Sibuk? 6 Latihan Fisik Sederhana Ini Bisa Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Via revolutionchiro.co.nz

Enggak semua orang bisa pergi gym tiap hari untuk latihan fisik. Faktanya, kondisi masyarakat urban saat ini kerap disibukkan oleh pekerjaan. Aktivitas ngantor dari pagi sampai sore atau bahkan sampai malam sudah cukup bikin badan jadi pegal-pegal. Sehingga untuk olahraga ke gym pun rasanya malas karena terlalu capek.

Tentunya kebiasaan tersebut kurang baik, sebab terlalu lama duduk dan kurangnya aktivitas fisik bisa memicu beragam masalah kesehatan. Sebaliknya manfaat olahraga sangatlah banyak, maka itu Anda wajib memprioritaskannya!

Adapun cara untuk menjaga tubuh tetap bugar, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) Amerika Serikat merekomendasikan untuk melakukan olahraga ringan-sedang sekitar 150 menit perminggu, 75 menit untuk latihan berat, dan latihan otot 2 hari perminggunya.

Jika Anda merasa panduan latihan tersebut terlalu sulit sebab jadwal yang terlalu padat, tak perlu bingung! Anda tidak harus melakukan semuanya sekaligus kok! Cukup memulai secara perlahan saja, dan pilihlah jenis latihan yang sederhana dan hemat waktu.

Seperti yang diajarkan oleh pelatih kesehatan profesional ini, Kelly Morgan, Ph.D, Dia membagikan tutorial olahraga yang efektif bagi orang-orang yang super sibuk. Diantaranya seperti dibawah ini!

1. Dimulai Dari Yang Paling Sederhana, Naik-Turun Tangga

Via revolutionchiro.co.nz

Sebenarnya untuk menjaga kesehatan tubuh itu nggak sulit, loh! Anda cukup aktif bergerak. Adapun bagi Anda yang tiap hari ngantor, coba deh sesekali beristirahatlah dari meja komputermu, lalu lakukan aktivitas naik turun tangga paling tidak selama 5-10 menit.

Jangan selalu memanjakan diri dengan naik eskalator ataupun lift. Memang kedua fasilitas tersebut bisa mempermudah dan bikin gak capek, tapi efeknya Anda malah makin malas.

Aktivitas naik-turun tangga merupakan jenis olahraga kardio yang bisa menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan kadar gula. Sebuah penelitian di Oregon State University bahkan mengungkapkan bahwa manfaat dari naik-turun tangga lebih besar dibandingkan fitness.

2. Lakukan Plank! Solusi Tepat Untuk Rileksasi Otat & Mengurangi Perut Buncit

Plank merupakan latihan kardio yang dikenal bisa membantu memperbaiki postur tubuh, khususnya pada bagian perut. Biasanya orang melakukan plank untuk membentuk perut yang sixpack. Selain dari itu, plank juga efektif dalam membakar kalori tubuh, melatih otot-otot inti, punggung, bokong, bahu dan lengan atas.

Gerakan plank sendiri tergolong cukup simpel. Meski pada awalnya Anda mungkin merasakan kesulitan, tapi lama-kelamaan Anda pasti akan terbiasa. Anda bisa mempelajari bermacam-macam gerakan plank dari youtube.

3. Burpees, Resep Untuk Menjaga Kebugaran Tubuh

Pernah mendengar tentang olahraga Burpees? Olahraga satu ini memang tidak sulit tapi terbilang cukup melelahkan, terutama bila dilakukan pemula. Pasalnya, Burpees melibatkan semua otot secara bersamaan. Mulai dari otot tubuh, tangan serta kaki. Selain itu, Burpees juga termasuk olahraga kardio yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh.

Kelly Morgan menyarankan agar mengombinasikan gerakan Burpees dengan push-up dan lompatan-lompatan kecil. Anda bisa menyontek tutorial lengkapnya di Youtube. Apabila nantinya Anda merasa capek saat berlatih, maka segera beristirahatlah. Lakukan saja sesuai kemampuan. Jangan dipaksakan, tapi jadikanlah olahraga sebagai hiburan. Dengan begitu, Anda bisa enjoy saat melakukannya.

4. Latihan Tabata

Tabata juga termasuk latihan kardio yang cocok dijadikan daily workout bagi orang-orang super sibuk. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah. Untuk gerakannya sendiri cukup bervariasi. Anda bisa melakukan plank, burpees, jumping rope, push up, squat jump, atau lainnya.

Pada intinya Tabata adalah latihan berintensitas tinggi, dimana Anda harus melakukan gerakan dengan interval 20 detik, kemudian istirahat selama 10 detik.

Semisal nih, Anda squat selama 20 detik, lalu istirahatlah 10 detik. Lakukan plank 20 detik dan beritirahat lagi 10 detik. Begitu seterusnya hingga 3 kali pengulangan. Jangan lupa di awal memulai lakukan pemanasan dulu (semisal stretching atau jogging) selama 4 menit dan akhiri juga dengan pendinginan.

Latihan Tabata ini baiknya dilakukan 3-4 kali dalam seminggu. Adapun gunanya, yakni membantu diet dengan cara mengoptimalkan pembakaran lemak di tubuh sekaligus melancarkan proses metabolisme.

5. Squat

Squat merupakan latihan sederhana yang bisa dilakukan dimana saja, termasuk di kantor. Latihan ini juga tidak memerlukan alat apapun. Untuk gerakan dasarnya:

  • Pertama, Anda hanya perlu berdiri dan membuka kaki selebar bahu
  • Kemudian ambil posisi setengah jongkok, caranya turunkan tubuh secara perlahan, termasuk bagian lutut dan bokong.
  • Diam sejenak, lalu kembalilah ke posisi awal.
  • Ulangi setidaknya 10 kali repitisi.

Latihan squat ini dapat membantu pembakaran kalori tubuh, khususnya pada bagian betis dan paha. Di samping itu juga melatih otot perut, meningkatkan metabolisme, menjaga kekuatan otot bagian tubuh bawah serta melatih keseimbangan. Anda bisa melakukan latihan ini paling tidak 15 menit sehari.

6. Jogging

Via cardiotrek.ca

Jogging adalah pilihan tepat untuk Anda yang memiliki jadwal padat di setiap hari dan nggak sempat nge gym. Anda bisa melakukan jogging di pagi hari, sekitar jam 05.00 ketika udara masih terasa segar. Dijamin Anda akan merasa lebih fresh dan bugar.

Jogging juga efektif untuk membakar lemak di tubuh, menjaga kesehatan organ jantung, mengurangi risiko jantung, hipertensi, alzheimer, dan juga kanker.

Anda tidak perlu melakukan jogging terlalu lama. Rentan waktu yang disarankan oleh pakar kesehatan adalah 15-20 menit. Apabila berlebihan justru meningkatkan risiko cedera. Jadi berolahragalah secukupnya, sesuai kemampuan.

Nah Guys itulah beberapa latihan yang cocok dilakukan oleh orang sibuk. Selain mudah dan nggak ribet, latihan-latihan di atas juga hemat waktu. Jadi kapan Anda akan mulai mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *