Kaya Nutrisi, Ini 10 Manfaat Masker Kefir Untuk Kecantikan

Manfaat Masker Kefir
Via edibleottawa.ediblecommunities.com

Bagi Anda para perempuan, tentunya sudah tak asing dengan masker kefir, kan? Masker yang sempat ngetren beberapa tahun lalu ini, kepopulerannya tak juga surut hingga sekarang. Terbukti dari banyaknya industri kecantikan yang memasarkan produk masker alami ini. Bahkan peminatnya pun cukup tinggi.

Ya, tak heran sih bila banyak kaum hawa yang menggemari masker kefir. Pasalnya, masker yang diperoleh dari fermentasi susu sapi atau kambing ini sangat kaya nutrisi. Terdiri dari kandungan vitamin A, vitamin B2, Alpha Hydroxy Acids (AHA), dan bakteri baik lactobacillus.

Nah, buat Anda nih yang masih ragu untuk menggunakan masker kefir, berikut OhGitu paparkan beberapa manfaat dari masker kefir untuk kecantikan kulit dan rambut. Langsung disimak yuk!

1. Agen Eksfoliator

Via huffpost.com

Jika Anda memiliki masalah kulit kusam dan flek hitam, coba deh Anda menggunakan masker kefir.

Masker kefir ini merupakan agen eksfoliator alami yang cukup populer. Adanya kandungan senyawa Alpha Hydroxy Acids (AHA) dengan kadar cukup tinggi berperan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati.

Untuk cara pakainya, Anda bisa mengkombinasikan bersama lemon. Buah lemon ini juga bekerja efektif dalam mengangkat lapisan kulit yang kotor.

  • Cukup campurkan 1 sdt kefir dengan 1/2 sdt air perasan lemon
  • Aduk
  • Lalu oleskan pada wajah
  • Diamkan sekitar 10 menit
  • Pijat-pijat agar sel-sel kulit mati bisa terangkat
  • Bilas dengan air dingin

2. Mencegah Penuaan Pada Kulit

Paparan radikal bebas, seperti sinar matahari dan polusi bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Nah, untuk mencegah hal tersebut, kulit butuh perawatan! Salah satu caranya, Anda bisa memanfaatkan masker kefir.

Masker kefir mengandung probiotik yang dapat merangsang kulit memproduksi kolagen dan asam hialuronat. Kedua senyawa tersebut ampuh melawan penuaan dini dengan cara mengembalikan keelastisan kulit sekaligus melembabkan.

Selain itu, masker kefir juga mengandung antioksidan yang bekerja dalam menangkal radikal bebas. Dengan Anda rutin mengaplikasikan masker kefir itu akan membantu menjaga keremajaan kulit.

3. Mengatasi Jerawat

Punya masalah jerawat yang tak kunjung sembuh? Hmm, tak ada salahnya Anda mencoba perawatan dengan masker kefir.

Masker yang terbuat dari fermentasi susu ini dikenal efektif dalam membasmi jerawat dengan cara mengoptimalkan proses detoks serta eksfoliasi kulit. Di samping itu, adanya kandungan bakteri baik ‘probiotik’ juga berperan membunuh bakteri penyebab jerawat, P. Acnes.

Untuk cara pakainya, Anda bisa mengkombinasikan dengan madu yang juga memiliki antibakteri.

  • Campurkan 1 sdt masker kefir dengan 1 sdt madu
  • Aduk
  • Lalu aplikasikan pada area wajah yang berjerawat
  • Setelah mengering, segera bilas dengan air

4. Mengatasi Kulit Berminyak

Secara alamiah, kulit manusia pasti memproduksi sebum atau minyak untuk melindungi kelembaban wajah. Namun bila kadar minyak ini berlebihan, maka resikonya kulit pun jadi mudah jerawatan, karena kotoran rentan menempel dan terjebak ke dalam pori-pori.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan masker kefir. Masker ini tak hanya efektif mengangkat kotoran tapi juga menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Untuk cara pakainya:

  • Campurkan 1 sdm kefir, 1 sdm madu dan 1 putih telur
  • Aduk dalam mangkuk kecil
  • Oleskan pada area wajah yang berjerawat
  • Setelah 60 menit, bilas dengan air

Oiya, madu disini berperan sebagai antimikroba. Sementara putih telur mampu mengecilkan pori-pori kulit.

5. Melembabkan Kulit

Via medicalnewstoday.com

Wajah yang lembab adalah salah satu ciri kulit sehat. Sebaliknya, apabila wajahmu kering maka biasanya rentan muncul garis-garis halus, bahkan cenderung kusam.

Nah, masker kefir mengandung asam amino yang dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit. Dengan Anda rutin merawat wajah dengan masker ini, maka wajahmu akan kenyal dan pastinya tampak lebih cerah.

Adapun cara pakainya:

  • Campurkan 1 sdm masker kefir dengan 1 sdt minyak zaitun
  • Oleskan pada area wajah hingga rata
  • Tunggu sampai kering
  • Kemudian, Anda bisa membilasnya dengan air hangat

6. Menyembuhkan Warna Kulit yang Tidak Merata

Selain menyebabkan kusam, paparan sinar UV juga kerap membuat warna kulit menjadi tidak merata. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu penampilan. Bahkan bikin hasil make-up kurang bagus.

Salah satu metode efektif untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan masker kefir. Nutrisi yang terkandung di masker kefir dapat membantu meratakan warna kulit dan membuatnya lebih sehat.

Kuncinya, Anda hanya perlu rutin mengaplikasikannya setiap hari!

7. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Masker kefir dikenal akan kandungan senyawa Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang cukup tinggi. Senyawa ini umumnya ditemukan pada produk-produk pelembab wajah. Dimana fungsinya, tak lain adalah merangsang produksi kolagen yang membuat kulit jadi lebih elastis.

Di samping itu juga membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga wajah pun jadi lebih bersih.

8. Mencerahkan Kulit

Masker kefir memang memiliki banyak kegunaan bagi kulit. Adanya kandungan bakteri lactobacillus dalam masker ini dapat mengatur keseimbangan pH kulit. Kemudian ada AHA yang bermanfaat menjaga kekenyalan wajah, serta asam amino untuk memberikan kelembaban.

Dengan semua manfaat tersebut, secara tak langsung masker kefir membuat kulit Anda jadi lebih sehat. Nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalamnya juga efektif dalam mencerahkan kulit, loh!

9. Mengobati Ketombe

Manfaat masker kefir tak hanya untuk merawat kulit, tapi juga mengatasi masalah pada rambut. Misalnya saja, ketombe!

Pada dasarnya, ketombe memang bukanlah masalah serius. Namun bila dibiarkan saja, lama-kelamaan akan mengganggu kesehatan kulit kepala. Termasuk memicu rasa gatal hingga menimbulkan risiko infeksi.

Dengan Anda menggunakan kefir, itu akan membantu melawan pertumbuhan jamur Malassezia penyebab ketombe sekaligus mengurangi peradangan. Anda bisa mengaplikasikan kefir ini sebagai masker rambut dan gunakan ketika hendak keramas.

10. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Cara Meluruskan Rambut
Via thesmallthingsblog.com

Selain melawan ketombe dan mencegah radang pada kulit kepala, masker kefir juga dapat merangsang pertumbuhan rambut loh!

Untuk cara pakainya, cukup kombinasikan dengan telur agar hasilnya lebih optimal.

  • Pertama, siapkan 1 butir telur
  • Pecahkan telur, kocok lalu campur dengan 2 sdm kefir
  • Aduk agar campuran jadi homogen
  • Distribusikan pada rambut menggunakan kuas
  • Selang 60 menit, bilas rambut dengan shampo dan air hangat

Nah, demikianlah beberapa manfaat masker kefir untuk kecantikan kulit dan rambut. Cukup banyak, kan? Jadi apa Anda berminat mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *