in

10 Olahraga Ini Bisa Menambah Tinggi Badan Kamu Loh!

Olahraga Peninggi Badan
Via myhealthsee.blogspot.com

Olahraga tak hanya baik bagi kesehatan. Selain melalui makanan. salah satu cara meninggikan badan juga dapat dilakukan dengan berolahraga. Selain itu, bagi kamu yang masih remaja, olahraga ini akan meningkatkan hormon pertumbuhanmu, lho. Penasaran apa saja olahraga peninggi badan itu? Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Basket

Via testudotimes.com

Para pemain basket memang terlihat tinggi-tinggi. Hal ini berkat serangkaian latihan mereka yang banyak melakukan gerakan melompat.

Ada serangkaian gerakan untuk meningkatkan lompatan para pemain basket dari ebook berjudul “The Jump Manual”, yang ditulis oleh seorang trainer pemain basket profesional bernama Jacob Hiller. Berikut ini latihan untuk meninggikan badan yang bisa kamu coba:

  • Squat jump, pegang dua barbel di kedua sisi badanmu lalu jongkok sampai lutut sedikit tertekuk dan lompatlah setinggi mungkin.
  • Running Jump, berdiri dengan satu kaki di depan. Jalanlah tuga langkah dengan ritme cepat-lebih cepat-dan sangat cepat. Ketika langkah ketiga melompatlah setinggi mungkin. Ulangi dengan kaki yang berbeda.
  • Depth Jumps, berdirilah di atas bangku dengan tinggi 12 inchi kemudian turunlah dengan badan tegak dan mendarat dua kaki, sesaat setelah mendarat secepatnya kamu harus melompat.

2. Berenang

Via mensjournal.com

Berenang melatih semua otot-otot tubuh sehingga memungkinkan membantu untuk bertambah tinggi. Otot-otot yang dilatih mulai dari otot utama, bahu, punggung, panggul, bokong, hingga ke kaki.

Ini disebabkan karena saat berenang, hormon-hormon pertumbuhan dipicu untuk bekerja lebih. Hal ini menstimulasi tubuh secara natural untuk terus berkembang sehingga bertambah tinggi. Untuk itu, lakukan olahraga peninggi badan ini 3-5 kali dalam seminggu.

3. Bar Hanging

Via gotoptens.com

Bar hanging atau gerakan menggantungkan tangan di vertical bar ini selain meningkatkan daya tahan otot lengan juga sangat efektif sebagai olahraga peninggi badan. Kalau tidak punya vertical bar, cukup gantungkan tanganmu di daun pintu rumahmu. Luruskan kakimu lalu angkat kakimu itu hingga setinggi pinggul. Lakukan secara berulang-ulang.

Gerakan ini sebenarnya berusaha melawan gaya grafitasi bumi yang mengompresi tulang belakang dan sendimu yang membuatmu tampak lebih pendek. Sehingga bila ini dilatih maka tulang belakang dan sendimu dapat memanjang.

4. Cobra Stretch

Via grokker.com

Seperti namanya, olahraga peninggi badan ini menyerupai ular cobra. Di atas matras, biarkan badanmu telungkup lalu tarik ke atas hingga pinggul sampai hampir membentuk huruf L dengan perut bagian bawahmu menyentuh matras. Biarkan kedua tanganmu di sisi-sisinya untuk menopang berat tubuhmu.

Dongakkan kepalamu sehingga posisimu seperti ular cobra. Tahan selama beberapa saat. Posisi seperti ini akan meregangkan otot-ototmu sehingga tidak stres. Ini juga akan mempengaruhi tulang belakang, leher, dan bahumu. Meningkatkan pertumbuhan sel sehingga tampak lebih memanjang.

5. Skipping

Via sg-fitclub.com

Kebiasaan melakukan skipping atau lompat tali ternyata juga bisa mempengaruhi tinggi badanmu. Saat lompat tali, tulangmu akan menopang berat badanmu dimana ini akan memicu pertumbuhan sel-sel tulang yang baru. Nah, makanya lompat tali dapat menjadi olahraga peninggi badan.

Selain itu, ketika berolahraga tubuh memang melepaskan lebih banyak hormon pertumbuhan (HGH) untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan menjadi lebih maksimal. Namun, hormon pertumbuhan ini memuncak saat sedang puber. Jadi baiknya memang dilakukan sejak dini secara teratur.

6. Cycling

Via raftrek.com

Ternyata, bersepeda setiap pagi dapat meningkatkan tinggi badanmu. Bersepeda memang meregangkan otot-otot utama terutama tangan dan kaki. Nah, inilah yang meningkatkan panjang kakimu sehingga tubuhmu bertambah tinggi.

Tak hanya itu, karena otot kakimu menjadi lebih kencang setelah dipakai bersepeda, maka tubuh bagian bawahmu yang ramping ini akan membuatmu tampak lebih tinggi. Kamu bisa sempatkan waktu untuk bersepeda setiap harinya. Atau bisa juga dengan menerapkan bike to work.

7. Sprint

Via mensjournal.com

Lari ternyata tak hanya baik bagi kesehatan jantungmu, tapi juga olahraga peninggi badan. Dengan berlari, maka akan memicu hormon pertumbuhan. Semakin banyak hormon pertumbuhan yang dilepaskan maka akan semakin tinggi tubuhmu. Sedangkan saat berolahraga dimana salah satunya adalah lari, hormon yang dilepaskan akan jauh lebih besar.

Selain itu, kebiasaan buruk yang kamu lakukan seperti membungkuk atau duduk terlalu lama akan menekan tulang belakang. Nah, dengan berlari maka akan memperbaiki tulang belakangmu ini sehingga dapat memanjang.

8. Taekwondo

Via .jeongsintaekwondo.com.au

Taekwondo efektif dalam menurunkan berat badan karena gerakannya menstimulasi tubuh untuk melepaskan kalori. Otot-otot tubuh pun akan mengencang. Badanmu akan tampak ramping. Nah, jika berat tubuhmu ideal maka akan tampak lebih tinggi.

Tak hanya taekwondo saja, jenis bela diri lainnya juga bisa seperti pencak silat. Hal karena dalam olahraga bela diri terdapat gerakan menendang atau high kick. Gerakan inilah yang berpengaruh dalam memanjangkan kakimu.

9. Bridge

Via exercise.com

Olahraga peninggi badan ini melatih fleksor pinggul, punggung bagian bawah dan paha. Latihan ini dapat kamu lakukan di rumah dengan berbaring telentang di atas matras atau karpet. Tekuk lulutmu ke atas sehingga tubuhmu seperti membentuk huruf L. Raihlah kedua pergelangan kaki dengan tanganmu. Setelah itu, angkat badanmu ke atas. Latihan ini akan meregangkan tulang belakangmu sehingga dapat memanjang dan menambah tinggimu.

10. Yoga

Via total-yoga.org

Yoga memiliki serangkaian manfaat. Selain menenangkan pikiran dan dapat menurunkan berat badan, yoga juga dapat meningkatkan tinggimu. Olahraga peninggi badan ini memiliki berbagai gerakan yang dapat melatih otot tubuhmu. Salah satunya adalah gerakan bernama Vriksh Asana.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan berdiri lalu menekuk salah satu kakimu dan biarkan telapak kakimu yang diangkat itu menyentuh paha. Angkat kedua tanganmu ke atas kepala dan satukan kedua telapak tanganmu itu. Biarkan kakimu menumpu berat tubuhmu. Lakukan hal ini dengan kaki yang berbeda.

Itu tadi sepuluh olahraga dan gerakan yang bisa dapat menambah tinggi badan dan mudah lakukan. Selain harus teratur dalam melakukannya, asupan nutrisi sangat mempengaruhi tinggi badanmu. Jadi jangan lupa untuk makan-makanan yang bergizi tinggi ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *