in

Berkunjung ke Blitar? Yuk Mampir ke 10 Tempat Wisata Hits Ini

Tempat Wisata Di Blitar
Via liburmulu.com

Jangan melulu menganggap tempat wisata di Jawa Timur hanya ada di kota itu-itu saja ya, karena Kabupaten Blitar juga punya hidden gems yang tak kalah menarik! Tempat wisata di Blitar juga layak menjadi salah satu bagian dari itinerary kamu saat sedang berkunjung ke Blitar.

Bukan hanya seru, beberapa tempat wisata di Blitar ini juga tak kalah hits untuk kamu kunjungi. Entah itu solo traveling, bersama teman-teman atau keluarga, sempatkan untuk mampir dan melihat tempat wisata hits di Blitar. Sebagai bonus, kamu juga bisa mencicipi kuliner tradisional khas dari Blitar, yang belum tentu ada di tempat lain.

Tanpa berlama-lama, yuk kita lihat 10 tempat wisata di Blitar yang hits dan wajib kamu kunjungi!

1. Desa Wisata Semen

Via indotogu.blogspot.com

Pernah membayangkan untuk berinteraksi langsung dengan warga lokal? Nah, ide yang satu ini menarik terutama bagi yang belum familiar dengan kehidupan warga di Jawa. Kamu bisa bermalam dan menikmati suasana pedesaan yang alami.

Kamu tak bakal merasa bosan karena di Desa Wisata Semen, ada banyak kegiatan menarik yang bisa kamu ikuti. Mulai dari kegiatan yang sama dengan warga lokal lakukan seperti menanam padi hingga mencari ikan, atau wahana outbound yang juga menantang.

Tak jarang kamu juga bisa melihat kesenian Jawa yaitu Karawitan atau tarian tradisional. Nikmati semua ini sembari menyantap hidangan khas mereka. Tentu aktivitas yang satu ini akan menjadi memori manis tak terlupakan, berbeda dengan liburan biasa!

2. Gardu Pandang Perkebunan Nglegok

Via idntimes.com

Kini wisata hits dikemas dengan bentuk yang kian kreatif. Biasanya, penampang alam yang begitu indah dipadukan dengan pengalaman unik sehingga menjadi magnet bagi para wisatawan. Gardu Pandang Perkebunan Nglegok di Blitar adalah salah satunya.

Tampak indah dengan latar Gunung Kelud, sempatkan untuk mampir ke Dusun Kampunganyar, Desa Sumberasri, Nglegok Kabupaten Blitar. Pemandangannya luar biasa dan sangat menyejukkan mata! Dari gardu pandang ini, kamu bagaikan berada di Bukit Teletubbies. Perbukitan hijau ini, tentu saja menjadi spot foto favorit para wisatawan yang berkunjung ke Blitar.

Bukan hanya berfoto saja, ada banyak sudut yang bisa kamu jadikan tempat untuk menikmati keindahan alam. Kamu juga akan dimanjakan saat melihat sunset atau sunrise. Jangan lupa mampir ke wahana yang tersedia di sini ya!

3. Pantai Umbul Waru

Via ulinulin.com

Bagaikan berada di pantai milik sendiri, saat berkunjung ke Pantai Umbul Waru, Blitar. Tempat ini berada tak jauh dari Air Terjun Tirto Galuh, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung. Hanya perlu bermodalkan Rp5.000 untuk membayar parker, kamu bisa menghabiskan waktu hingga seharian di sini!

Memang sih jaraknya cukup jauh dari pusat Blitar yaitu sekitar 30km, namun jangan khawatir karena di pantai ini kamu akan merasakan betapa indahnya perpaduan deburan ombak, karang yang tangguh, serta air terjun. Kamu bisa menikmati air terjun dari atas maupun bawah, tergantung pada ketinggian air.

4. Air Terjun Mini Tirto Galuh

Via wisatablitar21.blogspot.com

Disebut air terjun mini karena memang di tempat ini ada beberapa air terjun mini yang bergabung ke satu muara. Ketinggiannya pun bervariasi mulai dari 3 hingga 5 meter. Sementara lokasi dari air terjun yang unik ini adalah ke arah Desa Sidomulyo, Bakung.

Bagi kamu yang bisa berenang, manjakan diri dengan menikmati aliran sungai di sini. Ingat untuk tetap berhati-hati ya karena beberapa sudut memiliki arus yang cukup deras. Bosan bermain air? Kamu bisa menjajal wahana flying fox yang tak kalah seru.

5. Gua Luweng

Via liburmulu.com

Pernah membayangkan bagaimana keindahan gua dengan cahaya matahari memancar dari atas? Gua Luweng di Blitar punya jawabannya. Tempat wisata yang satu ini selalu menjadi favorit wisatawan karena bisa merasakan gua dengan air yang sangat segar.

Tak heran pula jika Gua Luweng menjadi tempat wisata di Blitar yang kerap dikunjungi, karena memang bagaikan disinari cahaya matahari dan membuatnya semakin magis. Kamu juga bisa mencoba trekking mengikuti aliran sungai sembari menikmati keindahan alam.

8. Penangkaran Rusa Maliran

Via dictio.id

Ada satu tempat wisata di Blitar yang wajib masuk dalam itinerary kamu, yaitu Penangkaran Rusa Maliran. Untuk menuju ke sini, ambil arah ke Kediri. Setelah sampai di Kecamatan Ponggok, maka penangkaran ini cukup mudah ditemukan. Biaya masuknya pun hanya Rp2.000.

Di sini ada 200 ekor rusa yang terawat dengan baik dan terbiasa dengan interaksi bersama manusia. Kamu bisa memberi makan para rusa atau sekadar bersantai dan bersepeda. Tidak jarang, para pasangan memilh tempat ini sebagai venue foto prewedding mereka.

9. Kampung Coklat

Via travelingyuk.com

Nah, yang satu ini surganya mereka yang suka manis-manis! Ya, Kampung Cokelat terletak di Desa Plosorejo, Kademangan, Blitar. Di kampung ini, kamu bisa mengetahui begitu banyak hal tentang cokelat. Jadi bukan hanya menjual cokelat saja, tapi budidaya hingga proses pengolahannya bisa kamu ketahui di sini. Wisata edukatif yang menarik bagi siapapun.

Tentu saja jangan lewatkan melihat proses pembuatan cokelat hingga siap disajikan. Bahkan jika kamu berlibur bersama keluarga, si kecil bisa ikut serta dalam kelas menghias kue yang kerap mereka adakan. Menarik ya?

8. Pantai Peh Pulo

Via sahabatransel.com

Siapa bilang Blitar tak punya pantai yang memesona? Coba datang ke Desa Sumbersih yang tak jauh dari Pantai Serang. Melangkahkan kaki ke sini, kamu akan disambut beberapa gugusan pulau kecil yang berdekatan berpadu dengan deretan karang kecil.

Nikmati keindahan pantai ini, atau coba mendaki ke sebelah barat pantai. Waktu terbaik untuk menikmatinya adalah saat matahari terbenam atau sunset. Tapi hati-hati ya, ombak di sini cukup besar sehingga tidak disarankan untuk berenang.

9. Air Terjun Kedung Entong

Via kacamatawisata.blogspot.com

Menyatu dengan alam saat berlibur adalah dambaan mereka yang setiap hari harus berjibaku dengan kepadatan kota. Bebaskan diri dengan mengunjungi air terjun Kedung Entong di Blitar. Tempat wisata di Blitar ini juga cukup menantang, karena akses menuju ke sana tidak mudah. Kamu perlu melewati jalan yang cukup rusak dan menyusuri sungai berarus deras.

Tapi tenang, semua perjalanan berat itu sepadan dengan suguhan air terjun yang menyambut kamu! Selain itu, air yang tenang juga seakan mengundang kamu untuk berenang. Habiskan waktu sepuasnya di sini untuk berenang dan menikmati air terjun yang indah.

10. Air Terjun Jurug Bening

Via kacamatawisata.blogspot.com

Masih soal air terjun, hanya saja Blitar ternyata punya tempat wisata air terjun yang terbilang unik. Di sini, air terjun berada di bawah, berpadu harmonis dengan persawahan hijau dan sungai yang tenang.

Untuk bisa sampai ke air terjun Jurug Bening, lagi-lagi kamu harus melewati medan yang cukup menantang. Mulai dari bukit terjal yang cukup sempit. Selalu berhati-hati ya saat menuju ke sini!

Tapi tenang saja, semua pengorbanan kamu akan terbayar tuntas dengan suguhan air terjun bertingkat yang indah, lengkap dengan bebatuan besar yang menambah rasa syukur kita akan kebesaran Yang Kuasa.

Air terjun Jurug Bening terletak di daerah Lodoyo, tak jauh dari Desa Sumberkembar. Terus bergerak menuju Pasar Bantengan, Desa Tulungrejo untuk mencapai air terjun unik ini.

Sebenarnya tentu masih panjang daftar tempat wisata di Blitar yang menarik untuk dikunjungi. Tapi dari 10 daftar di atas saja, rasanya sayang ya melewatkan semuanya saat mampir ke Blitar.

Kalau kamu, adakah rekomendasi wisata yang tak kalah menarik di Blitar? Beri tahu pembaca OhGitu lainnya di kolom komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *