Suka Drama Korea Saeguk? Ini 5 Pelajaran Hidup Yang Bisa Kamu Ambil

Via forums.soompi.com

Bagi penggemar drama Korea, kamu tentu tak ingin melewatkan aksi aktor atau aktris pujaanmu. Salah satunya dalam drama berlatar belakang sejarah atau yang biasa disebut saeguk. Apalagi banyak bermunculan drama-drama saeguk yang unik dengan memadukan zaman sejarah dengan masa kini.

Tema-tema yang disajikan pun juga sangat luas, tak hanya soal perebutan tahta. Sehingga nggak jauh berbeda dengan drama-drama zaman modern. Seperti kedokteran pada zaman sejarah dulu, ketika belum ada alat secanggih saat ini.

Bedanya dengan drama dengan setting modern, drama saeguk ini banyak memasukkan ilmu-ilmu filsafat Confusius yang menekankan moralitas. Sehingga drama tema ini pun sarat makna. Aktor yang berperan dalam drama ini tentu sangat berkualitas.

Pelajaran hidup apa saja sih yang bisa kamu petik dari drama saeguk? Simak paparan berikut ini!

1. Hidup Adalah Tentang Pencarian Jati Diri

Via koreanfilm.or.kr

Beberapa karakter dalam drama saeguk tumbuh tanpa tahu siapa jati diri yang sebenarnya. Mereka tidak tahu siapa diri mereka sebenarnya, siapa orang tuanya, mengapa orang tuanya dibunuh, dan lain sebagainya.

Mereka pun melakukan perjalanan untuk menemukan fakta yang sebenarnya. Sejatinya hidup memang merupakan perjalanan untuk mencari jati diri. Mulai dari siapa sebenarnya kamu, apa yang kamu inginkan, apa tujuanmu hidup di dunia, dan masih banyak lagi.

2. Selalu Ada Alasan Dibalik Perbuatan Seseorang

Via fardelynhacky.com

Hidup seseorang seperti dua sisi koin, ada sisi jahat dan sisi baik. Tak ada orang yang terlahir jahat sejak kecil. Semua orang selalu punya sisi baik. Bagitu pula sebaliknya, orang baik juga memiliki sisi jahat. Selalu ada alasan dibalik perbuatan seseorang.

Dalam drama saeguk, seringkali seseorang itu menjadi jahat karena iri dan cemburu dengan tidak bisa memiliki apa yang diinginkan. Ada juga yang sejak kecil selalu disiksa orang tuanya bahkan ada yang karena dikucilkan dan ingin balas dendam atas ketidakadilan yang diterima.

3. Pada Akhirnya, Pemenangnya Adalah Yang Paling Berusaha

Via dramabeans.com

Isu perebutan kekuasaan selalu menjadi bagian dari drama saeguk. Pemenangnya, bukan mereka yang paling kaya, atau paling berpengaruh, melainkan mereka yang paling berjuang untuk mencapai tahta tersebut.

Begitu juga perebutan wanita, orang yang paling mencintai belum tentu mendapatkan. Karena cinta diam-diam tanpa usaha nggak akan membuahkan hasil. Jadi, kalau mencintai seseorang, berusahalah untuk memperlakukannya dengan baik dan tentunya menyatakan perasaan itu.

4. Setiap Perbuatan Ada Konsekuensinya

Via forums.soompi.com

Setiap yang dilakukan selalu ada konsekuensi yang berjalan beriringan. Perbuatan baik suatu saat akan tumbuh menjadi bunga. Dengan membantu sesama, berpihak pada yang lemah, dan berhati tulus, nantinya akan mendapatkan apa yang diinginkan. Karakter protagonis akan mencapai mimpinya untuk memiliki orang yang dicintai, bahkan memimpin kerajaan.

Begitu pula perbuatan buruk dan keji, akan mendapat balasan yang setimpal. Meski hari ini tak ada efek langsung bagi, tapi di kemudian hari akan jadi bumerang yang siap menikam. Seperti karakter antagonis dalam drama saeguk yang akhirnya berujung dikucilkan, kesepian, dan bahkan mati mengenaskan.

5. Hidup Ini Pilihan

Via daebakkpop.com

Hidup ini pilihan. Kamu berhak memilih dan memutuskan apa yang akan kamu lakukan terhadap hidupmu. Orang lain hanya dapat memberi pertimbangan-pertimbangan.

Pelajaran ini didapat dari bagaimana drama saeguk menampilkan para pemeran utama yang rela melepas tahta atau segala privilege yang dimiliki kaum bangsawan demi bersama orang yang dicintai sebab hidup bukan soal materi saja. Bahkan ada yang mengorbankan diri demi melindungi orang dicintai.

Pelajaran-pelajaran hidup yang didapat dari drama saeguk sebenarnya masih banyak lagi. Apalagi di setiap episodenya ada banyak quote-quote menarik untuk diresapi. Meaningful banget, bukan? Jangan lupa share dan komen ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *