in

10 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Daun Kelor
Via steemit.com

Daun kelor mungkin masih terdengar asing dan tak familiar untuk banyak orang. Belum banyak yang tahu bahwa daun kelor memiliki banyak sekali manfaat. Baik itu untuk kecantikan atau pun untuk kesehatan.

Ada beragam manfaat daun kelor, yang menjadikan tumbuhan ini sering sekali sengaja ditanam. Tak hanya memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit saja. Ada banyak sekali kandungan vitamin dan mineral di dalam daun kelor yang bahkan mungkin lebih banyak dari pada beberapa jenis sayuran dan juga buah-buahan.

Tak perlu berlama-lama lagi, di bawah ini merupakan 10 manfaat daun kelor yang wajib diketahui.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Via rd.com

Daun kelor memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya untuk melancarkan pencernaan. Sederet studi mengungkap bahwa daun kelor memiliki manfaat untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh. Manfaat ini sangat baik untuk Anda yang sedang berdiet, karena dengan lancarnya metabolisme tubuh maka penurunan berat badan akan menjadi lebih cepat.

Selain mempercepat proses metabolisme tubuh, daun kelor juga melancarkan pencernaan. Untuk itu tak heran bila banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi daun kelor pada saat sedang berusaha menurunkan berat badan.

Cara konsumsi daun kelor terbaik untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, adalah dengan menyeduhnya seperti teh. Setelah itu baru diminum setiap pagi dan malam hari.

2. Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Daun kelor bukan hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun juga ada manfaat daun kelor bagi kecantikan. Di dalam daun kelor ini sendiri selain terdapat banyak kandungan vitamin dan mineral, juga terdapat tak kurang dari 30 jenis zat antioksidan.

Sehingga daun kelor bisa digunakan untuk melembabkan wajah, mengembalikan keadaan kulit wajah menjadi muda. Hingga untuk menghilangkan flek hitam pada kulit.

Flek hitam pada kult wajah memang disebabkan oleh penuaan dan juga pengaruh oksidasi. Entah itu karena polusi, hingga kulit mati. Untuk itu, 30 zat antioksidan yang ada di dalam daun kelor akan sangat membantu mengatasi hal tersebut.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun kelor lainnya adalah untuk kesehatan mata. Dalam sebuah jurnal yang dirilis oleh WHO disebutkan daun kelor memiliki kandungan vitamin A 4 kali lebih banyak dari pada wortel.

Untuk itu konsumsi daun kelor secara teratur bisa menghindarkan mata dari keadaan yang berbahaya seperti katarak hingga silinder. Selain tentunya juga untuk menjaga kesehatan mata itu sendiri.

4. Anti Peradangan

Di dalam daun kelor terdapat banyak sekali kandungan campuran asam amino esensial, antioksidan seperti quercetin, fitonutrien karotenoid, dan senyawa antibakteri alami lainnya. Semua senyawa tersebut biasanya digunakan sebagai anti inflamantory atau anti peradangan.

Daun kelor memiliki khasiat yang sangat spesial sebagai anti peradangan ini. Biasanya daun kelor akan digunakan untuk mengobati bengkak pada kulit. Entah itu setelah jatuh atau pun lainnya. Ini lah salah satu khasiat daun kelor yang memang sudah dikenal cukup luas.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Via huffpost.com

Senyawa yang ada di dalam daun kelor juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. Mengonsumsi daun kelor secara teratur akan membantu agar ginjal bekerja dengan lebih maksimal. Tak hanya itu saja, daun kelor rupanya juga mampu untuk mengembalikan keadaan ginjal menjadi lebih baik seperti semula.

6. Mengobati Penyakit Pegal Linu dan Rematik

Salah satu manfaat dari daun keloar yang lain ialah untuk mengobati penyakit pegal linu serta rematik. Kedua penyakit ini memang paling sering terjadi pada orang yang sudah beranjak menua. Namun jangan khawatir karena rupanya daun kelor bisa mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Salah satu zat senyawa anti inflamantory pada daun kelor membantu untuk mengurangi penumpukan protein asam urat pada sendi. Sehingga penyakit pegal linu atau pun rematik ini tak akan terjadi lagi.

Selain hal itu juga, kandungan vitamin E di dalam daun kelor akan sangat membantu untuk mengatasi penumpukan asam urat di dalam sendi tersebut.

7. Mengembalikan Kesehatan Jantung

Sebuah study dari “Journal of Medicinal Food” pada tahun 2009 mengungkap bahwa salah satu manfaat dari daun kelor adalah untuk kesehatan jantung.

Pemberian daun kelor secara rutin pada penderita gangguan dan penyakit jantung, terungkap mampu menurunkan lipid teroksidasi. Serta jaringan jantung dilindungi dari kerusakan struktural.

Manfaat daun kelor satu ini memang belum bisa dikonfirmasi. Namun pastinya memberikan harapan besar untuk para penderita penyakit jantung agar bisa kembali ke keadaan semula.

8. Anti Kanker

Salah satu penyebab dari penyakit kanker adalah radiasi. Dimana sel dalam tubuh akan berkembang dengan sangat cepat. Sehingga akhirnya menjadi sebuah penyakit.

Untuk itu salah satu cara untuk mencegah kanker ini dengan menggunakan antioksidan. Di dalam daun kalor sendiri terdapat antioksidan yang sangat tinggi. Memungkinan menjadikan daun kelor sebagai antioksidan alami.

Selain antioksidan alami, daun kelor juga memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi. Sehingga menjadikan tumbuhan satu ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya kanker di dalam tubuh.

Sebagai anti kanker, daun kelor sebainya dikonsumsi secara teratur sebagai teh. Caranya mudah, cukup seduh daun kelor yang sudah dirajang halus dengan air panas. Sari teh daun kelor ini yang bisa diminum dengan teratur.

9. Mengobati Penyakit Diabetes

Manfaat daun kelor untuk diabetes berkat adanya kandungan seng. Senyawa seng ini penting sekali untuk pembentukan insulin di dalam tubuh. Sehingga bisa menurunkan kandungan gula di dalam darah secara alami. Hingga saat ini daun kelor masih banyak digunakan sebagai insulin alami.

Beberapa cara untuk menggunakan daun kelor sebagai penurun gula darah ini, dengan menjadikannya sebagai sayur. Sayur kelor menjadi salah satu makanan pendamping yang sangat dianjurkan dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

10. Mengatasi Kolestrol dan Menurunkan Tekanan Darah

Via drsinatra.com

Salah satu manfaat berikutnya dari daun kelor ini adalah untuk tekanan darah dan juga kolesterol. Kedua manfaat daun kelor ini sebab adanya kandungan hiocarbamate glikosida, nitrile dan glikosida minyak mustard. Senyawa yang ada di dalam daun kelor tersebut bekerja untuk menurunkan tekanan darah di tubuh dan juga mengatasi kolesterol.

Itulah 10 manfaat daun kelor yang penting untuk kesehatan maupun kecantikan. Masih ada banyak sekali manfaat lain dari daun kelor. Selamat mencobanya ya!

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *