Via shoppersprix.com

Kopi Hijau Kaya Akan Nutrisi, Loh! Ini 10 Manfaatnya

Belakangan ini, keberadaan kopi hijau kian populer di masyarakat. Kopi hijau dipercaya efektif menurunkan berat badan sehingga tak jarang orang memanfaatkannya sebagai minuman untuk diet.

Nah, yang jadi pertanyaan, sebenarnya apa sih kopi hijau itu?

Sama halnya dengan kopi pada umumnya, kopi hijau juga berasal dari biji kopi yang telah dikeringkan. Namun bedanya, kopi hijau tidak melalui proses pemanggangan. Itulah mengapa, warna bijinya tetap hijau.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan

Karena tidak melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi, maka kandungan dalam kopi hijau masih cenderung baik. Kopi ini menyimpan senyawa polifenol dan asam klorogenat yang merupakan zat antioksidan dengan kadar lebih tinggi dibandingkan kopi biasa.

Selain itu, kopi hijau juga rendah kafein loh!

Nah, berikut ini beberapa manfaat kopi hijau untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui. Simak yuk!

1. Menurunkan Berat Badan

Via atusaludenlinea.com

Khasiat kopi hijau dalam menurunkan berat badan tentu bukanlah sekedar mitos belaka. Dalam sebuah penelitian di Korea Selatan pada tahun 2016 dan diterbitkan di Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, dipaparkan tentang efek pemberian ekstrak kopi hijau kepada tikus obesitas. Dimana hasilnya, si tikus mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

Adapun menurut para peneliti, efek tersebut didapatkan karena kopi hijau mengandung senyawa asam klorogenik dengan kadar cukup tinggi. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan, yang mana mampu membantu proses pembakaran glukosa dan lemak menjadi energi.

Di samping itu, kopi hijau juga mengandung kafein. Senyawa kafein ini bekerja dalam meningkatkan proses oksidasi asam lemak serta mengoptimalkan proses metabolisme. Secara tak langsung, itu membantu Anda menurunkan berat badan.

Memang hasilnya tidak instan, tapi jika Anda mampu mengimbanginya dengan pola hidup sehat, maka program diet Anda pun juga akan sukses.

2. Mengatasi Hipertensi

Manfaat kopi hijau berikutnya adalah melawan penyakit hipertensi. Sebagaimana dijelaskan dalam studi di Clinical and Experimental Hypertension tahun 2016, bahwa kandungan asam klorogenat dalam kopi hijau bekerja efektif dalam mengontrol tekanan darah.

Asam klorogenat sendiri adalah zat antioksidan kuat yang aktif yang bertindak dalam melancarkan sirkulasi darah dan mencegah berbagai penyakit degeneratif, seperti aterosklerosis, gangguan jantung, hipertensi dan diabetes.

3. Mengontrol Gula Darah

Selain mengontrol tekanan darah, kopi hijau juga memberikan respon positif terhadap kestabilan gula darah. Kopi ini terbukti mampu mencegah penyakit diabetes tipe 2 dengan cara menurunkan kadar glukosa berlebih di dalam tubuh serta mencegah terjadinya resistensi insulin.

Pernyataan tersebut sejalan dengan penelitian yang diterbitkan di Journal of International Medical Research tahun 2007 di Oslo Norwegia, yang mengungkapkan bahwa kandungan asam klorogenik dalam kopi hijau mampu mengurangi penyerapan glukosa pada orang bertubuh gemuk.

Penelitian lain yang diterbitkan di Journal of Molecular and Cellular Biochemistry tahun 2014, dijelaskan jika pemberian ekstrak kopi hijau pada tikus penderita diabetes tak hanya mampu menurunkan kadar gula darah. Tapi juga mencegah gangguan otak yang berkaitan dengan diabetes, misalnya saja alzheimer.

4. Pendongkrak Energi

Kopi sudah dikenal cukup lama sebagai minuman pendongkrak energi. Ya, begitupun dengan jenis kopi hijau. Minuman ini juga mengandung kafein yang bekerja membantu menghilangkan rasa kantuk sekaligus lelah pada tubuh.

Adapun cara kerjanya, kafein merangsang otak untuk memblokir aktivitas adenosin yang memicu rasa kantuk. Sementara itu, secara bersamaan kafein juga meningkatkan produksi hormon dopamine yang berperan sebagai perangsang perasaan senang dan membuat lebih bersemangat.

5. Mengobati Kanker

Cara Mengobati Kanker Payudara
Via empowher.com

Tahukah Anda, ternyata kopi hijau juga merupakan salah satu obat alami pelawan kanker, loh!

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Agriculture and Food Chemistry tahun 2009 diungkapkan bahwa senyawa asam klorogenat mampu memberikan efek terapi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Penelitian tersebut sejalan dengan studi yang dimuat di Journal of Inorganic Biochemistry yang juga menegaskan bahwa asam klorogenat dalam kopi hijau berperan sebagai antioksidan kuat yang mana ampuh melawan beragam penyakit kanker, khususnya kanker payudara.

6. Anti Aging – Mencegah Penuaan Kulit

Seiring bertambahnya usia, biasanya kulit akan mengalami perubahan. Seperti keluarnya garis-garis halus, kendur, kering dan menjadi lebih kusam.

Kondisi tersebut sangatlah wajar, yang mana akibat dari paparan radikal bebas dalam jangka waktu lama.

Namun begitu, bukan berarti Anda tak bisa mencegahnya. Bisa kok! Apabila Anda merawat kulit dengan baik, maka risiko penuaan dini juga bisa dicegah. Nah, salah satu caranya Anda bisa mencoba mengonsumsi kopi hijau.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi hijau mampu mengurangi keriput dan mengembalikan keelastisan kulit dengan merangsang produksi kolagen. Dengan demikian, keremajaan kulit Anda pun akan terjaga.

7. Melembabkan Kulit

Selain mencegah penuaan, kopi hijau juga berperan dalam proses hidrasi kulit. Adanya kandungan asam lemak dalam kopi hijau, seperti asam oleat, asam linoleat dan arachidonic mampu mengembalikan kelembaban kulit. Sehingga kulit pun akan menjadi lebih kenyal dan tidak kering.

Perlu Anda tahu bahwa kulit kering sangat rentan berkeriput. Oleh karenanya, sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu penyebab dari penyakit alzheimer adalah tingginya konsentrasi protein tau pada otak yang menyebabkan kematian sel-sel hingga memicu penurunan kemampuan kognitif.

Nah, kopi hijau mengandung kafein yang bekerja dalam memblokir reseptor adenosin. Reseptor ini merupakan reseptor pemicu penumpukan protein tau dan peradangan pada otak. Apabila aktivitasnya diblokir, maka secara otomatis risiko alzheimer pun juga bisa dicegah.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Pennington Biomedical Research Centre di Louisiana dan diterbitkan di Journal of Nutritional Neuroscience, menunjukan bukti ilmiah bahwa asam klorogenat dalam kopi hijau mampu menurunkan risiko kerusakan otak.

9. Mengatasi Kerontokan Rambut

Anda merasa stres dengan masalah rambut rontok? Salah satu cara mudah untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengonsumsi kopi hijau. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam kopi hijau tak hanya merawat kulit dan organ tubuh saja. Tapi juga bisa mengatasi kerontokan rambut.

Anda juga bisa mengaplikasikannya sebagai masker rambut paling tidak 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang indah dan kuat.

10. Membantu Proses Detoksifikasi

Via livebloodlondon.com

Manfaat kopi hijau yang terakhir, yakni membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh.

Kopi hijau tidak hanya membersihkan racun-racun pada organ hati, tapi juga membantu pengeluaran kolesterol LDL dan lemak yang menumpuk di pembuluh darah. Dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih bersih.

Nah, demikianlah sobat beberapa manfaat kopi hijau untuk kesehatan dan kecantikan. Yang perlu diperhatikan, beberapa orang dengan kondisi tertentu disarankan untuk menghindari pengonsumsian kopi hijau.

Diantaranya adalah ibu hamil, anak-anak, penderita gangguan tulang, dan sebagainya. Kopi hijau juga tidak dianjurkan dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan.

Untuk menghindari efek samping, baiknya berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu. Dan perlu diingat pula bahwa batas aman konsumsi kopi hijau antara 2-3 cangkir sehari. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *