in

Pacarmu Introvert? Ini ­­Cara Tunjukin Kamu Peduli Dengannya

Via health.com

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert sering salah diartikan sebagai seorang yang pemalu, dan penyendiri atau tak suka bergaul. Kamu juga heran bila terkadang pacarmu yang introvert lebih memilih menghabiskan waktunya seorang diri dengan membaca buku, atau mendengarkan musik.

Padahal kenyataannya, mereka memang sangat menikmati hal itu. Sementara bertemu dengan banyak orang akan menguras energi mereka.

Hal ini pun menimbulkan konflik karena kamu yang seorang ekstrovert mendapatkan energimu dari bertemu banyak orang. Kalian pun sering berselisih paham akibat perbedaan tadi dan bingung harus bagaimana untuk menghadapinya.

Tapi tenang saja, sebenarnya menghadapi pacar yang introvert itu nggak sulit, kok. Lakukan saja 12 cara berikut ini. Ia pun akan menyadari kalau kamu peduli padanya.

1. Hargai Privasinya, Jangan Diam-Diam Kepoin Handphone-nya

Via medium.com

Kalian memang sedang berhubungan dimana kedua belah pihak harus saling terbuka satu sama lain. Tapi tentunya tak semua hal harus diceritakan. Bagi introvert, privasi ini hal yang penting. Kalau dia ingin kamu tahu, suatu saat nanti pasti akan menceritakan padamu.

Jadi jangan mengejarnya dengan banyak pertanyaan dan memaksa untuk bercerita kalau dia belum siap. Apalagi sampai kepo buka-buka handphonenya tanpa izin. Tahan dulu rasa penasaranmu kalau nggak pengen si dia jadi illfeel.

2. Jangan Banyak Basa-Basi

Via irreverentgent.com

Bila ekstrovert sangat menyukai small talk dan bisa menghabiskan banyak waktu dengan berbasa-basi bersama teman-temannya. Tentu tidak dengan introvert. Mereka lebih suka berbicara hal-hal yang penting dan memiliki makna. Apalagi sama pasangannya.

Ini adalah pertanda ia ingin mengenalmu lebih dalam. Jadi perlakukanlah ia dengan hal yang sama dan jangan banyak berbasa-basi. Ini akan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan kehidupan pacarmu.

3. Kasih Si Dia Waktu Yang Cukup Untuk Berpikir

Via huzlers.com

Untuk menjawab sebuah pertanyaan yang baginya penting, ia butuh waktu lama untuk memikirkannya. Jangan sesekali memaksanya untuk langsung menjawab saat itu juga.

Introvert bukan orang yang spontan sepertimu. Mereka mempertimbangkan segalanya matang-matang sebelum akhirnya memutuskan sesuatu karena ia tak ingin salah langkah. Berilah kesempatan ini padanya, maka ia akan sangat menghargai perilakumu itu.

4. Beri Mereka Ruang Sendiri. Ketemuannya Jangan Kayak Minum Obat, Tiga Kali Sehari!

Via shelearnsthings.com

Ingat lagunya Tulus yang judulnya Ruang Sendiri. Nah, begitulah kiranya yang pacarmu butuhkan. Jangan pagi, siang, sore sampai malam sama dia terus dan seperti ini setiap hari.

Kamu mungkin senang-senang saja, tapi tidak dengannya yang butuh ruang sendiri untuk mengembalikan energinya agar fresh kembali ketika bertemu denganmu. Tentunya, kalian juga punya urusan masing-masing yang perlu diselesaikan, kan?

5. Buat Mereka Menerima Jati Dirinya, Jangan Mengubahnya Jadi Sepertimu!

Via byrslf.co

Dalam dunia yang memaksa untuk terus bersosialisasi, public speaking dan melakukan aktivitas secara berkelompok, seolah-olah memang diciptakan untuk orang yang ekstrovert.

Orang introvert pun dipandang berbeda dan dipaksa untuk menjadi lebih ekstrovert. Alih-alih membuat pacarmu menjadi sepertimu, sebaiknya buatlah ia menerima jati dirinya. Ini pertanda kamu benar-benar peduli padanya.

6. Jadilah Pendengar Yang Baik

Via premiermatch.com

Karena mereka merupakan pendengar yang baik yang siap mendengarkan segala keluh kesahmu, bukan berarti dia tak ingin didengar. Dia juga punya pendapat yang ingin disampaikan. Berilah pacarmu itu kesempatan berbicara dan simak baik-baik apa yang dikatakannya.

Fokuslah pada masalah yang dia hadapi. Jangan sesekali memotong pembicaraan dengan menceritakan kisahmu kalau ia belum selesai bercerita. Dengan begitu, mereka akan menyadari bahwa kamu peduli padanya.

7. Jangan Sesekali Mengecilkan Mereka Di Depan Teman-Temannya

Via dramabeans.com

Kritik yang membangun memang perlu. Tapi jangan lakukan ini di depan teman-temannya. Lagian, siapa sih yang suka diginiin sama pacar sendiri pula? Namun terkadang di tengah-tengah obrolan, sikapmu yang spontan suka keceplosan mengeluhkan hal-hal buruk yang ia lakukan.

Niatnya sih bercanda, tapi si dia bisa menangkapnya berbeda. Seperti kamu sedang mengungkapkan dirinya dimana ia hanya ingin kamu yang tahu perilaku buruknya. Sebaiknya kalau ingin mengkritik ya bilang saja langsung ketika kalian hanya sedang berdua.

8. Tidak Memaksa Introvert Untuk Mengungkapkan Perasaannya Di Hadapan Publik

Cara Melupakan Seseorang
Via rd.com

Ketika sedang berlibur bersama teman-teman dari kalian, sering ada momen dimana setiap orang harus bergantian bicara. Jangan sesekali memaksa pacarmu itu untuk bicara kalau tanpa keinginannya. Bukan karena pacarmu pemalu, tapi ia tak suka menjadi pusat perhatian. Apalagi sampai semua mata tertuju padanya. Bisa-bisa seharian dia bakal ngambek padamu.

9. Tak Mendesak Untuk Telepon. Mending Chat Saja

Via youtube.com

Jika ditelepon, gaya bicara jadi canggung atau awkward. Makanya, ia lebih memilih untuk chatting atau bertemu langsung dibandingkan telepon. Kecuali ada hal-hal yang urgen banget, jangan paksa pacarmu itu untuk menelepon. Menelepon juga tak memberi kesempatan baginya untuk memikirkan balasan yang tepat dan penuh pemikiran. Nggak kayak balas chat yang bisa ditinggal mikir dulu mau balas apa.

10. Jangan Memaksa Mereka Nongkrong Di Tempat-tempat Ramai

Via prsuit.com

Nongkrong di tempat ramai hanya akan membuat mereka cepat kehabisan energi. Apalagi datang acara konser atau pesta yang mengharuskan kalian berada di tengah-tengah orang banyak. Bukan karena ia tak suka bersosialisasi atau orang yang anti sosial, tapi energinya akan cepat terkuras. Kesibukannya di kampus atau kantor tentu sudah sangat padat.

Untuk itu, sebaiknya jangan memaksa dan janjian dulu beberapa hari sebelumnya agar ia dapat menyesuaikan jadwalnya. Atau untuk liburan pilih saja tempat-tempat yang tenang dan sepi seperti pantai, gunung, taman dan lain sebagainya sambil quality time berdua atau membaca buku favorit kalian.

11. Biarkan Segalanya Berjalan Perlahan Dan Tidak Terburu-buru

Via health.com

Melakukan segala hal terburu-buru memang tak baik karena kehidupan ini nggak bisa di-undo selayaknya komputer. Seperti itulah yang ada dalam pikiran orang-orang introvert, mereka butuh waktu untuk mempertimbangkan dampaknya dalam jangka panjang.

Makanya, mereka lebih suka konsep slow living dimana menjalani hidup dengan perlahan tanpa harus mengikuti tren. Kalau misal kalian baru saja pacaran, ya jangan langsung ajak dia nikah. Bisa-bisa perlahan ia kabur darimu.

12. Nggak Mengumbar Masalah Ke Muka Publik

Via manningwindows.com

Bagi pacarmu yang introvert, hubungan kalian adalah sebuah privasi. Ia tak suka mengumbar-ngumbarnya ke muka umum. Apalagi kalau pertengkaran kalian dibawa-bawa sampai media sosial. Orang-orang di seluruh dunia pun akan mengetahuinya, teman kalian bisa saja menginterupsi dan ikut campur.

Ia ingin itu hanya ruang bagi kalian berdua saja tanpa ada interupsi orang lain. Baginya masalah kalian bukan konsumsi publik. Di samping itu, ia memang nggak suka jadi pusat perhatian.

Nah, 12 hal tadi nggak hanya menunjukkan kepedulianmu terhadap pasangan, tapi juga membuat hubunganmu semakin langgeng. Kamu pun semakin memahami mengapa ia bersikap berbeda denganmu. Saling memahami ini memang jadi kunci suksesnya hubungan.

Siapa coba yang mau punya pacar yang ga peduli dan ga memahamimu? Sepertinya tidak ada. Kalau kamu punya cara lain yang terbukti sukses untuk menunjukkan kepedulianmu pada sang pacar, tinggalkan komentar di bawah ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *