Via listcrux.co

Jika Ingin Panjang Umur & Bahagia, Lakukan 7 Kebiasaan Sederhana Ini

Siapa yang nggak ingin panjang umur dan selalu bahagia? Jauh di dalam lubuk hatinya, setiap orang pasti menginginkan hal itu. Tapi terkadang kita tidak sadar bahwa untuk mewujudkannya ternyata cukup sederhana dan dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kamu lakukan. Nah, kebiasaan apa saja sih yang dapat membuat kita hidup lama dan bahagia, simak ulasan berikut ini:

1. Tertawa

Via deltadentalazblog.com

Siapa sangka kebiasaan kamu menonton film komedi bisa menjadi salah satu penyebab hidup lebih lama dan bahagia, lho. Bukan karena filmnya, tapi karena efek tertawa yang dihasilkan dari film tersebut baik bagi kesehatan dan kebahagiaanmu.

Dilansir dari Men’s Health, berdasarkan sebuah studi dalam International Journal of Medical Science, orang yang tertawa 10-25 kali per hari terkena lebih sedikit penyakit daripada yang tidak.

Ini karena tertawa dapat menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak rentan terkena penyakit. Selain itu, aliran darahmu pun akan meningkatkan dengan tertawa, otak pun mendapat cukup oksigen sehingga stres pun terhindarkan.

Inilah mengapa tertawa dapat membuat hidupmu jadi lebih bahagia dan punya kesempatan hidup lebih lama dibandingkan dengan kurang tertawa.

2. Menghabiskan Waktu Bersama Orang Yang Dicintai

Ciri-Ciri Orang Jatuh Cinta
Via themoviedb.org

Selagi bisa, selalu luangkan waktumu bersama orang yang kamu cintai. Agendakan quality time dengan saling menyampaikan kata hati masing-masing. Jangan sampai kesibukan membuatmu menyesal suatu hari nanti.

Karena ternyata, dilansir dari Harvard Health, kurangnya ikatan hubungan yang kuat ini dapat meningkatkan risiko kematian dini sampai 50 persen. Risiko ini lebih besar dari obesitas dan sedentary lifestyle atau gaya hidup kurang gerak, lho.

Mengapa? Karena mempunyai hubungan yang baik dan berkualitas ini membantumu mengurangi stres. Dampaknya pada fungsi-fungsi biologis tubuhmu yang terjaga.

Hubungan ini juga memungkinkan adanya dukungan sosial sehingga bila ada masalah, mereka setidaknya dapat membantu atau memberi nasihat. Nah, bagi kamu yang introvert, mulailah belajar bagaimana caranya membuka diri.

3. Olahraga Dua Hari Seminggu Untuk Selamanya

Gaya hidup kurang gerak memang sangat berpengaruh terhadap kesehatanmu. Apalagi bila pekerjaanmu didominasi dengan duduk di depan komputer atau di depan layar handphone.

Dilansir dari Elite Daily, sebuah studi bahkan menyatakan bahwa setiap satu jam kamu duduk akan mengurangi harapan hidupmu sekitar 22 menit. Kalau setiap hari kamu duduk delapan jam, harapan hidupmu berkurang hampir tiga jam. Menyeramkan, bukan?

Makanya, penting sekali untuk melakukan olahraga agar nggak menyebabkan kematian yang lebih awal. Untuk itu, kamu butuh setidaknya meluangkan waktu selama 15 menit berolahraga. Karena sebuah studi menemukan bahwa orang tua yang melakukan olahraga selama 15 menit sehari ini mengurangi risiko kematian lebih awal hingga 22 persen.

Kalau nggak sempat, berolahraga dua hari seminggu pun sudah dapat mengurangi risiko early death itu tadi. Olahraga sendiri memang akan meningkatkan endurance, mengurangi risiko cedera serius, dan membuatmu lebih bersemangat sehingga kamu memiliki kesempatan besar untuk hidup lebih lama dan bahagia.

4. Giving Is Receiving

Via thebreastcaresite.com

Membantu orang lain sejatinya membantu diri kita sendiri. Sebab, berdasarkan sebuah studi, membantu orang lain dapat mengurangi stres dan inflamasi yang merupakan tanda awal kemunculan sebuah penyakit. Dilansir dari Time, menurut Dr Seppala, level inflamasi rendah ini juga dimiliki orang yang memiliki gaya hidup eudamonia.

Eudaimonia sendiri merupakan gaya hidup yang kaya akan altruism atau mementingkan kepentingan orang lain, kepedulian terhadap diri sendiri, aktualisasi diri dan mencapai tujuan hidup.

Gaya hidup yang seperti ini akan membuatmu hidup lebih lama dengan kebahagiaan. Membantu orang lain nggak hanya dengan memberikan materi, kamu bisa menyumbangkan waktu dan tenagamu dengan menjadi relawan saat ada bencana di suatu daerah.

5. Jangan Lupa Bersyukur

Via huffingtonpost.com

Seberat apapun hidupmu, jangan lupa untuk bersyukur dengan berterimakasih atas segala yang kamu miliki. Berterimakasihlah pada dirimu sendiri, orang lain, alam, dan Tuhanmu, maka kebahagiaan dan umur yang panjang akan kamu dapatkan.

Dalam sebuah penelitian pun, orang-orang yang disuruh menuliskan jurnal berisi hal-hal yang membuat mereka berterimakasih selama 10 minggu menjadi lebih bahagia 25 persen dibandingkan yang menulis jurnal tentang keluhan dan hal-hal yang berpengaruh dalam hidup mereka.

Sebab, dengan mengucap terimakasih, tingkat kepuasan terhadap hidupmu menjadi lebih tinggi. Stres pun berkurang dan hubunganmu dengan pasangan menjadi lebih baik. Sementara jika hubunganmu baik dan stres berkurang ini akan mencegah kematian dini.

6. Biarkan Otakmu Aktif

Via kvanb.com

Nggak hanya tubuh, otakmu juga butuh latihan jika ingin berumur panjang dan lebih bahagia. Dengan melatih otak, fungsi kognitif kamu akan meningkat. Kemampuanmu memahami bahasa, menyimpan memori, dan segala aktivitas otak lainnya yang berkaitan dengan fungsi kognitif ini akan terjaga kualitasnya.

Kamu pun akan terhindar dari penyakit dementia dan alzheimer yang jelas mempengaruhi kualitas hidupmu untuk bahagia. Caranya dengan tak pernah berhenti mempelajari hal-hal baru dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang memicu kreativitas.

7. Rajin Mengaplikasikan Sunscreen

Via medicalnewstoday.com

Mengaplikan sunscreen merupakan salah satu cara hidup lebih lama dan bahagia. Indeks Radiasi Ultraviolet yang semakin tinggi di Indonesia bisa membuatmu rentan terkena kanker kulit. Indeks radiasi ultraviolet 11 atau lebih dikategorikan WHO (World Health Organization) sebagai radiasi ultraviolet yang ekstrem dan membahayakan kesehatan sedangkan Indonesia sudah mencapai angka 10,1.

Karena tingginya radiasi, jika kamu banyak beraktivitas outdoor kamu akan terkena sunburn. Dilansir dari Elite Daily, menurut seorang ahli bedah plastik, Dr. Joshua Zuckerman, sunburn saja bisa meningkatkan resiko kamu terkena kanker kulit atau melanoma yang tentunya menyebabkan kematian.

Berdasarkan studi pun, risiko melanoma pada orang yang terkena sunburn lebih dari lima kali ini 80 persen lebih tinggi daripada yang tak pernah mengalami.

Jadi, itu tadi tujuh kebiasaan sederhana yang dapat membuatmu bahagia dan panjang umur. Bagaimana? Apakah kamu terinspirasi untuk mencoba? Jangan lupa bagikan ke orang-orang yang kamu sayangi ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *