Via trimarkproperties.com

Pertama Kali Cari Apartemen? Simak Dulu 10 Hal Penting Ini

Beranjak dewasa, mulai mandiri, dan mendambakan tempat tinggal sendiri? Tempat kos rasanya kurang memberikan privacy, dan ingin menjajal pengalaman baru dengan tinggal di sebuah apartemen, sounds tempting?

Belum lagi deretan foto-foto di Pinterest tentang dekorasi interior apartemen yang menarik dan membuat kamu ingin punya sendiri! Apartemen juga punya kelebihan karena aksesnya mudah dan semua kebutuhan tersedia mulai dari makanan hingga arena olahraga.

Tapi, buat kamu yang baru pertama kali mencari apartemen, ada hal-hal yang perlu diperhatikan! Tahan dulu euforianya, lalu simak 10 hal penting ini sebelum memutuskan tinggal di apartemen:

1. Lokasi

Via southeastinternational.com

Nah, ini hal terpenting dan paling utama dalam mencari apartemen, bahkan berlaku dalam mencari tempat tinggal apapun. Ketahui dulu, di mana kamu akan tinggal? Mencari lingkungan yang tenang tapi jauh dari tempat kerja atau sekolah?

Atau sebaliknya, mencari yang aksesnya dekat dengan kampus atau kantor sehingga menghemat waktu tempuh dan ongkos? Setelah tahu lokasi, pertimbangkan lingkungan sekitar dan akses transportasinya.

2. Akses Transportasi

Seperti halnya lokasi, akses untuk mencapai apartemen juga penting untuk dipertimbangkan. Pastikan mudah untuk mencapainya dengan transportasi publik, terutama saat kamu terpaksa pulang ke apartemen di jam-jam yang lewat dari waktu operasional.

Selain itu, pastikan kamu juga mempertimbangkan kemacetan dari dan ke apartemen ya! Jangan sampai setiap hari harus berkutat dengan kemacetan demi tiba di apartemen.

3. Arsitektur

Tak kalah penting adalah mengetahui bagaimana arsitektur tata letak atau layout dari apartemen yang akan kamu tinggali. Pastikan luasnya masuk akal untuk kamu dan semua barang yang kamu miliki.

Semua ini harus dilihat langsung dengan cara survei, jangan hanya melihat di foto ya! Pertimbangkan juga adakah tempat untuk menyimpan barang yang tidak terpakai?

4. Biaya

Pertimbangan yang tak kalah penting adalah berapa biaya sewa yang diperlukan. Berbeda dengan landed house atau kos, ada biaya seperti maintenance, air, hingga listrik yang harus dibayar dalam periode tertentu.

Belum lagi biaya bulanan, pastikan sesuai dengan budget kamu ya! Jangan sampai tanggal tenggat pembayaran setiap bulannya jadi momok untukmu.

5. Fasilitas

Via leisureopportunities.co.uk

Hal ini juga penting terutama jika kamu akan tinggal di apartemen dengan durasi yang lama. Perhatikan apa saja fasilitasnya, mulai dari area parkir, lapangan olahraga, kolam renang, tempat pembuangan sampah, dan banyak lagi.

Sebagian besar apartemen memiliki banyak fasilitas termasuk gym, namun lagi-lagi, pastikan kamu sudah melakukan survei secara langsung untuk melihatnya.

Ketika survei harga, pastikan juga fasilitas-fasilitas ini gratis atau masih mengharuskan kamu merogoh kocek lagi untuk mengaksesnya. Pada dasarnya saat akan menyepakati kontrak dengan pihak apartemen, pastikan seluruh biaya transparan dan tidak ada tambahan yang baru diketahui belakangan.

6. Teman Sekamar

Jika tinggal sendiri, hal ini mungkin bukan pertimbangan utama. Namun jika tinggal bersama orang lain, hidup bersama selama berbulan-bulan? Pastikan calon teman sekamar adalah orang yang kamu kenal betul.

Antisipasi juga perbedaan kebiasaan yang bisa memicu konflik. Tapi di balik itu, punya teman sekamar bisa membantu meringankan biaya sewa dan jadi teman kala kesepian!

7. Peliharaan?

Punya peliharaan dan ingin mengajaknya juga untuk menjajal kehidupan di apartemen? Pastikan dulu pengelola apartemen mengizinkan hal itu. Kadangkala ada yang melarang penghuni untuk membawa binatang peliharaan.

Selain itu, pastikan binatang kamu akan merasa nyaman saat berada di apartemen. Apalagi jika mereka harus tinggal seharian di dalam ruangan tertutup, jangan sampai jadi jenuh dan memicu stres ya!

8. Pengelola

Tidak jarang terjadi konflik antara pengelola apartemen dengan para penghuninya. Pastikan bahwa kamu telah bertemu langsung dengan pihak pengelola dan mengetahui track record selama ini.

Bukan tidak mungkin ada saja masalah yang mungkin timbul selama kamu tinggal di apartemen, dan tentu pengelola yang harus menjadi pihak yang melakukan mediasi.

9. Riset

Tidak hanya membaca brosur atau melihat iklan saja, riset yang lebih mendalam juga perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk pindah ke apartemen. Internet has everything. Riset bagaimana pengalaman atau review orang-orang yang pernah tinggal di apartemen tersebut.

Ketahui juga apakah pernah terjadi masalah dengan lingkungan sekitar atau kendala teknis seperti air, kerusakan, dan lainnya. Satu lagi yang tak kalah penting, pastikan apartemen kamu tidak pernah terkait dengan masalah kriminal atau kejadian mengerikan lain.

10. Keamanan

Via pemco.com

Sebaiknya pikir dua kali jika apartemen yang akan kamu sewa terkenal sebagai tempat terjadinya kriminal atau banyak kasus yang terjadi di area apartemen. Hal ini berarti keamanannya longgar atau bahkan cenderung diabaikan.

Perhatikan pula apakah keamanan siaga selama 24 jam? Apakah mereka memiliki nomor call center untuk dihubungi ketika terjadi hal di luar dugaan?

Hal ini juga berlaku untuk keamanan kamar dan tower yang kamu tinggali. Pastikan mereka punya prosedur evakuasi yang jelas dan berfungsi dengan baik.

Jika 10 indikator ini telah ter-check list, maka saatnya mengepak barang-barang dan mulai tinggal di apartemen! Pengalaman baru untuk hidup mandiri dan belajar bertanggung jawab dengan pilihan pasti akan jadi suatu hal yang tidak terlupakan.

Ada tambahan hal lain yang menurut kamu tidak kalah penting untuk diketahui? Tuliskan di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *