in

10 Manfaat Mengagumkan Dari Bersepeda Di Pagi Hari

Manfaat Bersepeda

Manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh sangat besar. Bahkan Anda tak pernah menyangka bahwa hanya dengan menyediakan waktu sejenak untuk berkeliling komplek, kualitas hidup Anda akan meningkat secara drastis. Meski kelihatannya sepele, bersepeda dapat membantu Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Bersepeda di pagi hari dapat memberikan kesegaran bagi tubuh dan membuat Anda lebih bersemangat untuk memulai aktivitas harian. Selain lari, bersepeda pun tergolong ke dalam olahraga kardio yang populer karena sangat mudah dijalankan, murah, dan praktis.

Lantas, apa saja manfaat olahraga sepeda di pagi hari untuk kesehatan tubuh? Berikut uraiannya.

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Via wakeuptothesunriselight.com

Tak banyak yang tahu bahwa bersepeda di pagi hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Sinar matahari pagi yang mengenai kulit Anda bisa membuat irama sirkadian kembali normal. Irama sirkadian merupakan ritme alami yang mengatur jam biologis tubuh manusia.

Pancaran sinar matahari pagi yang dikombinasikan dengan olahraga akan membuat insomnia Anda berkurang. Jika rutin dilakukan, bukan mustahil jika insomnia Anda benar-benar sembuh. Bersepeda di pagi hari akan membuat tubuh Anda sehat, bugar, dan lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas harian.

2. Mengubah Kebiasaan Minum Kopi

Sebagian besar orang memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum berangkat ke kantor. Kopi dipilih karena aromanya yang wangi dan memiliki khasiat membuat mata tetap terjaga. Namun, ketimbang meraih secangkir kopi, lebih baik Anda mengambil sepeda dan mengayuhnya hingga tubuh penuh keringat.

Bersepeda di pagi hari tak hanya menyehatkan, tetapi juga dapat meningkatkan endorfin- hormon yang menciptakan perasaan bahagia. Hormon ini merupakan zat kimia yang bisa menghilangkan rasa tertekan, stres, dan depresi.

Berolahraga dengan sepeda pun sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga energi di dalam tubuh meningkat secara signifikan. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi secangkir kopi untuk membuat suasana hati baik. Hanya dengan bersepeda, Anda akan menyongsong pagi dengan hati yang gembira dan penuh energi.

3. Baik Untuk Jantung

Bersepeda adalah cara terampuh untuk menyehatkan jantung. Saat tubuh Anda aktif bergerak, secara otomatis aliran darah akan lancar. Sirkulasi darah yang baik akan berdampak baik pula pada jantung.

Tak hanya itu saja, bersepeda pun sangat efektif untuk membakar kelebihan kolesterol dalam darah yang menjadi salah satu penyebab serangan jantung. Kadar kolesterol yang tinggi pun dapat memicu terjadinya penyumbatan aliran darah dan penumpukan plak. Jika dibiarkan, pasokan oksigen dan darah menuju otak akan terhambat. Hal ini memicu terjadinya stroke.

Dengan bersepeda secara teratur di pagi hari, kinerja jantung akan semakin maksimal, potensi terkena serangan jantung dan stoke pun dapat ditekan semaksimal mungkin. Tubuh pun akan lebih segar karena aliran darah lancar.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Sebagaimana Anda ketahui, semua olahraga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh bahkan kecantikan wajah. Bersepeda di pagi hari tidak hanya menyegarkan, melainkan juga efektif meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan bersepeda selama tiga puluh menit setiap hari, kekuatan tubuh akan meningkat sehingga meminimalkan potensi terserang berbagai jenis penyakit dan mengurangi infeksi.

5. Menurunkan Berat Badan

Via atusaludenlinea.com

Manfaat bersepeda untuk kesehatan memang tak ada duanya. Salah satu yang paling menonjol dari bersepeda di pagi hari adalah efektif untuk menurunkan berat badan. Bagi orang yang mengalami obesitas, melakukan sepeda di pagi hari sangat dianjurkan. Sepeda dapat membakar lemak dan kalori lebih cepat. Cukup dengan bersepeda selama tiga puluh menit secara teratur, lambat laun berat badan Anda akan menyusut secara alami.

Selain menyegarkan tubuh, menurunkan berat badan dengan olahraga sepeda tidak akan membuat kulit kendur, justru kulit akan semakin kencang. Berbeda dengan menurunkan berat badan menggunakan obat yang berpotensi membuat kulit kendur. Imbangi bersepeda dengan diet agar tubuh Anda semakin sehat.

6. Menyehatkan Pencernaan

Disadari atau tidak, bersepeda di pagi hari dapat menyehatkan pencernaan. Hal ini terjadi karena bakteri baik yang bersarang di dalam sistem pencernaan meningkat. Salah satunya adalah bakteri probiotik. Bakteri ini dikenal sebagai bakteri yang dapat membantu mengolah makanan di dalam usus, mencegah terjadinya peradangan, dan memperkuat sistem imun.

Pencernaan yang sehat berdampak besar bagi kegiatan sehari-hari. Selain membuat tubuh Anda tetap sehat dan bugar, Anda akan terhindar dari konstipasi, diare, maag, ataupun masalah lain yang biasa menyerang pencernaan. Hanya dengan olahraga sepeda setiap hari, Anda tidak perlu khawatir mengenai kesehatan pencernaan.

7. Memperkuat Tulang & Otot

Ketika Anda mengayuh sepeda di bawah sinar mentari pagi, vitamin D yang dihasilkan secara alami akan terserap ke dalam tubuh. Seperti yang Anda ketahui, vitamin D sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Tulang yang padat akan menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Tak hanya itu saja, bersepeda di pagi hari sangat bermanfaat untuk memperkuat sendi lutut. Di mana saat Anda mengayuh sepeda, otot di sekitar kaki dan paha akan bergerak secara terus menerus. Hal ini dapat meminimalkan risiko kerusakan pada otot dan tulang sendi lutut.

Menyempatkan diri untuk berolahraga dengan sepeda pun akan menghindarkan Anda dari bahaya penyakit artrithis. Penyakit ini sangat menganggu dan membuat penderita tidak nyaman. Pasalnya, bagian sendi akan mengalami bengkak dan kaku yang disertai dengan rasa nyeri.

Tak hanya baik untuk meminimalkan potensi berbagai penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi, bersepeda saat pagi pun dapat memaksimalkan pertumbuhan tulang. Dengan begini, tinggi badan pun akan optimal.

8. Meningkatkan Kekuatan Otak

Sudah bukan rahasia umum jika berolahraga dapat meningkatkan kekuatan otak. Hal ini juga berlaku untuk olahraga sepeda. Di mana selama Anda mengayuh sepeda maka aliran darah di otak meningkat hingga hampir tiga puluh persen dan tujuh puluh persen di sejumlah bagian tertentu. Dengan rutin bersepeda, kekuatan otak Anda akan semakin maksimal.

9. Tampak Lebih Muda

Olahraga sepeda dapat membuat Anda tampak lebih muda. Hal ini terjadi karena kulit melindungi Anda dari bahaya sinar ultraviolet yang menyebabkan masalah penuaan dini.

Sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan sejumlah ahli, bersepeda secara teratur dapat meningkatkan sirkulasi darah dan pasokan oksigen sehingga nutrisi ke sel-sel kulit lebih efektif. Begitu juga dengan proses pengeluaran racun yang lebih optimal. Hasilnya, kulit Anda lebih sehat, merona alami, dan tampak lebih muda.

10. Baik untuk Kehidupan Seksual

Via besthealthmag.ca

Tak banyak yang tahu bahwa bersepeda di pagi hari sangat baik bagi kehidupan seksual. Dengan bersepeda, otot yang berfungsi selama hubungan seksual akan berkembang dan meningkatkan potensi kepuasan bagi pasangan.

Itulah sejumlah manfaat bersepeda yang wajib untuk Anda ketahui. Yuk, mulai bersepeda di pagi hari! Dijamin hidup Anda semakin sehat dan berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *