in

10 Manfaat Menakjubkan Air Tebu Murni Untuk Kesehatan

Manfaat Air Tebu
Via youtube.com

Minum segelas air tebu murni saat cuaca panas memang menyegarkan terutama jika disajikan dalam keadaan dingin. Minuman dari air tebu populer di beberapa negara seperti Brazil, India, dan Thailand. Di Indonesia sendiri, kita juga bisa menemukan penjaja air tebu murni di tepi jalanan.

Tebu (Saccarum officinarum) adalah tanaman yang biasa dikenal sebagai penghasil gula pasir dan batangnya punya rasa yang manis. Mau tahu apa saja manfaat air tebu murni untuk kesehatan? Berikut ulasan kandungan air tebu dan manfaatnya untuk kesehatan!

Kandungan Nutrisi Air Tebu Murni

Air tebu atau sari dari batang tanaman tebu mengandung sukrosa atau gula alami yang merupakan sumber rasa manis pada tebu. Selain mengandung gula sukrosa, air tebu juga mengandung berbagai senyawa nutrisi lainnya seperti potassium, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, zink, thiamin, riboflavin dan asam amino lainnya.

Air tebu murni juga mengandung flavonoid dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat larut dalam air tebu murni juga menambah daftar panjang manfaat air tebu murni untuk kesehatan sehingga cocok dijadikan minuman sehat pelepas dahaga.

1. Memberikan Energi Secara Cepat

Via mensjournal.com

Saat beraktivitas terutama aktivitas yang memerlukan fisik dan stamina serta fokus yang baik tentu kamu membutuhkan cukup energi. Meminum segelas air tebu murni bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan level energi dalam tubuh terutama jika tubuh memerlukan asupan energi secara cepat.

Segelas air tebu murni mampu menyumbang hingga 180 kcal dan energi ini setara dengan 30 gram atau 3 sendok makan gula pasir. Air tebu murni bisa dikonsumsi saat mengawali hari dan jadi sumber gula atau energi yang sehat serta mampu mengembalikan kesegaran tubuh dibandingkan dengan mengkonsumsi gula pasir.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka jika manfaat air tebu murni juga efektif untuk merawat kulit yang sehat. Air tebu murni bukan hanya air dan gula saja tetapi juga mengandung berbagai senyawa aktif seperti asam alfa hidroksi seperti asam glikolat yang berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan yang terkandung dalam air tebu murni dapat menangkal efek radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit dan timbulnya tanda-tanda penuaan. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menggunakan berbagai macam skin care terutama jika kamu punya masalah dengan kulit seperti eksim, keriput, bekas luka, noda hitam dan sebagainya.

3. Mendukung Kesehatan Ibu Hamil

Saat kehamilan adalah momen penting bagi setiap wanita dan tentu para calon ibu tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan dan minuman jika ingin janinnya tetap sehat dan tumbuh normal. Salah satu minuman yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah air tebu murni.

Air tebu murni mampu membantu meningkatkan metabolisme energi ibu hamil sehingga tidak mudah lelah. Minuman yang kaya serat dan antioksidan ini juga bisa melancarkan pencernaan, mencegah sembelit dan mengurangi rasa mual semasa kehamilan.

Meski begitu, ada baiknya jika ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli medis jika ingin mengkonsumsi dan mendapatkan manfaat air tebu murni secara rutin.

4. Menjaga Kesehatan Mulut Dan Menyegarkan Nafas

Manfaat air tebu murni untuk menjaga kesehatan mulut dan menyegarkan nafas sudah dikenal sejak dulu. Air tebu murni mengandung berbagai senyawa mineral seperti kalsium dan fosfor yang dapat mencegah gigi berlubang.

Konsumsi air tebu murni juga bisa mengurangi bau mulut yang terjadi akibat kekurangan konsumsi zat gizi tertentu. Jadi kalau kamu punya masalah dengan bau mulut yang tidak sedap, kamu bisa coba mengkonsumsi segelas air tebu murni setiap hari.

5. Menjaga Kepadatan Tulang

Via tasteforlife.com

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa menjaga kepadatan tulang hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung susu. Nyatanya rutin mengkonsumsi air tebu murni juga bisa membantu menjaga kepadatan tulang.

Air tebu murni mengandung kalsium yang cukup tinggi untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi sekaligus merangsang pertumbuhannya. Oleh sebab itu, air tebu murni tidak hanya cocok dikonsumsi oleh orang dewasa tetapi juga oleh anak-anak.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi atau hiperkolesterolemia dalam darah bisa memicu berbagai gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung hingga serangan struk. Itulah sebabnya menjaga kadar kolesterol normal dalam darah mesti diperhatikan.

Kandungan serat dalam air tebu murni bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh sekaligus membantu menurunkn berat badan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Meskipun manis, air tebu murni rendah kalori dan tetap bisa dikonsumsi dengan batasan yang normal setiap harinya.

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Punya masalah dengan pencernaan seperti perut yang sering terasa mual atau tidak nyaman? Jika iya, kamu bisa coba mengkonsumsi air tebu murni untuk menenangkan sistem pencernaan.

Air tebu murni mengandung potassium yang berfungsi memaksimalkan proses pencernaan dan mengurangi rasa tidak nyaman dalam lambung dengan menormalkan kadar asam. Serat larut dalam air tebu murni juga bisa melancarkan pengeluaran kotoran dari dalam tubuh sehingga kamu bisa terhindar dari konstipasi.

8. Mengatasi Stress Dan Susah Tidur

Stress seringkali dialami banyak orang karena masalah hidup, rutinitas pekerjaan dan lainnya. Stress bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan kerap membuat seseorang sulit tidur di malam hari atau mengidap insomnia.

Jika kamu memiliki masalah sulit tidur di malam hari akibat tekanan dan pikiran yang tegang, kamu bisa mencoba konsumsi air tebu murni sesaat sebelum tidur. Manfaat air tebu murni dalam membantu mengurangi stress dan membantu tidur sudah banyak dibuktikan banyak orang dan digunakan dalam pengobatan tradisional seperti ayurveda di India.

Air tebu murni mengandung octacosanol yang dapat merangsang kantuk dan meningkatkan kualitas tidur, seperti yang diteliti oleh peneliti dari Universitas Tsukuba di Jepang.

9. Mencegah Batu Ginjal

Penyakit ginjal juga menjadi momok yang sering ditakuti karena penderitanya mesti melakukan cuci darah seumur hidup. Penyakit gagal ginjal tersebut bisa berawal dari adanya penimbunan kristal yang disebut batu ginjal. Manfaat air tebu murni sebagai zat diuretik mampu membantu melancarkan pengeluaran urin dan zat yang tidak berguna dari dalam tubuh.

Air tebu murni juga mengandung protein dan antioksidan yang dapat melindungi ginjal dari kerusakan dan juga membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat infeksi kuman pada saluran kemih dan lainnya. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengkonsumsi satu gelas air tebu murni setiap hari.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Via cabothealth.com.au

Satu lagi manfaat air tebu murni yang tidak boleh disepelekan adalah perannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Mengkonsumsi makanan alami sangat dianjurkan terutama jika kamu memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan mudah terserang penyakit.

Air tebu murni mengandung gula alami dan antioksidan yang dapat memperkuat fungsi sel sistem imun yang berperan dalam menangkal infeksi kuman penyakit. Untuk memperkuat efek air tebu murni kamu bisa mengkonsumsinya bersama jahe. Caranya, cukup tambahkan dua sendok makan air jahe dalam segelas air tebu murni.

Demikian beberapa manfaat air tebu murni yang bisa kamu ketahui. Sebelum mengkonsumsi air tebu sebaiknya kamu pastikan bahwa air tebu tersebut berasal dari tanaman tebu murni dan tidak dicampur dengan gula atau pemanis lainnya serta masih segar.

Air tebu yang terlalu lama didiamkan lebih dari 15 menit bisa bersifat racun dan berakibat buruk bagi kesehatan. Jadi, konsumsi dengan benar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *