Mengapa Pengembangan Chatbot di Indonesia Diperlukan

Chatbot di Indonesia

Bisnis di Indonesia sudah mulai merasakan manfaat yang ditawarkan oleh chatbot terutama di area customer service. Saat ini chatbot tidak hanya di buat untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris saja tetapi juga bahasa Indonesia. Sehingga keterbatasan bahasa tidak lagi menjadi masalah.

Dengan berinvestasi dalam pengembangan chatbot di Indonesia, anda akan secara signifikan meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan dan calon pelanggan anda.

Chatbot memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

1). Menghemat Biaya

Chatbot membantu bisnis mengurangi biaya operasional. Dengan adanya bot cerdas ini pemilik bisnis tidak harus membayar gaji karyawan atau memberi tunjangan.  Bot juga tidak memerlukan ijin sakit atau liburan. Bisnis dapat menggunakan chatbot untuk berfungsi kapan pun.

2.) Meningkatkan Produktivitas

Chatbot dapat membantu bisnis menjadi lebih produktif. Mereka dirancang untuk menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan efisien. Karyawan kemudian dapat menggunakan waktu mereka lebih efisien untuk melakukan tugas-tugas penting lainnya.

3.) Meningkatkan Citra Perusahaan

Ketika pelanggan menerima layanan yang cepat dan akurat dari chatbot, mereka akan merasakan kepuasan. Hal ini menjadikan chatbot sebagai pendukung bisnis dan penjaga loyalitas pelanggan yang efektif. Karena pelanggan akan memberi tahu orang lain tentang layanan baik yang mereka terima.

 

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pengembangan Chatbot

Pembuatan chatbot merupakan proses yang melibatkan beberapa langkah. Di bawah ini, kita akan melihat langkah-langkah tersebut secara rinci.

1.) Pahami Masalahnya

Sebelum Anda dapat memutuskan bagaimana mengembangkan chatbot untuk kebutuhan bisnis, anda perlu memahami masalah apa yang anda coba selesaikan? Misalnya: Apakah pelanggan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mencari informasi? atau Apakah pelanggan selalu membutuhkan informasi yang sama?

Setelah anda mengetahui masalah yang ingin anda pecahkan, anda siap untuk membuat chatbot sesuai dengan kebutuhan anda.

2.) Pembuatan Chatbot

Langkah selanjutnya adalah proses pembuatan chatbot. Ada 2 cara utama untuk mengerjakan tugas ini yaitu:

  1. Menggunakan layanan platform pembuat chatbot, anda tinggal melakukan drag anda drop tanpa melakukan coding. Banyak software company yang menyediakan tool ini anda hanya tinggal membayar bulanan atau tahunan.
  2. Membangun chatbot dari nol, anda membutuhkan developer yang berpengalaman untuk proyek ini.
  3. Proses Pengujian

Setelah chatbot di buat, anda harus mengujinya untuk memastikannya berfungsi seperti yang diharapkan. Anda harus melakukan pengujian secara detail untuk menguji chatbot secara menyeluruh.

Pengujian ini bertujuan untuk mensimulasikan customer experience. Anda juga harus membuat tutorial untuk penggunaan chatbot yang di pahami oleh customer anda dengan mudah. Jika Anda bekerja dengan pihak ketiga, pastikan proses pengujian ini harus disertakan dalam kontrak kerjasama.

  1. Optimalkan Chatbot Anda

Performa chatbot dapat berubah seiring waktu. Anda harus melakukan pemeriksaan rutin dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan. Misalnya: Jika pelanggan terus menanyakan pertanyaan yang sama, anda mungkin perlu menyesuaikan chatbot untuk memberikan informasi tersebut dengan lebih cepat.

  1. Evaluasi Kinerja Chatbot Anda

Setelah chatbot aktif dan berjalan, anda harus mengevaluasi kinerjanya. Apakah pelanggan merespons chatbot Anda dengan baik? Jika tidak, Anda mungkin ingin membuat beberapa perubahan untuk meningkatkan kinerja chatbot.

  1. Jadikan Chatbot Anda Bekerja Dengan Layanan Lain

Chatbots dapat berintegrasi dengan baik dengan sistem perangkat lunak lain, misalnya: Facebook Messenger, Telegram, Twitter, Instagram dan lainya.

 

Kesimpulan

Pengembangan chatbot merupakan proses yang memakan waktu. Anda harus membuat rencana yang komprehensif, mengujinya secara menyeluruh, dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan.

Banyak bisnis melihat chatbot sebagai investasi yang berharga. Dengan menerapkan chatbot, bisnis dapat secara drastis meningkatkan customer service mereka.