7. Manjakan Diri

Di tengah tuntutan tugas, tumpukan jurnal, dan jadwal ujian yang begitu ketat, tak ada salahnya mengalokasikan waktu untuk memanjakan diri. Tidak ada budget? Banyak alternatif pampering yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak uang.

Kamu bisa membeli masker, ikut giveaway di Instagram, bahkan membeli kue favorit saat promo di jam tertentu. Biasanya akan semakin menarik jika kamu memanjakan diri usai “bekerja keras” menekuni tugas berat.

8. Bergaul Dengan Senior

Via popsugar.com

Jangan batasi lingkaran pertemanan kamu hanya dengan mereka yang sama-sama berada di tahun pertama kuliah. Sama halnya dengan tidak ragu meminta saran, sah-sah saja untuk berteman dengan para senior.

Jangan langsung merasa insecure bahwa kamu tidak pantas berteman dengan mereka. Percayalah dengan self-love, bahwa kamu juga punya layak untuk berteman dengan siapapun.

Keuntungan membuka lingkaran pertemanan dengan senior tentu banyak. Kamu bisa sharing banyak hal seputar kampus dan bertanya saran mereka tentang apapun. Siapa tahu membuka jalan mencari jodoh juga!

9. Selektif Soal Makanan

Via healthstatus.com

Tahun pertama kuliah tentu akan padat dengan tumpukan tugas dan segala hal non-akademis yang kamu ikuti. Tahun pertama artinya adalah momen kamu beradaptasi dengan sistem perkuliahan yang berbeda dengan saat di SMA.

Jadi, jangan lupa selektif dengan makanan yang kamu konsumsi ya! Meski fast food terlihat ringkas dan lezat, namun penting juga mengimbanginya dengan makanan bergizi agar kamu tetap sehat.

10. Jelajahi Kota

Via ultiqaresorts.com.au

Jika kota yang kamu tinggali untuk kuliah adalah tempat yang baru, jangan sia-siakan kesempatan untuk menjelajah kota ya! Pasti ada saja yang menarik dan bisa kamu ceritakan pada orang lain, atau membuat vlog juga menarik!

Café-hopping dan menjajal wisata hidden gem juga bisa jadi salah satu agenda di sela kesibukan kuliah. Sebisa mungkin cari tahu bagaimana kamu bisa menyenangkan diri sendiri di tengah kesibukan.

Tidak susah rasanya mencoba tahun pertama kuliah lewat tips-tips di atas. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *