Via .homegrounds.co

Suka Ngopi? Ini 10 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan

Selama ini banyak orang menganggap bahwa mengonsumsi kopi hanya akan menimbulkan dampak negatif. Misalnya saja, bikin insomnia dan menimbulkan risiko osteoporosis.

Well, sebenarnya pertanyaan tersebut tidak sepenuhnya salah. Adanya kandungan kafein dalam kopi memang dapat menyebabkan kesulitan tidur serta merangsang pengeluaran urine berlebihan yang memicu pengeroposan tulang. Namun begitu, hal tersebut hanya akan terjadi bila kopi diminum secara berlebihan.

Sebaliknya, pengonsumsian kopi dalam batas wajar justru memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Menurut penelitian, kopi mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh, seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5 , kalium, magnesium dan mangan.

Nah, lebih lengkapnya, berikut beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan!

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Via yahoo.com

Minum kopi tak sekedar nikmat, tapi juga berguna untuk melindungi kesehatan jantung loh! Berdasarkan penelitian di Belanda, dimana dilakukan survey terhadap 37.000 orang selama 13 tahun, ditemukan bahwa mereka yang terbiasa minum kopi 2 – 4 cangkir perhari berpotensi rendah terhadap risiko penyakit jantung.

Dimana, kemungkinannya 20% lebih rendah dibandingkan pecandu berat ataupun bukan peminum kopi.

Adapun cara kerja kopi dalam melindungi organ jantung, yakni dengan mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh arteri yang disebabkan inflamasi ataupun penumpukan plak.

2. Peningkat Energi Tubuh

Minum kopi juga bisa mendongkrak energi dalam tubuh. Ini dikarenakan kopi mengandung kafein dalam kadar lumayan tinggi. Nah, saat Anda mengonsumsinya, kafein yang masuk ke dalam tubuh akan diserap oleh alirah darah dan diteruskan ke otak.

Di otak, kafein bekerja dalam memblokir neurotransmitter adenosin yang memicu kelelahan. Selain itu, secara bersamaan kafein juga meningkatkan dopamin dan norepinefrin yang merangsang mood jadi lebih bahagia sekaligus mendongkrak energi.

3. Melawan Depresi

Seperti yang telah dijelaskan dalam poin sebelumnya, bahwa minum kopi mampu membangkitkan mood. Termasuk mengurangi gejala depresi, stres dan capek-capek.

Kandungan dalam kopi bekerja menghambat aktivitas neurotransmitter pemicu depresi, dan meningkatkan aktivitas serotonin dan dopamin yang mengontrol suasana hati dan menjadikannya lebih bersemangat.

4. Melindungi Sel-Sel dari Kerusakan

Beberapa orang mungkin menganggap kopi sebagai minuman kurang sehat. Padahal faktanya, kopi justru mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Studi yang dilakukan para ilmuwan menemukan bahwa kopi mengandung zat antioksidan lebih tinggi dibandingkan coklat dan teh hijau. Nah, senyawa antioksidan tersebutlah yang kemudian bekerja dalam melawan peradangan yang menjadi penyebab beragam penyakit kronis.

Antioksidan dalam kopi juga membantu kelancaran proses metabolisme serta mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Cara Mengobati Kanker Payudara
Via empowher.com

Kanker adalah penyakit yang sangat mengerikan! Dan ternyata, penyakit ini bisa dilawan dengan minum kopi, loh!

Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, wanita yang minum kopi sekitar 4 cangkir sehari berisiko 25% lebih rendah terserang kanker endometrium dibandingkan wanita yang hanya minum 1 cangkir atau tidak sama sekali.

Di samping itu, senyawa antioksidan dalam kopi, misalnya polifenol juga bekerja sebagai antikarsinogenik yang mana dapat mencegah penyakit kanker prostat, kanker payudara, kanker kolon, kanker dubur dan kanker hati.

6. Melindungi Organ Hati

Khasiat lain dari minum kopi yakni bisa melindungi kesehatan organ hati. Menurut penjelasan dari para ilmuwan, minum kopi dapat membantu menurunkan kadar enzim hati.

Perlu Anda ketahui bahwa peningkatan enzim hati bisa menyebabkan dampak buruk, seperti terjadinya inflamasi hingga kerusakan organ hati.

Sebuah studi yang dipaparkan oleh Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa minum kopi sekitar 3-4 cangkir sehari dapat menurunkan risiko sirosis hati hingga 20%.

7. Mencegah Diabetes Tipe 2

Tak banyak orang tahu bahwa ternyata minum kopi berkaitan erat dengan penurunan risiko penyakit diabetes tipe 2.

Sebuah studi epidemiologi pada tahun 2009 mengemukakan bahwa minum kopi 1 cangkir sehari dapat menurunkan risiko diabetes hingga 7%. Adapun orang-orang yang mengonsumsi hingga 4 cangkir sehari terjadi penurunan risiko hingga 50% dibandingkan orang yang tak pernah minum kopi.

Jika Anda bertanya bagaimana itu bisa terjadi? Jawabannya karena kopi kaya akan antioksidan. Senyawa ini dapat mengontrol produksi glukosa dalam darah sekaligus mencegah peradangan.

Selain itu, adanya senyawa asam caffeic juga mengurangi penumpukan racun oleh protein fibril amiloid yang biasa ditemukan pada penderita diabetes tipe 2.

9. Mencegah Asam Urat

Kopi mengandung antioksidan yang dapat bekerja menurunkan risiko asam urat dengan cara mengurangi produksi insulin. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Arthritis & Rheumatism, ditemukan bahwa pria yang minum kopi 4-5 cangkir sehari mengalami penurunan risiko asam urat hingga 40&.

Sementara penelitian lain yang dilakukan pada 90.000 perawat wanita selama 26 tahun, hasilnya mereka yang minum 1-3 cangkir kopi sehari memiliki risiko asam urat 20% lebih rendah dibandingkan yang tidak pernah minum kopi. Sedangkan yang minum kopi 4 cangkir sehari mengalami penurunan hingga 57%.

Dengan demikian, bisa disimpulkan kopi mampu mencegah asam urat.

9. Mencegah Pikun atau Alzheimer

Selanjutnya, manfaat minum kopi yakni mencegah risiko pikun atau alzheimer. Kandungan senyawa antioksidan dalam kopi terbukti mampu meningkatkan fungsi kognitif pada otak.

Adapun penelitian yang dilakukan di Finlandia menemukan bahwa orang yang minum 3-4 cangkir kopi sehari memiliki risiko 65% lebih rendah terhadap penyakit demensia dan alzheimer.

10. Membantu Penurunan Berat Badan

Via graphxdiva.com

Minum kopi juga merupakan cara tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Kandungan dalam kopi terbukti mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh hingga 20%, termasuk membantu proses pembakaran lemak menjadi energi.

Dengan begitu, risiko penumpukan lemak dalam tubuh bisa dicegah. Namun ingat, untuk tetap mengimbanginya dengan berolahraga agar hasilnya bisa optimal.

Nah, demikianlah beberapa manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kesimpulannya, minum kopi memang baik untuk tubuh, tapi jangan berlebihan juga!

Menurut laporan dari Michigan State University, batas aman konsumsi kafein sekitar 200-300 mg perhari atau setara dengan 2-4 cangkir. Sedangkan bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi atau sedang hamil, baiknya menghindari pengonsumsian kopi.

Oiya, jenis kopi yang baik untuk kesehatan adalah kopi hitam asli, bukan produk kopi yang telah dicampuri zat pemanis, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *