10 Rekomendasi Kamera Prosumer Terbaik 2018

Kamera Prosumer Terbaik
Via techradar.com

Kamera prosumer (bridge camera) merupakan salah satu jenis kamera alternatif bagi pencinta fotografi. Prosumer sendiri merupakan singkatan dari professional and consumer. Singkatnya kamera ini berada di antara kamera profesional dan kamera consumer atau saku.

Meskipun berada di antara keduanya, kamera prosumer menawarkan berbagai fitur menarik yang dapat mendukung peningkatan skill fotografi.

Perbedaan Kamera Prosumer dengan DLSR

Lantas, apa saja perbedaan antara kamera prosumer dengan DLSR? Agar tidak penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Desain

Desain kamera prosumer jauh lebih praktis dan nyaman ketika dibawa lantaran ukurannya lebih kecil ketimbang DSLR.

Sensor

Sensor kamera prosumer berada di bawah kamera DSLR. Dengan kata lain, kualitas gambar yang dihasilkan lebih rendah daripada kamera DSLR. Namun, lebih baik ketimbang kamera saku.

Lensa

Rentang optical zoom pada kamera prosumer lebih panjang, yakni mencapai 20x, yang artinya lima kali lipat dari kamera DSLR.

Autofokus

Kamera DLSR menggunakan phase detect, sedangkan kamera prosumer menggunakan contrast detect. Alhasil, kecepatan kamera prosumer pun terbilang lebih lambat.

Shutter

Kinerja shutter pada kamera prosumer lebih lambat dibandingkan dengan kamera DSLR. Ada jeda waktu yang cukup panjang. Meskipun bukan masalah besar, tetapi pengguna dapat kehilangan momen penting saat mengambil gambar.

Fitur

Kamera prosumer hadir dengan fitur movie yang memanjakan pengguna. Di mana dengan fitur ini, Anda bisa merekam video layaknya menggunakan camcorder. Fitur ini tidak dapat ditemukan pada kamera DSLR.

Harga

Harga kamera prosumer cukup terjangkau. Umumnya harga kamera ini masih berada di bawah kamera DSLR. Meskipun ada beberapa kamera yang memiliki harga setara dengan kamera DSLR, tetapi sangat jarang.

Daftar Kamera Prosumer Terbaik 2018

Bagi Anda yang tertarik meningkatkan kemampuan fotografi atau sekadar menyukai kegiatan memotret, ada sejumlah rekomendasi kamera prosumer terbaik. Adapun daftar lengkapnya, sebagai berikut.

1. Sony Cyber-shot RX10 III

Via currys.co.uk

Kamera besutan Sony memang layak dipuji, terutama Sony Cyber-shot RX10 III. Kamera ini hadir dengan resolusi 20.1MP yang dilengkapi lensa 24-600mm. Meskipun model ini tidak dilengkapi dengan filter ND, tetapi kualitas gambar dan video yang dihasilkan sangat bagus. Lensanya pun lebih stabil dan berkualitas tinggi. Kamera prosumer ini juga menawarkan daya tahan baterai yang lebih awet.

2. Panasonic Lumix FZ2000

Via ukdigital.co.uk

Lumix FZ2000 merupakan salah satu kamera prosumer andalan Panasonic. Kamera ini menggunakan sensor 1 inchi dengan lensa zoom 25-400mm. Dengan lensa yang lebih panjang dibanding pendahulunya, kualitas gambar yang dihasilkan pun meningkat.

Panasonic Lumix FZ2000 juga dibekali dengan jendela bidik yang lebih besar, kontrol layar sentuh yang lebih mudah, dan filter ND. Dengan kamera ini, Anda bisa merekam video 4K berkualitas. Hasilnya sangat jernih dan detail.

3. Sony Cyber-shot RX10 IV

Via digitaltrends.com

Sony Cyber-shot RX10 IV merupakan kamera prosumer 20.1MP yang dikenal sebagai penghasil gambar dan video bagus. Kualitas gambar yang baik tak lepas dari sensor 1 inchi yang mampu menangkap detail dengan sangat baik.

Tak hanya itu saja, kamera ini pun dilengkapi dengan sistem phase-detect AF yang sanggup mendeteksi 315 titik. Hal inilah yang membuat Sony Cyber-shot RX10 IV cocok digunakan untuk melacak subjek bergerak.

4. Panasonic Lumix FZ1000

Via bhphotovideo.com

Kamera prosumer terbaik selanjutnya adalah Panasonic Lumix FZ1000. Kamera ini dibekali dengan sensor CMOS 1 inchi yang memberikan dorongan besar pada kualitas gambar.

Meskipun, optical zoom kamera ini lebih kecil dibandingkan kamera prosumer pada umumnya, tetapi kualitas gambar dan video yang dihasilkan bagus. Guncangan saat perekaman video 4K berlangsung pun dapat diatasi dengan bantuan hybrid 5-axis optical image stabilization.

5. Nikon Coolpix P900

Via dwidigitalcameras.com

Nikon Coolpix P900 16MP merupakan kamera ambisius yang hadir dengan lensa zoom 24-2000mm. Di mana batas rentang zoom optik ini lebih panjang daripada kamera DSLR. Dengan lensa 83x yang dilengkapi sistem pengurangan getaran (Five-stop VR system), Nikon Coolpix P900 didapuk sebagai kamera prosumer terpanjang di dunia.

Bahkan sempat membuat geger kalangan astrophotografer amatir. Kualitas gambar yang dihasilkan cukup memuaskan, harganya pun terjangkau. Nikon Coolpix P900 dilengkapi dengan fitur WiFi, NFC, dan GPS.

6. Canon PowerShot SX60 HS

Via amazon.com

Pabrikan asal Negeri Sakura ini tidak hanya dikenal sebagai produsen kamera DSLR saja, melainkan juga kamera prosumer. Di mana Canon PowerShot SX60 HS menjadi salah satu kamera prosumer terbaik dengan harga terjangkau.

Kamera beresolusi 16.1MP ini dapat digunakan untuk pemotretan dengan format RAW. Hasilnya pun terbilang sangat bagus, tampak hidup. Kamera prosumer ini juga dibekali fitur yang memungkinkan Anda mengendalikannya secara nirkabel melalui smartphone.

7. Sony Cyber-shot HX400V

Via harveynorman.co.nz

Kamera besutan Sony 20.4 MP ini hadir dengan build berkualitas tinggi. Kamera prosumer ini memadukan teknologi sensor Exmor R CMOS dengan lensa premium optical zoom 50x, Zeiss.

Kualitas gambar yang dihasilkan Sony Cyber-shot HX400V jernih, warnanya pun bagus, dan detail. Desainnya ergonomis dengan layar miring yang sangat bagus. Adanya opsi video Full HD, WiFi, GPS, dan Live View semakin melengkapi kelebihan kamera prosumer ini.

8. Olympus Stylus 1

Via olympus.com

Kamera prosumer 12.8MP ini memiliki desain yang menarik lantaran diciptakan dari gabungan tradisi dan inovasi. Olympus Stylus 1 dirancang untuk pencinta fotografi. Tak heran jika kualitas gambar yang dihasilkan sangat bagus. Kamera ini pun mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

9. Nikon Coolpix 1000

Via wilkinson.co.uk

Nikon Coolpix 1000 hadir dengan resolusi 20.3MP yang menghasilkan kualitas gambar di atas rata-rata. Kamera ini dilengkapi dengan zoom optik 125x yang setara dengan 24-3000mm. Di mana hal ini akan memudahkan Anda untuk menangkap objek dari jarak jauh, seperti satwa liar, bulan, dan bintang.

10. Fujifilm FinePix HS50EXR

Via safari-guide.co.u

Kamera beresolusi 16MP ini hadir dengan sensor berukuran kecil, yakni hanya ½ inchi saja. Meskipun dari luar tak ada yang istimewa, tetapi kamera ini dilengkapi dengan cincin zoom tradisional. Hal ini membuat Fujifilm FinePix HS50 EXR tampak bagaikan kamera SLR. Hasil gambar yang dihasilkan kamera prosumer ini pun terbilang baik. Bahkan tak kalah dengan merek terkenal lainnya.

Demikianlah infomasi lengkap mengenai kamera prosumer, perbedaannya dengan DSLR, dan rekomendasi prosumer terbaik. Semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *