in

10 OST Anime Terbaik, Easy Listening Banget!

Ost Anime Terbaik
Via warosu.org

Tidak mudah menjawab pertanyaan original soundtrack anime terbaik sepanjang masa karena tentu setiap orang punya preferensi yang berbeda-beda. Bisa jadi satu OST anime menjadi yang paling mengena di hati karena kamu suka dengan alur ceritanya. Atau di sisi lain, kamu justru suka dengan sebuah OST meski tidak menobatkan animenya sebagai anime terbaik.

Supaya adil, OhGitu telah merangkum 10 OST anime terbaik sepanjang masa yang begitu enak didengar. Rekomendasi ini disusun berdasarkan popularitas setiap OST. Apalagi, soundtrack sebuah anime punya peran penting dalam membangun mood dari cerita anime yang ditonton.

Apa saja 10 OST anime terbaik sepanjang masa versi OhGitu? Yuk simak daftarnya berikut ini:

1. Tank – Yoko Kanno

Lagu yang satu ini tentu sangat layak masuk dalam daftar OST anime terbaik yang enak didengar. Dengan lirik “OK, 3-2-1, let’s jam!” yang ikonik di bagian pembuka, rasa-rasanya anime sulit dilepaskan dari OST yang satu ini.

Lagu ini juga sama-sama sukses seperti halnya Cowboy Bebop. Nama musisi sekaligus komposernya, Yoko Kanno pun begitu dikenal ke penjuru dunia, bahkan hingga dua dekade setelah dirilis.

2. Ride on Shooting Star – The Pillows

The Pillows memang memproduksi beberapa lagu soundtrack untuk FLCL, namun lagu yang berjudul Ride on Shooting Star adalah yang paling populer dan enak didengar, bahkan hingga kini. Bisa dibilang hampir semua penggemar anime suka dengan lagu yang satu ini.

Bahkan berkat karyanya yang ikonik ini, The Pillows punya basis penggemar sendiri yang selalu menanti karya baru mereka dirilis. Animenya pun, Fooly Cooly, juga menjadi salah satu anime populer sepanjang masa.

3. The World – Nightmare

Tahun 2006 menjadi saksi jayanya lagu original soundtrack dari Death Note yang berjudul The World. Sejak dirilis memulai debut episode pertama hingga episode 19, lagu dari Nightmare ini menjadi yang paling dikenal.

Bahkan saking identiknya, mendengarkan nada dari The World saja sudah langsung terbayang akan Death Note dan ceritanya yang membius.

4. We Are! – Hiroshi Kitadani

Buat penggemar One Piece, tentu lagu soundtrack anime yang satu ini sudah tak asing lagi. Bahkan kreator One Piece sendiri begitu suka dengan karya mereka dan beberapa kali melakukan aransemen ulang. Yang paling membekas bisa jadi saat seluruh cast menyanyikan bersama lagu We Are!

Tidak hanya tim yang berada di balik One Piece saja, penggemarnya di seluruh dunia juga jatuh cinta dengan lagu yang satu ini. Bagian chorus-nya sulit untuk tidak membuat kamu tidak ikut bersenandung!

5. Rewrite – Asian Kung Fu Generation

Siapa yang setuju bahwa seluruh original soundtrack dari Full Metal Alchemist enak didengar dan sangat membekas? Tapi jika diminta memilih yang terbaik, maka Rewrite layak jadi pilihan. Lagu dari Asian Kung Fu Generation ini dirilis sebagai sequence pembuka keempat dan kelima.

Tak heran jika lagu ini selalu menjadi juara dalam chart unggulan dan masuk dalam salah satu lagu di buku “1001 Songs You Must Hear Before You Die” yang membuatnya memiliki tempat spesial di hati pecinta anime.

6. Tonari no Totoro (The Ending Song) – Azumi Inoue

Rasa hangat saat menonton My Neighbor Totoro salah satunya juga berkat lagu “Tonari no Totoro” yang berarti The Ending Song. Liriknya sangat mudah dinyanyikan “To-to-to To-tor-ro!” menjadi penutup yang manis bagi anime yang satu ini.

Tak heran jika lagu dari penyanyi asal Jepang bernama Azumi Inoue ini kerap dinyanyikan anak-anak di penjuru dunia. Bahkan banyak dari mereka yang sudah hafal di luar kepala!

7. Akira – Shoji Yamashiro

Dua menit pertama pembuka scene Akira adalah saat karya masterpiece dari Shoji Yamashiro terdengar dan diakui sebagai salah satu OST anime terbaik sepanjang masa. Aransemen nadanya begitu sempurna membangun adrenalin bagi mereka yang menonton.

Saking populernya, lagu yang satu ini sudah berulang kali diaransemen ulang, disunting, dibuat versi visual dengan komposisi berbeda, hingga kreasi lainnya yang tak mengenal batas. Lewat musik dari Shoji ini, rasanya Akira tak perlu lagi banyak perkenalan karena original soundtrack-nya saja sudah begitu mengena.

8. Sakura Saku – Ritsuko Okazaki

Sulit untuk mengesampingkan anime tanpa mengingat lagu original soundtrack dari Love Hina ini. Berjudul Sakura Saku, musik yang satu ini layak masuk sebagai OST anime terbaik dengan nada upbeat dan melodi yang menyenangkan.

Hingga kini, lirik dan nadanya masih tetap everlasting dan menggugah mood siapapun yang mendengarkan. Ritsuko penyanyi sekaligus penulis lirik populer asal Jepang ini memang tak main-main saat menelurkan sebuah karya. Apakah kamu suka lagu ini? Atau jangan-jangan, kamu ingin berjoget saat mendengar musik yang satu ini?

9. Kokaku Kidotai – Kenji Kawai

Apakah kamu pecinta anime sejak tahun 90an? Jika jawabannya iya, maka lagu pembuka dari Ghost in the Shell ini pasti pernah membuat bulu kudukmu merinding! Bahkan sampai hampir tiga dekade kemudian!

Lagu Kokaku Kidotai terinspirasi dari lagu tradisional Jepang yang membawa kesan menghantui. Tak heran jika OST anime terbaik ini menjadi momentum dikenalnya lagu “mencekam” sepanjang sejarah anime.

10. History Maker – Dean Fujioka

Begitu OST anime terbaik berjudul History Maker diperdengarkan ke telinga para pecinta anime, saat itulah mereka jatuh cinta. Ini adalah bagian dari kesuksesan anime Yuri on Ice tahun 2016 lalu.

Lagu ini serasa mengajak penonton ikut bangkit melihat bagaimana perjuangan Yuri Katsuki memenangkan turnamen ice skating dunia. Dean Fujioka meramu dengan elegan motivasi Yuri Katsuki dan berhasil menggugah mereka yang menonton.

Sudah adakah lagu-lagu di atas dalam playlist favorit kalian? Jika belum, tak ada salahnya coba mendengarkan. Jangan lupa tuliskan di kolom komentar ya, OST anime terbaik versi kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *