Via fortune.com

10 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh Dan Mental

Semua orang tahu bahwa manfaat olahraga bagi tubuh sangatlah besar. Selama berolahraga, seluruh otot tubuh Anda bekerja. Hal inilah yang membuat tubuh lebih segar, sehat, dan bugar. Sebenarnya, olahraga tidak hanya berdampak baik baik kesehatan tubuh, melainkan juga kesehatan mental. Alhasil, kualitas hidup Anda pun meningkat.

Mirisnya, masih ada segelintir orang yang malas untuk berolahraga padahal hanya dengan menyisihkan waktu sekitar setengah jam saja, Anda akan merasakan manfaat yang begitu luar biasa.

Tak ada kata terlambat, Anda bisa mulai olahraga pagi seminggu sekali. Mulanya, tubuh Anda pasti akan sedikit kaku atau sakit di sejumlah bagian. Namun, percayalah, lambat laun hal ini akan membuahkan hasil yang manis. Nah, supaya Anda lebih bersemangat, simak sederet manfaat dari olahraga di bawah ini!

1. Menyehatkan Jantung

Via yahoo.com

Olahraga berperan besar dalam menyehatkan jantung. Dengan melakukan peregangan tubuh, otot jantung menjadi terlatih dan kuat. Secara tidak langsung hal ini pun turut memengaruhi sirkulasi darah. Jantung yang kuat dapat memberi pasokan darah yang cukup ke seluruh tubuh tanpa membuat jantung lelah karena sering memompa.

Untuk mencegah risiko penyakit jantung, Anda bisa melakukan latihan interval dengan berjalan kaki setiap hari selama lima menit. Cara lain yang bisa Anda jadikan pilihan adalah body workout, seperti olahraga renang, mendayung dan cross country skiing atau latihan inti dengan melakukan olahraga pilates.

2. Mengontrol Diabetes

Seperti yang Anda ketahui, diabetes merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan banyak diidap oleh sebagian besar penduduk di seluruh dunia. Untuk menghindari diabetes, Anda wajib mengatur pola makan, menghindari pemicu, dan rajin berolahraga.

Salah satu olahraga yang diklaim paling baik untuk mencegah diabetes adalah bersepeda. Olahraga ini sangat mudah dilakukan. Anda bisa bersepeda kapan pun dan di mana pun. Dengan bersepeda, otot betis, paha, dan panggul menjadi lebih kuat dan kencang.

Gerakan bersepeda pun efektif menurunkan berat badan dan mengurangi selulit. Selain bersepeda, olahraga yoga pun disebut-sebut dapat mencegah Anda terkena diabetes tipe 2.

3. Mengatasi Obesitas

Sudah menjadi rahasia umum jika olahraga sangat ampuh mengatasi obesitas. Saat Anda melakukan sejumlah gerakan olahraga, secara otomatis tubuh melakukan proses pembakaran lemak. Meski semua olahraga dapat membakar lemak tubuh, tetapi ada sejumlah olahraga yang lebih efektif menurunkan berat badan, yakni olahraga kardio.

4. Menurunkan Risiko Hipertensi

Hipertensi merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi. Penyakit ini dapat memicu penyakit lainnya, seperti jantung dan stroke. Umumnya, gaya hidup yang tidak sehat, terlalu banyak mengonsumsi garam atau sodium, kualitas tidur buruk, obesitas, dan malas berolahraga menjadi sejumlah penyebab hipertensi.

Supaya Anda terhindar dari penyakit ini, Anda wajib mengubah kebiasaan buruk tersebut. Imbangi pola hidup sehat dengan olahraga rutin. Anda dapat bersepeda atau berenang selama tiga puluh menit. Pastikan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan, sebelum dan sesudah berolahraga. Cara ini terbukti ampuh dalam menurunkan risiko darah tinggi sekaligus membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

5. Menyeimbangkan Kadar Kolesterol

Obat Herbal Kolesterol
Via healthline.com

Manfaat olahraga selanjutnya adalah menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah. Sebagaimana Anda ketahui, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, pembuluh darah perifer, stroke, hipertensi, diabetes tipe 2, gangguan sistem pencernaan, dan disfungsi ereksi.

Maka, sangat penting untuk menjaga kolesterol tetap stabil dengan melakukan olahraga ringan, mengonsumsi makanan kaya gizi, dan menghindari makanan yang menyebabkan tingginya kadar kolesterol.

Olahraga yang diklaim sangat baik untuk menyingkirkan kolesterol jahat, antara lain berjalan kaki, senam aerobik, bersepeda, dan berenang. Lakukan olahraga ini selama tiga puluh menit setiap hari. Kombinasi diet sehat dengan olahraga akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus menghindarkan Anda dari berbagai jenis penyakit.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Olahraga dapat membuat tubuh Anda kebal terhadap aneka jenis penyakit. Umumnya, seseorang terkena penyakit karena daya tahan tubuh yang lemah. Ada banyak penyebabnya, mulai dari gaya hidup tidak sehat, faktor makanan, lingkungan, dan malas berolahraga.

Untuk meningkatkan sistem imun, Anda wajib untuk menyediakan waktu selama tiga puluh menit per hari. Lakukan olahraga lari, bersepeda, atau senam agar sistem peradaran darah meningkat. Aliran darah yang lancar akan membuat tubuh teroksigenasi dengan baik. Hal ini berdampak besar pada meningkatnya jumlah hemoglobin dan volume darah. Secara otomatis, tubuh Anda akan lebih sehat, aktif, dan tampak bugar.

7. Membentuk Otot

Olahraga adalah pilihan terbaik untuk melatih otot Anda. Kebanyakan pria sangat mendambakan tubuh dengan otot yang kencang. Bahkan, mereka tak segan melakukan latihan fisik dan diet demi mendapatkan tubuh impian.

Sebenarnya, membentuk otot tidak harus datang ke gym. Ada sejumlah olahraga yang mudah dilakukan di mana saja, seperti push up, plank, sit up, squat, dan dance.

Olahraga plank yang tengah populer saat ini, sangat baik untuk melatih kekuatan otot perut, paha, dan lengan, sedangkan push up dapat memperkuat otot perut, dada, bisep, trisep, dan membentuk six pack. Lain lagi dengan gerakan squat yang efektif mengencangkan paha, betis, dan pinggul.

8. Menguatkan Tulang

Tulang merupakan salah satu organ tubuh yang terus mengalami regenerasi dan rentan terkena gangguan. Untuk meminimalkan gangguan tersebut, Anda harus rutin berolahraga. Pasalnya, olahraga sangat memengaruhi osteoblast (pembentukan tulang baru) dan osteoclast (pelepasan jaringan tulang lama). Jika keduanya terhambat maka besar kemungkinan tulang akan kehilangan kepadatannya. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis.

Olahraga menjadi cara termudah untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan tulang. Lakukan olahraga di bawah sinar mentari pagi agar tubuh menyerap vitamin D secara maksimal. Dengan begini, tubuh semakin segar dan bugar.

9. Menumbuhkan Sikap Positif

Disadari atau tidak, olahraga dapat menumbuhkan sikap positif. Ketika Anda berolahraga, tubuh dan pikiran Anda menjadi lebih relaks. Dari sisi psikologis, melakukan aktivitas fisik seperti olahraga sangat efektif meningkatkan percaya diri. Dampaknya, Anda lebih bersemangat memulai hari dan jauh lebih bahagia ketimbang orang yang tidak berolahraga. Untuk merasakan manfaatnya, pastikan untuk olahraga setiap pagi, seperti senam, jogging, atau bersepeda sebelum Anda beraktivitas.

10. Memberikan Ketenangan

Ciri-Ciri Orang Jatuh Cinta
Via themoviedb.org

Siapa bilang olahraga hanya menyehatkan tubuh? Kenyataannya, olahraga juga dapat menjadi salah satu cara relaksasi yang ampuh memperbaiki suasana hati. Ketika Anda tengah mengalami masa sulit, olahraga membantu Anda menekan pikiran buruk dan memberikan ketenangan.

Bahkan saat Anda tengah merasa gelisah atau sedih, olahraga bisa menjadi cara bersenang-senang yang menyehatkan sekaligus media untuk meluapkan emosi. Anda bisa memilih olahraga yang asyik dan menantang, seperti olahraga lompat tali, berdansa, panjat tebing, parasailing, ataupun surfing.

Demikianlah sejumlah manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh dan mental. Demi meningkatkan kualitas hidup, bahagia, dan umur panjang, mulailah untuk berolahraga! Tubuh sehat, jiwa pun sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *