Via hostelworld.com

Punya Travel Instagram? Simak 10 Jurus Jitu Mengembangkannya!

Sekarang adalah era-nya Instagram, bukan? Apa saja bisa ditemukan di Instagram, mulai dari menjaga pertemanan lama dan membuka jaringan baru, mengikuti kehidupan sosok yang inspiratif, hingga mencari informasi!

Nah, artikel kali ini akan fokus membahas tentang yang terakhir: yaitu platform Instagram sebagai tempat mencari informasi. Bahkan mungkin beberapa dari kamu punya yang namanya akun Instagram tentang traveling? Bukan tidak mungkin. Permintaan akan konten traveling di Instagram sangat tinggi.

Namun sudahkah akun kamu jadi yang informatif dengan engagement dan follower yang tinggi? Jika belum, coba simak 10 jurus jitu mengembangkannya supaya akun Instagram kamu makin populer dan terkenal berikut ini:

1. Tema Yang Spesifik

Via owlmetrics.com

Dalam dunia konten, istilah untuk tema yang spesifik adalah niche. Semakin kamu konsisten dengan sebuah niche, maka identitas dari akun kamu akan kian jelas. Orang pun dengan mudah bisa tahu apa yang mereka butuhkan.

Misalnya khusus untuk daerah tertentu di Indonesia, tentu bisa. Selain itu kamu juga bisa memposisikan diri sebagai akun Instagram yang membahas tentang traveling secara umum atau gaya traveling tertentu.

2. Buat Feed Menarik

Via songbirdechoes.com

Ada begitu banyak Instagram dengan konten traveling bertebaran di linimasa, bukan? Tentu untuk membuatmu menarik perhatian, harus ada feed yang menarik. Jaga kualitas foto, kohesivitas tema, bahkan tone warna sehingga tetap menarik orang untuk mengikuti.

3. Caption Yang Komunikatif

Via travelandleisure.com

Membuat caption sebuah konten di Instagram memang tricky dan kadang menuntut kreativitas lebih. Bagi yang memiliki Instagram dengan konten traveling, tentu penting untuk membuat caption yang bisa membuat orang betah membacanya.

Selain itu, tak kalah penting untuk membuat caption yang komunikatif untuk mengajak follower mau berkomentar dan terus berinteraksi. Semakin tinggi tingkat engagement, akan semakin baik.

4. Gunakan Hashtag

Via schedugr.am

Jangan ragu untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan konten unggahan kamu. Tentu jangan berlebihan dalam menggunakan hashtag ya agar tidak mengganggu mereka yang membaca.

Sah-sah saja untuk membuat hashtag yang khas sebagai signature dari akun kamu. Be creative!

5. Adakan Giveaway

Via youtube.com

Siapa yang tidak suka hadiah gratis? Sering mengadakan giveaway dengan pertanyaan menarik atau meminta follower untuk mempromosikan akun kamu secara smooth adalah cara untuk menambah eksistensi kamu.

Hadiahnya pun bisa beragam, dan semakin menarik jika terkait dengan dunia traveling. Contohnya promo tiket atau wifi portable, hingga souvenir dari negara-negara di dunia.

6. Manjakan Followers

Via goayc.org

Jangan hanya menjadi konten yang berkomunikasi satu arah dengan pengikut. Manjakan mereka dengan ciri khas yang membuat kamu ditunggu-tunggu, seperti storytelling yang menarik atau informasi yang belum tentu mereka temukan di akun traveling lainnya.

7. Gunakan Fitur Instagram Story

Via adweek.com

Jangan hanya gunakan satu fitur, tapi gunakan semua yang ditawarkan Instagram. Misalnya Instagram Story, sebagai wadah kamu untuk berkomunikasi dan bercerita dengan followers. Ada banyak fitur seperti polling, question, hingga GIF yang bisa kamu gunakan.

8. Live Instagram? Seru Juga!

Via instagram-press.com

Selain itu, live di Instagram juga menarik untuk dijajal. Pastikan kamu memilih jam tayang live Instagram yang tepat sehingga banyak orang yang sempat meluangkan waktunya untuk menonton. Semakin seru jika kamu mengajak ahlinya seperti travel blogger untuk chit-chat bersama yang dinamis.

9. Instagram TV

Via kerwinrae.com

Fitur terbaru dari Instagram yaitu IGTV juga sayang untuk dilewatkan. Berbeda dengan Instagram Story yang hanya memberi space sekitar 14 detik, kamu bisa mengunggah konten video hingga satu jam di sini.

Dengan bentuk yang vertikal, kamu bisa menyuguhkan video yang menarik dengan durasi yang tidak terbatas. Tapi ingat, tetap suguhkan konten yang menarik dan tidak bertele-tele ya!

10. Don’t Overthink!

Via idownloadblog.com

Pada akhirnya, berbagi di platform Instagram adalah hal yang menyenangkan. Pasti ada saja hal menarik yang bisa kamu dapatkan dan dinamis. Jangan terbebani membuat konten menarik yang justru membuat kamu ragu mengunggah.

Tetap unggah secara konsisten, karena itu adalah kuncinya. Jangan terlalu banyak berpikir dan enjoy the process. Jika masih awal dan ragu, itu sangat wajar. Terus mencoba dan gunakan kreativitas kamu agar semakin menemukan identitas dari Instagram traveling kamu.

Dengan 10 jurus jitu mengembangkan akun Instagram travel di atas, dijamin kamu akan menjadi salah satu akun yang menjadi acuan banyak orang saat mereka ingin berlibur ke daerah tertentu. Jangan lupa jalin kontak dengan platform akun lain yang bergerak di bidang yang sama.

Semakin menarik konten kamu, orang akan dengan sendirinya datang dan memutuskan untuk follow bahkan double-tap konten dalam akunmu. Semakin informatif, tentu keberadaan akun kamu akan kian menarik bukan? Ditambah lagi dengan eksistensi yang terus menanjak, maka monetisasi akun Instagram pun bukan tidak mungkin kian berkembang.

Kamu punya saran lain yang layak dicoba? Bagikan di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *