in

Susah Tidur? Coba 10 Obat Tidur Alami Tanpa Efek Samping Ini!

Obat Tidur Alami
Via drweil.com

Kamu sering kesulitan tidur di malam hari dan akibatnya kamu akan merasa sangat mengantuk di siang harinya. Kurang tidur di malam hari bisa berpengaruh buruk pada tubuh dan jika terus menerus berlangsung tentu kamu akan mudah sakit dan tubuh jadi tidak fit. Seringkali untuk mengatasi masalah susah tidur, seseorang akan mengkonsumsi pil tidur, tapi jika dikonsumsi terus menerus tentu tidak baik. Yuk coba konsumsi 10 obat tidur alami berikut ini kalau kamu punya masalah dengan tidurmu!

1. Susu

Via culturesforhealth.com

Mengkonsumsi air susu hangat sebelum tidur bisa jadi salah satu obat tidur alami yang manjur karena nutrisi adalah salah satu kunci untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Astrid M Bakker-Zierikzeeadan Marcel G Smitsb dari Department of Neurology, Sleep-Wake Disorders and Chronobiology, Hospital De Gelderse Vallei, menyebutkan bahwa susu mengandung kasein dan magnesium yang mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur serta asam amino triptofan yang juga berperan dalam membantu proses tidur seseorang.

Jadi kalau kamu sering susah tidur di malam hari kamu bisa coba minum susu hangat sebelum beranjak tidur.

2. Minyak Lavender

Minyak Lavender juga diklaim sebagai salah satu obat tidur alami yang efektif mengatasi insomnia karena efek relaksasi yang dimilikinya. Sebagaimana yang telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. Memijat tubuh atau kepala dengan minyak lavender atau mandi dengan air hangat yang telah dicampur minyak ini juga akan membuatmu lebih rileks sehingga kamu bisa tidur dengan lebih mudah.

Studi yang dilakukan oleh Dahn dkk pada tahun 2012 menyebutkan jika minyak esensial lavender mengandung senyawa linalyl asetat, linalool, lavandulyl asetat, camphor, 1,8-cineole, polyfenol, anthosianin dan karotenoids yang memiliki efek sedatif atau menenangkan serta efek pereda nyeri dalam tubuh.

3. Teh Kamomil

Kamomil atau chamomile yang sering disebut dengan nama bunga daisy adalah tanaman yang termasuk dalam famili Asteraceae. Teh Kamomil juga diketahui memiliki efek yang baik untuk tubuh dan bisa jadi salah satu obat tidur alami yang manjur.

The yang dibuat dari bunga Kamomil kering juga mengandung flavonoid epigenin yang dapat merangsang rasa kantuk karena kemampuannya sama dengan senyawa benzodiazepin. Hal ini juga telah dibuktikan oleh beberapa penelitian termasuk penelitian Shao Ming-Chan pada bulan oktober 2015 yang melibatkan 80 wanita yang baru melahirkan.

Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi teh kamomil memiliki kuantitas dan kualitas tidur yang lebih baik.

4. Kacang-Kacangan

Ngemil kacang-kacangan yang sehat seperti almond, walnut, edamame dan jenis kacang lainnya bisa jadi pilihan obat tidur alami lainnya yang bisa kamu coba. Kacang mengandung protein dan beberapa senyawa asam amino seperti triptofan yang memicu produksi hormon serotonin atau hormon penenang dalam tubuh.

Kamu bisa mengkonsumsi kacang sebanyak satu genggang sebelum tidur dan pastikan kacang yang kamu makan tidak mengandung banyak kalori dan diolah dengan cara yang benar.

5. Pisang

Via vineverareviews.com

Siapa sangka buah pisang juga bisa jadi obat alami tidur yang baik dikonsumsi. Pisang mengandung berbagai nutrisi yang tak hanya membuat tubuh tetap sehat tetapi juga mampu membantu mengatasi masalah tidur atau insomnia.

Pisang mengandung berbagai senyawa seperti magnesium, serotonin dan melatonin yang merupakan bagian dari sistem regulasi dan hormon dalam tubuh. Selain itu sebuah pisang mengandung 12% potasium harian tubuh yang berperan dalam relaksasi otot.

Kamu bisa mengkonsumsi pisang beberapa jam sebelum tidur untuk mendapatkan manfaatnya. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa mengkonsumsi pisang dengan mengolahnya menjadi smoothies atau menyantapnya dengan oatmeal.

7. Ikan Tuna

Mengkonsumsi makanan kaya protein seperti ikan tuna bisa jadi obat alami tidur bagi seseorang yang punya masalah dengan insomnia. Ikan tuna kaya akan kandungan asam amino triptofan yang dapat memicu produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh.

Itulah sebabnya mengapa kamu mungkin merasa mengantuk setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung tuna seperti sandwich tuna atau hidangan tuna lainnya. Jadi, tak ada salahnya kalau kamu memperbanyak konsumsi makanan kaya protein seperti tuna jika mengalami masalah tidur yang berlarut-larut.

8. Yogurt

Sama seperti susu, yogurt juga baik dikonsumsi sebagai obat tidur alami tanpa efek samping seperti jika mengkonsumsi obat tidur. Selain mengandung asam amino triptofan yang diketahui sebagai zat perangsang rasa kantuk dalam tubuh, yogurt juga mengandung kalsium.

Kalsium yang terkandung dalam yogurt dan produk susu lainnya diketahui dapat mengurangi stress dan membantu menstabilkan fungsi saraf dalam otak sehingga seseorang akan lebih mudah tidur.

Kalau kamu tidak begitu suka minum susu sebelum tidur, kamu bisa coba mengkonsumsi yogurt dingin beberapa jam sebelum tidur. Pastikan kamu memilih produk yogurt yang sehat, tinggi kalsium, dan rendah lemak.

9. Jus Cherry

Jus buah ini mungkin masih asing dan tak biasa dikonsumsi di Indonesia. Meski begitu, jus yang dibuat dari buah cantik berwarna merah berukuran kecil ini dikenal sebagai salah satu obat tidur alami yang mujarab.

Penelitian yang dilakukan oleh Wilfred F Pigein, dkk dari Universitas Rochester dan Universitas Pennsylvania menyebutkan bahwa jus buah cherry yang biasa digunakan untuk mempermanis kue tart bisa merangsang produksi melatonin, hormon kantuk dalam tubuh.

Dengan melibatkan 15 orang dewasa selama 2 minggu, penelitian ini juga menyimpulkan bahwa mereka yang mengkonsumsi jus cherry memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan mampu mengatasi masalah insomnia secara signifikan. Kamu juga bisa coba obat tidur alami yang satu ini lho!

10. Brokoli

Via thespicyapron.com

Apa yang kamu konsumsi saat siang hari juga bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidurmu. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menyebutkan bahwa konsumsi serat yang cukup bisa membuat seseorang tidur lebih baik di malam hari.

Untuk itu mengkonsumsi makanan kaya serat dan vitamin lainnya seperti brokoli juga bisa jadi obat tidur alami yang ampuh atasi insomnia. Selain itu, brokoli juga kaya akan mineral potassium yang dapat membantu proses relaksasi otot setelah melakukan aktivitas seharian.

Itulah beberapa obat tidur alami yang bisa kamu coba. Jangan sepelekan masalah insomnia karena masalah yang satu ini bisa berakibat buruk pada tubuh dan membuat tubuh lebih mudah lelah dan terserang penyakit. Ada baiknya jika kamu juga berkonsultasi dengan dokter apabila masalah sulit tidur atau insomnia tak kunjung teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *