10 Rekomendasi MicroSD Terbaik: Review 2018

Microsd Terbaik
Via bhphotovideo.com

Sesuai dengan namanya, MicroSD merupakan sebuah kartu berbentuk kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Meskipun bentuknya kecil, nyatanya MicroSD sangat bermanfaat.

Namun, tak sedikit orang yang kesulitan memilih MicroSD. Maklum saja, di pasaran ada banyak sekali jenis MicroSD yang beredar. Barangkali hal inilah yang menjadi salah satu alasannya.

Lantas, bagaimana cara memilih MicroSD yang tepat?

Panduan Membeli MicroSD

Agar Anda tidak salah membeli MicroSD yang berujung pada pemubaziran, simak panduan memilih MicroSD berikut ini.

Kompatibilitas

Sangat penting untuk mengecek apakah kartu MicroSD yang hendak dibeli kompatibel dengan gadget yang Anda miliki?

Jangan terkecoh dengan fakta bahwa kartu tersebut masuk ke semua slot, tetapi ketika dicoba, MicroSD tidak berfungsi. Perlu diketahui bahwa ada tiga format kartu yang berbeda, yakni SD, SDHC, dan SDXC.

MicroSD memiliki kapasitas hingga 2GB dan dapat digunakan pada slot MicroSD mana pun. MicroSDHC memiliki kapasitas lebih besar, yakni antara 2 hingga 32GB dan dapat digunakan pada perangkat yang mendukung SDHC dan SDXC.

Sementara kapasitas MicroSDXC lebih dari 32GB hingga TB dan hanya dapat digunakan pada perangkat yang mendukung SDXC saja.

Dukungan MicroSD Pada Perangkat

Anda boleh saja membeli MicroSD dengan kapasitas besar. Namun, kompatibelkah dengan gadget yang Anda miliki? Maka pastikan untuk mengecek dukungan maksimal MicroSD pada perangkat lebih dulu.

Speed Class

Kecepatan MicroSD merupakan salah satu hal yang wajib Anda perhatikan. Tentukan lebih dulu apa yang Anda butuhkan?

Jika Anda ingin kartu yang dapat digunakan untuk menyimpan video, minimal pilih MicroSD dengan tulisan V30. Jika Anda tergolong aktif menggunakan aplikasi multimedia, minimal pilih MicroSD class 10.

Harga

Sesuaikan harga MicroSD yang hendak Anda beli dengan anggaran. Jika ternyata produk yang Anda inginkan melebihi budget, Anda bisa mencari alternatif pengganti yang kurang lebih memiliki spesifikasi sama.

Jika memungkinkan, cari penjual yang menawarkan harga lebih murah atau diskon. Namun, pastikan untuk bertanya tentang keaslian produk lebih dulu.

MicroSD Terbaik Di Indonesia 2018

Dari banyaknya MicroSD yang ada di pasaran, terdapat 10 rekomendasi MicroSD terbaik. Adapun daftarnya, antara lain sebagai berikut.

1. Samsung Evo Plus

Via thessdreview.com

Samsung Evo Plus menawarkan kecepatan baca hingga 100MB/s dan kecepatan baca mencapai 90MB/s. Jika Anda merupakan seorang pengguna smartphone atau tab Samsung maka kartu memori ini sangat tepat untuk Anda beli. Meskipun MicroSD ini pun dapat digunakan pada seluruh ponsel yang kompatibel.

Kartu memori ini menawarkan sweet spon, di mana Anda akan mendaparkan performa yang hebat. Harganya pun cukup terjangkau. Anda bisa menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan Anda, yakni mulai dari 32GB, 64GB, 128GB, dan 256GB.

2. SanDisk Extreme Plus MicroSD

Via conrad.com

SanDisk merupakan salah satu produsen MicroSD yang sudah teruji kualitasnya. Jika Anda membutuhkan memori dengan kapasitas besar dan tahan di berbagai situasi maka SanDisk Extreme Plus menjadi solusi terbaik.

Kinerja MicroSD ini jauh lebih cepat, yakni 100 MB/s untuk kecepatan baca dan 90MB/s untuk kecepatan menulis. MicroSD ini memiliki ketahanan yang baik terhadap guncangan, air, suhu ekstrem, dan sinar X. Hanya ada 3 kapasitas yang disediakan, yakni 32GB, 64GB, dan 128GB.

3. SanDisk Ultra MicroSD

Via sandisk.com

SanDisk Ultra menjadi salah satu kartu memori terbaik yang laris manis di pasaran. MicroSD besutan SanDisk tidak hanya ramah kantong, melainkan juga berkualitas tinggi.

Kartu memori ini memiliki kecepatan baca yang bagus, yakni 95MB/s. Namun, kecepatan tulisnya cukup rendah. Meski begitu, MicroSD ini benar-benar bagus untuk merekam video Full HD.

4. MicroSD Integral

Via telecomshop.nl

MicroSD Integral menawarkan kemudahan untuk membaca dan menyimpan data. Kartu memori ini tidak hanya dapat digunakan pada smartphone, melainkan juga tablet dan Nitendo Switch.

MicroSD ini sangat bagus dalam merekam video HD. Kecepatan baca kartu memori ini mencapai 85MB/s. Kapasitas yang ditawarkan pun besar, yakni 512GB.

5. Kingston MicroSD Action Camera

Via techarp.com

MicroSD besutan Kingston ini dirancang untuk kamera aksi sehingga cocok digunakan pada kamera GoPro atau drone. Kartu ini sanggup untuk merekam dan menyimpan rekaman video dengan kecepatan 70MB/s.

Sementara kecepatan baca, kurang dari 90MB/s. Meski demikian, MicroSD ini merupakan kartu memori terbaik untuk merekam video 4K atau slowmotion. Kingston MicroSD Action Camera tersedia dalam kapasitas 16GB, 32GB, dan 64GB.

6. Verbatim Pro + MicroSD

Via verbatim.com

Kartu MicroSD ini menawarkan kecepatan baca hingga 90MB/s dan kecepatan tulis hingga 80MB/s. Verbatim Pro + MicroSD mendukung perekaman Full HD dan UHD (4K). Harga yang ditawarkan pun terjangkau.

7. Toshiba M203 MicroSD

Toshiba M203 adalah MicroSD terbaik yang tahan air dan guncangan. MicroSD ini tersedia dalam lima kapasitas, mulai dari 16GB hingga 256GB. Dibandingkan dengan merek lainnya, Tosbhiba tergolong murah. Namun, tak perlu khawatir karena kualitasnya sangat baik. Di mana kecepatan maksimal mencapai 100MB/s.

8. Transcend Ultimate 633x MicroSD

Via bhphotovideo.com

MicroSD ini dirancang dengan teknologi MLC yang berdampak pada cepatnya proses pembacaan data, yakni 85.8MB/s dan tulis 82.8MB/s. MicroSD ini merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang membutuhkaan kartu memori berkualitas dengan harga murah. Transcend Ulitimate MicroSD tersedia dalam kapasitas 32GB, 64GB, dan 128GB.

9. Toshiba Exceria Pro

Via amazon.com

MicroSD besutan Toshiba ini dirancang khusus untuk pengguna yang menyukai kegiatan ekstrem, seperti mendaki gunung atau memotret kegiatan olahraga secara langsung.

Pasalnya, kartu memori ini telah lolos uji ketahanan suhu rendah, suhu tinggi, dan di dalam air. Kecepatan yang ditawarkan cukup tinggi, yakni 80MB/s untuk membaca dan 90MB/s untuk menulis. MicroSD Exceria Pro tersedia dalam kapasitas 16GB hingga 64GB.

10. V-Gen Hyper Series

Via elevenia.co.id

Satu lagi MicroSD yang sayang jika dilewatkan, yakni V-Gen Hyper Series. Kartu memori ini sangat cocok digunakan untuk merekam video berkualitas tinggi lantaran dilengkapi fitur 4K Ultra HD.

V-Gen Hyper Series memiliki kecepatan baca hingga 98MB/s dan tulis 90MB/s. MicroSD ini tahan terhadap perubahan suhu, air, guncangan, dan sinar X. Kapasitas yang tersedia mulai dari 16GB hingga 256GB.

Itulah sederet MicroSD terbaik yang dapat dijadikan sebagai referensi. Gunakan tips memilih MicroSD di atas agar tidak salah membeli kartu memori. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *