in

Berlibur di Jogja, Kudu Mampir ke 10 Tempat Makan Enak Legendaris Ini

Tempat Makan Enak di Jogja
Via iklantravel.com

Jogja, seakan tak ada habisnya memanjakan siapapun yang singgah ke sana. Suasana tradisional khas Kota Gudeg ini memang ngangenin dan membuat pelancong tak kapok untuk datang lagi dan lagi. Apapun kebutuhannya, Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang begitu populer dari waktu ke waktu.

Menjajal nongkrong asyik di Jogja, sudah. Merencanakan jauh-jauh hari untuk menginap di hotel unik kekinian pun sudah. Wisata kuliner Jogja juga akan menjadi pengalaman paling menyenangkan tersendiri untuk kamu, dengan deretan tempat makan enak dan murah di Jogja. Harga terjangkau, rasa memukau.

Kini saatnya OhGitu akan memberikan rekomendasi tempat makanan khas Jogja yang otentik, begitu kental dengan suasana dan rasa khas Jogja. Beberapa tempat bahkan sudah ada puluhan tahun dan wajib hukumnya untuk disinggahi kala berlibur ke Jogja. Ini dia daftarnya:

1. Bakmi Jowo Mbah Gito

Via travelingyuk.com

Siapa sangka ternyata warung Bakmi Jowo Mbah Gito dulunya adalah bekas kandang sapi. Namun kini, setelah disulap menjadi tempat makan enak di Jogja yang sederhana, orang tak pernah berhenti datang untuk mencicipi bakmi godog resep turun temurun keluarga Mbah Gito. Jangan tanya lagi soal rasanya. Perpaduan mie kuning, bihun, ayam, serta bawang goreng sangat pas mengisi perutmu yang sedang lapar.

Dekorasi tempat makan enak di Jogja ini tentu saja khas dengan budaya Jawa Tengah. Deretan papan tulis dengan aksara Jawa ditulis dengan kapur putih, patung berbaju lurik, pintu dan meja kayu, serta suasana khas Jogja begitu kental terasa di sini.

Bakmi Jowo Mbah Gito
Setiap hari 17.00-23.00
Jl. Nyi Ageng Nis no 9 Rejowinangun Kotagede

2. Thiwul Ayu Mbok Sum

Via dev.tambo.co.id

Bagi yang asing dengan istilah thiwul, ini adalah kudapan manis dengan komposisi utama ketela pohon yang dikeringkan atau gaplek. Terletak di Desa Mangunan Kabupaten Bantul, Thiwul Ayu Mbok Sum telah ada sejak tahun 1997. Cemilan tradisional di sini disajikan dengan beragam rasa yaitu gula jawa, coklat, gula pasir, dan juga keju.

Mempertahankan usaha rumahannya hingga 21 tahun kemudian, Thiwul Ayu Mok Sum menjadi tempat yang selalu disinggahi para pelancong jika berkunjung ke Jogja. Resep otentik mereka pertahankan dari beberapa generasi hingga kini. Tak heran, dalam sehari saat musim liburan, bisa terjual hingga 2000 kardus tiwul!

Thiwul Ayu Mbok Sum
Setiap hari 05.00-19.00
Jl. Mangunan KM 4.5, Bantul DIY

3. Warung Sego Abang “Lombok Ijo”

Via gudeg.net

Kuliner tradisional selanjutnya yang juga layak masuk dalam daftar tempat makan enak di Jogja adalah Warung Sego Abang “Lombok Ijo” Mbah Widji. Tempat makan ini begitu sederhana dan otentik, dengan menu utama nasi merah dan sayur lodeh cabai hijau. Masakan rumahan yang berusia belasan tahun ini selalu ramai diserbu pelanggannya karena rasanya yang khas, perpaduan manis dan gurih.

Minuman yang ada di warung ini pun sangat otentik seperti wedang uwuh dan teh poci gula batu. Tempat ini terletak tak jauh dari Pasar Pakem. Begitu tingginya animo pembeli, dalam sehari bisa menghabiskan 30 kilogram beras merah. Penasaran rasanya?

Sego Abang “Lombok Ijo” Mbah Widji
Setiap hari 08.00-19.00
Jl. Kabupaten, Salakan, Trihanggo Kab. Sleman DIY

4. Gudeg Yu Djum

Via gudegyudjumpusat.com

Bicara gudeg, ada ratusan merek di Jogja dengan rasa masing-masing yang berbeda. Namun Gudeg Yu Djum adalah salah satu yang paling legendaris. Bahkan rasanya belum sah ke Jogja jika belum mencicipi gudeg yang telah ada sejak tahun 1942 ini.

Buka selama 24 jam, mampirlah ke Gudeg Yu Djum yang tak jauh dari kawasan Keraton Yogyakarta. Sejak puluhan tahun lalu, Gudeg Yu Djum selalu mempertahan kualitas bahan baku gudegnya. Jika ingin membawa pulang untuk oleh-oleh, beli di warung lesehannya ya, masih berada di ruas jalan yang sama.

Gudeg Yu Djum
Setiap hari (24 jam)
Jl. Wijilan no. 167 Jogja

5. Warung Jadah Tempe Mbah Carik

Via travelingyuk.com

Pernah dengar Jadah Tempe? Makanan otentik yang satu ini hany ada di Jogja, lebih tepatnya di sekitar lereng Gunung Merapi. Bahan bakunya adalah ketan berpadu dengan tempe dan tahu bacem. Bukan sekadar legenda bahwa sejak dulu, jadah tempe adalah makanan favorit para raja, termasuk dipopulerkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Jadah tempe dijual dengan porsi per paket dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi bila kamu sempat berjalan-jalan ke arah Kaliurang, jangan pernah lewatkan untuk mencicipi Jadah Tempe di warung Mbah Carik ini.

Warung Jadah Tempe Mbah Carik
Setiap hari 09.00-17.00
Jl. Kaliurang KM 12,5 Candi Karang Ngaglik Sleman DIY

6. Sate Klathak Pak Pong

Via kompasiana.com

Saatnya memuaskan rasa lapar dengan lezatnya Sate Klathak Pak Pong yang legendaris. Tempat makan enak di Jogja ini begitu tersohor dan selalu menjadi favorit wisatawan lokal hingga mancanegara. Tusuk satenya tidak biasa, yaitu dari jeruji sepeda yang sengaja digunakan sebagai penghantar panas. Dengan demikian, bumbu meresap dan daging matang merata.

Satu lagi yang istimewa, Sate Klathak Pak Pong menggunakan bumbu gulai. Bukan bumbu kecap atau bumbu kacang seperti pada umumnya. Potongan daging dari Sate Klathak sangat besar dan mengenyangkan. Sabar mengantre ya saat berada di sini, karena penggemarnya begitu banyak!

Sate Klathak Pak Pong
Setiap hari 09.00-23.30
Jl. Imogiri Timur KM 10 Wonokromo Pleret Jogja

7. Kipo Bu Djito

Via jajanjogja.com

Sudah pernah mencicipi Kipo? Kue tradisional khas Jogja ini ernyata masih dilestarikan di sudut pasar Kotagede. Kue dengan bentuk lonjong dan tekstur kenyal ini terbuat dari tepung beras dan ketan. Warna hijau diperoleh dari olahan daun suji dan daun pandan. Terbayang nikmatnya?

Jajanan ini layak masuk dalam daftar yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja karena terancam punah. Tidak banyak yang bisa membuat kue satu ini yang telah berusia ratusan tahun.

Kipo Bu Djito
Setiap hari 05.00-15.00
Jl. Mondorakan no 27 Kotagede

8. Kopi Klotok

Via cewealpukat.com

Pernah masuk dalam daftar tempat nongkrong asyik di Jogja, lagi-lagi Kopi Klotok masuk dalam daftar tempat legendaris yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Jogja. Bukan hanya tempat ngopi, di sini kamu bisa memanjakan perut dengan masakan rumahan dengan cita rasa khas Jawa Tengah. Tidak terlalu lapar? Nikmati pisang goreng dan kopinya.

Bukan duduk rapi seperti di restoran, saat berada di sini kamu bisa santai lesehan beralaskan tikar, atau duduk di kursi serba kayu. Justru hal ini yang membuat pengunjung betah berlama-lama nongkrong sembari menikmati suasananya. Harganya? Tentu saja sangat terjangkau.

Kopi Klotok
Setiap hari 07.00-22.00
Jl. Kaliurang KM 16 Pakem, Sleman DIY

9. Angkringan Kopi Joss

Via travelingyuk.com

Tempat makan enak di Jogja yang kudu dicoba adalah Angkringan Kopi Joss yang banyak tersebar di sekitar Stasiun Tugu. Sejak tahun 1960an, area Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, hingga Gedong Tengen selalu menjadi tempat menghabiskan waktu dan menikmati suasana malam Jogja. Kopi joss, berbeda dengan kopi biasa, diberi celupan bara arang menyala hingga menimbulkan bunyi “joss”.

Padukan Kopi Joss kamu dengan menu murah meriah khas Angkringan untuk menemani malam hari di Kota Gudeg. Seakan tak pernah sepi, deretan pengamen dengan dentingan gitarnya silih berganti sayup-sayup menemani waktu kamu di Jogja.

Angkringan Kopi Joss
Setiap hari 17.00-habis
Sekitar Stasiun Tugu Jogja

10. Apem Beras Bu Wanti

Via gudeg.net

Tentu saat mencari oleh-oleh, kamu ingin mencari yang paling khas dari kota tersebut dan tidak ada di tempat lain. Kali ini yang cocok untuk membeli oleh-oleh atau sekadar mampir untuk sarapan adalah Pasar Ngasem, tempat Apem Beras Bu Wanti dijajakan. Apa yang membuatnya istimewa? Apem yang satu ini dibuat tanpa menggunakan telur sama sekali.

Jangan heran ketika ada antrean yang ingin mencicipi apem beras yang satu ini karena kepopulerannya sudah tak diragukan lagi. Harganya pun sangat terjangkau, cocok untuk dijadikan buah tangan.

Apem Beras Bu Wanti
Pasar Ngasem
Jl. Polowijan no 11 Patehan, Kraton, Jogja

Bagaimana tidak membuat rindu? Jogja dengan segala pesonanya memang selalu punya ciri khas tersendiri yang belum tentu ada di kota lain. Kalau kamu, di mana tempat nongkrong legendaris favorit di Jogja? Beri tahu kami ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *