in

10 Manfaat Membaca Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Asmaul Husna
Via muslimgirl.com

Kemuliaan Allah tidak ada batasnya, dan sedikit bagian dari itu tergambar dari Asmaul Husna. Bagi orang yang beragama Islam, tentu paham betul bahwa Asmaul Husna adalah 99 nama yang dimiliki oleh Allah SWT. Semua nama tersebut memiliki satu benang merah yang sama.

Setiap nama dari 99 bagian Asmaul Husna melambangkan besarnya kekuasaan Allah dan pujian yang menunjukkan betapa hebatnya Sang Pencipta.

Kemudian yang terlintas di benak adalah, apa manfaat dari Asmaul Husna? Tentu sangat besar manfaatnya, bahkan dalam Alquran Surat Al-A’raaf ayat 7 tertulis:

“Dan milik Allah-lah nama-nama indah, dan mohonlah kepadanya dengan menyebut nama-nama tersebut.”

Dan kali ini, OhGitu telah merangkum 10 manfaat Asmaul Husna terlebih jika rutin dibaca setiap hari:

1. Menyembuhkan Penyakit

Penyebab Stroke
Via huffingtonpost.com

Kekuasaan Allah tidak mengenal batas. Kondisi kesehatan seseorang yang sedang sehat atau sakit tak lepas dari kuasa Allah. Dokter, pengobatan, herbal, dan lainnya hanya merupakan perantara dari restu Allah untuk menyembuhkan.

Saat seseorang yang sedang sakit membaca Asmaul Husna, artinya ia sedang menyerahkan diri dan ikhlas menerima kondisinya. Terlebih sakit bisa menjadi penggugur dosa bagi yang lapang dada menerimanya.

Selain rasa ikhlas, membaca Asmaul Husna seperti Ad-Dhar, An-Nafi’, dan As-Syifa yang berarti Maha Penyembuh juga layak dilantunkan terus menerus.

2. Membuka Pintu Rezeki

Setiap dari umat Muslim termasuk kamu tentu setiap hari berikhtiar untuk mencari rezeki, bukan? Nah, manfaat Asmaul Husna ternyata juga bisa membuka pintu rezeki. Allah telah menggariskan bagaimana rezeki datang pada kita.

Selain salat Dhuha, membaca Asmaul Husna juga bisa membuka pintu rezeki lain yang barokah. Beberapa nama Asmaul Husna yang mencirikan Allah Maha Kaya adalah Al-Mughni, Al-Ghaniyyu, dan masih banyak lagi.

3. Dijauhkan Dari Marabahaya

Setiap langkah umat Muslim tentu harus diiringi dengan doa agar dilindungi dan jauh dari marabahaya. Allah Sang Maha Pelindung adalah tempat umat Muslim memanjatkan doa.

Selain itu, Asmaul Husna seperti Al-Mani’u dan Al-Mughsitu juga bisa menjadi simbol takwanya seorang hamba pada Allah. Asmaul Husna tersebut sebagai harapan untuk mendapatkan perlindungan.

4. Diampuni Dosa

Manusia tak pernah lepas dari yang namanya dosa. Tugasnya adalah tidak mengulangi serta memohon ampun kepada yang Maha Pemaaf. Caranya bisa banyak, seperti salat, doa, juga membaca Asmaul Husna.

Harapannya dengan membaca Asmaul Husna seperti Al-Affuwu yang berarti Maha Pemberi Ampunan, dosa-dosa bisa gugur dan diampuni oleh Allah SWT.

5. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Via wanitaindonesia.co.id

Pernah merasa gugup atau tegang saat akan menjalani hal penting seperti ujian atau presentasi yang ditunggu-tunggu? Coba tenangkan diri dengan membaca Asmaul Husna.

Memang belum ada penelitian ilmiah tentang hal ini, namun membaca Asmaul Husna kebesaran Allah seperti Al-Wajidu juga bisa menambah rasa tenang dan yakin, yang pada akhirnya berujung pada rasa percaya diri.

Tentu saja diiringi dengan ikhtiar dan doa, selanjutnya ditambah dengan tawakkal. Setiap ikhtiar perlu diupayakan demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Mengendalikan Nafsu

Kapanpun di manapun setan akan menyeret manusia ke dalam hawa nafsu yang buruk. Tentu manusia harus bisa menahan diri dari godaan nafsu tersebut, dengan cara yang telah dianjurkan dalam agama Islam.

Mulai dari salat, puasa, berwudhu, mengaji, termasuk salah satunya yang tak kalah penting adalah membaca Asmaul Husna. Manfaat Asmaul Husna memang bisa membuat nafsu teralihkan sehingga bisa terjaga dengan baik.

Beberapa Asmaul Husna yang berkaitan dengan mengendalikan hawa nafsu adalah Al-Mumit dan Al-Muhshi. Dengan demikian, seorang Muslim bisa berharap terhindar dari hal-hal negatif akibat nafsu.

7. Mencerdaskan Otak

Ternyata manfaat Asmaul Husna lainnya adalah mencerdaskan otak! Bagaimana korelasinya ya? Ternyata, membasahi bibir dengan lantunan Asmaul Husna yang suci bisa memberi asupan nutrisi yang baik bagi otak.

Beberapa nama Asmaul Husna yang berubungan dengan kecerdasan adalah Al-Hakim, Al-Alliyu, dan Al-Ilmu. Dengan melantunkannya secara berkala, maka kesehatan dan kecerdasan otak pun bisa terjaga.

8. Pelupa? Tidak Lagi

Pernahkah kamu merasa mudah lupa dan bingung apa yang hendak diperbuat? Bisa jadi hal ini terjadi karena terlalu banyak pikiran dan multitasking yang membuat tidak bisa fokus.

Nah, Asmaul Husna hadir sebagai salah satu cara untuk mencegah lupa pada diri umat Muslim. Ar-Rahman adalah salah satu nama Allah dalam Asmaul Husna yang bisa mencegah kealpaan itu hinggap pada diri setiap individu.

9. Mendapatkan Keturunan

Bagi pasangan suami istri yang tengah berikhtiar untuk mendapatkan keturunan, melantunkan Asmaul Husna secara berkala bisa menjadi salah satu bagian dari ikhtiar. Tentu saja diiringi dengan doa dan berusaha.

Al-Wahidu adalah nama dalam Asmaul Husna yang terkait dengan anugerah keturunan. Jika Allah menghendaki, tentu pasangan manapun akan diberi kesempatan untuk menjadi orangtua.

10. Menjaga Persatuan

Via americamagazine.org

Seringkali isu tentang agama dijadikan bahan bakar untuk memicu konflik beberapa kelompok. Memecah belah dijadikan komoditas yang dirancang sedemikian rupa apiknya agar tidak terasa telah masuk ke dalam pemikiran setiap orang.

Bagi umat Muslim, penting untuk membentengi diri dengan kemampuan logika dan literasi yang cukup. Dengan cara itu, maka seseorang tidak akan mudah dipecah belah.

Termasuk salah satunya dengan membaca Asmaul Husna. Mengapa Asmaul Husna? Dalam nama-nama baik Allah tersebut, ada banyak sebutan yang mengacu pada kasih sayang pada sesama. Sebut saja Ar-Rahim yang berarti Maha Penyayang.

Dengan membahasi kalbu dengan bacaan yang sarat dengan sifat kasih sayang Allah SWT, maka lambat laun sifat itu akan masuk ke dalam diri seorang Muslim.

Masih ada begitu banyak manfaat dari membaca Asmaul Husna yang bisa ditarik ke dalam kehidupan setiap orang. Membaca Asmaul Husna secara rutin tidak akan merugikan sedikitpun, justru mendekatkan banyak manfaat seperti yang ada di atas.

Tak lupa, pahami juga Asmaul Husna beserta artinya ya, agar semakin tahu dengan kekuasaan Allah dan meneladani semua sifat baiknya. Dengan menyimak Asmaul Husna kita akan semakin sadar bahwa semua kebesaran ada di tangan Sang Pencipta, dan mudah-mudahan bisa membuat kamu menjadi insan yang lebih baik.

Ada pengalaman menarik terkait dengan membaca Asmaul Husna? Ceritakan di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *