Via manofmany.com

10 Rekomendasi Ultrabook Terbaik 2019: Ringan dan Tipis

Ultrabook merupakan salah satu perangkat elektronik yang keberadaannya sangat dibutuhkan. Sejak kemunculannya, ultrabook menjadi tren bagi sebagian besar orang.

Di mana laptop tipis ini lebih disukai ketimbang notebook biasa. Ada banyak hal yang menjadi alasannya. Meskipun sama-sama digunakan untuk berselancar internet, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Perbedaan Ultrabook vs Notebook

Via socialbarrel.com

Sebagaimana Anda ketahui, notebook hadir untuk memudahkan Anda melakukan pekerjaan. Jika sebelumnya Anda tidak dapat berpindah tempat sesuka hati lantaran desktop cukup merepotkan, tetapi notebook sanggup mengisi kekurangan tersebut. Dengan kata lain notebook dirancang sebagai pengganti desktop.

Umumnya, notebook yang tersedia di pasaran dilengkapi dengan DVD drive dan Hard Disk berkapasitas besar. Bisa dibilang inilah yang menjadi perbedaan signifikan antara notebook dengan ultrabook.

Dari ukuran, ultrabook jauh lebih ringan lantaran tidak dilengkapi dengan DVD drive. Dari sisi kecepatan pembacaan data, ultrabook lebih unggul karena menggunakan SSD, bukan HDD.

Di mana pemrosesan data SSD lebih optimal dan sangat halus, tidak menimbulkan suara bising. Namun, harga SSD jauh lebih mahal, bahkan untuk kapasitas yang kecil. Inilah yang menyebabkan harga ultrabook sangat fantastis.

Selain itu, ultrabook lebih unggul dari sisi masa pakai baterai. Pengisian daya pun lebih cepat dibandingkan dengan notebook. Serupa dengan notebook, ultrabook akan cepat panas jika digunakan untuk kegiatan yang menguras konsumsi baterai, seperti membuka aplikasi desain atau bermain game berat.

Tips Memilih Ultrabook Terbaik

Sebenarnya, ada banyak merek ultrabook di pasaran dengan harga bervariasi. Namun, tipis saja tidak cukup. Ultrabook haruslah dilengkapi fitur canggih dan mumpuni.

Agar tidak salah memilih, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membeli ultrabook:

  • Pilih ultrabook yang memiliki masa pakai baterai lebih dari 7 jam. Anda tidak ingin selalu mengisi daya setiap beberapa jam, bukan?
  • Cek port. Hal ini penting lantaran beberapa ultrabook hanya dibekali port USB tipe C atau thunderbolt 3.
  • Pertimbangkan apakah Anda membutuhkan layar sentuh atau tidak? Namun, ingat, layar sentuh cukup menguras konsumsi baterai.
  • Sesuai dengan namanya, ultrabook maka Anda harus memilih laptop tipis yang ringan sehingga nyaman dibawa ataupun diletakkan di pangkuan.
  • Prioritaskan ultrabook yang memiliki kinerja di atas rata-rata.
  • Ketimbang desain, utamakan fungionalitas.

Daftar Ultrabook Terbaik di Indonesia

Bagi Anda yang berniat untuk membeli ultrabook, ada sejumlah rekomendasi ultrabook terbaik. Adapun daftarnya, antara lain sebagai berikut.

1. Huawei MateBook X Pro

Via aolcdn.com

Huawei MateBook X Pro dibekali dengan layar sentuh 3K ukuran 13.3 inchi yang sangat jernih. Desainnya simpel, tetapi menonjolkan keindahan lantaran dikemas dengan apik. Performa Huawei Matebook X Pro sangat fantastis.

Ultrabook ini hadir dalam dua model, yakni Core i5 dan Core i7. Perbedaan keduanya terletak pada kartu grafis. Di mana model Core i7 dibekali Nvidia MX150 dengan kapasitas RAM 16GB dan SSD 512GB. Sementara Core i5 hanya memiliki kapasitas RAM 8GB dan SSD 256GB.

Tak hanya itu saja, keyboardnya nyaman ketika digunakan, baterainya pun tahan sepanjang hari. Ultrabook ini pun dilengkapi dengan port USB tipe C, thunderbolt 3, jack headphone, dan USB 3.0 tipe A serta pembaca sidik jari.

2. LG Gram

Via techspot.com

LG Gram didapuk sebagai ultrabook 15.6 inchi paling ringan dibandingkan produk ukuran sejenis. Tampilan ultrabook ini sangat luar biasa, ultra-realistis. Anda akan sangat menyukainya, terutama jika Anda seorang fotografer atau seorang yang bekerja di bidang desain dan periklanan.

Performanya pun apik lantaran dibekali prosesor Intel Kaby Lake R Core i7 dengan kartu grafis Intel UHD 620 GPU. Kombinasi antara keduanya menghasilkan tampilan yang jernih dan sangat baik saat menjalankan aplikasi berat, termasuk game high-end. Daya tahan baterainya pun tergolong lama sehingga cocok untuk menemani Anda beraktivitas panjang.

3. Dell XPS 13

Via digitaltrends.com

Dell XPS 13 merupakan salah satu ultrabook terfavorit. Ukuran ultrabook ini ringan, bodinya pun ramping dengan desain menarik, nyaris tanpa batas. Pasalnya, ultrabook ini dirancang dengan bezel yang 23% lebih tipis. Layar infinity edge 13 inchinya sangat nyaman dipandang, termasuk layar opsional 4K.

Dari sisi performa, Dell XPS 13 sangat mengesankan. Maklum saja, ultrabook ini menggunakan CPU Intel Core i5 (RAM 4GB, SSD 256 GB) dan i7 (RAM 16GB, SSD 1TB) dengan kartu grafis Intel UHD Graphics 620. Keyboardnya pun nyaman ketika disentuh. Dell XPS 13 dilengkapi dengan dua port thunderbolt 3, slot kunci Noble, jack audio 3.5 mm, slot microSD, dan USB tipe C.

4. Lenovo IdeaPad 720S

Via ultrabookreview.com

Lenovo IdeaPad 720S memiliki tampilan trendi dengan bodi ramping dan serba metal. Layar IPS 13.3 inchi full HD luar biasa mengesankan. Khusus untuk pasaran Indonesia, ultrabook ini hadir dengan prosesor AMD Ryzen “Raven Ridge” yang tersedia dalam dua jenis, yakni Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U. Daya tahan baterainya mencapai 8.5 jam dengan waktu pengisian selama 75 menit saja.

5. HP EliteBook X360 G2

Via laptopmain.com

HP EliteBook X360 G2 menjadi salah satu andalan pebisnis. Maklum saja, ultrabook ini hadir dengan desain menarik dan penampilan yang bagus. Ultrabook ini menggunakan layar IPS Full HD 13.3 dengan tingkat kecerahan yang baik dan tampak hidup.

Performa ultrabook ini tergolong luar biasa, meskipun hanya menggunakan prosesor Intel Core i5-7300U. Jika Anda ingin kinerja lebih maksimal Anda bisa melakukan upgrade ke Intel Core i7-7600U.

Keunggulan lain yang dimiliki ultrabook ini adalah dapat dilipat hingga 360 derajat menjadi tablet. Anda bisa menggunakan stylus untuk mengakses berbagai aplikasi, mencatat data, ataupun membuat sketsa. Selain itu, daya tahan baterainya pun awet, yakni hingga 8 jam pemakaian.

6. Microsoft Surface Laptop

Via theverge.com

Ultrabook terbaik selanjutnya adalah Microsoft Surface Laptop. Di mana ultrabook ini hadir sebagai “pembunuh MacBook Air” dengan desain mengagumkan. Seluruh bodi menggunakan aluminium berkualitas, kokoh dan berkelas. Layar 13.5 inchi telah dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass sehingga aman dari goresan.

Meskipun seluruh bodi berbahan aluminium, tetapi bagian keyboard menggunakan bahan plastik. Namun, tak perlu khawatir karena bagian ini dilengkapi dengan kain Alcantara yang diimpor dari Italia. Alhasil, permukaannya sangat nyaman, terutama ketika mengetik. Permukaan keyboard pun tidak cepat panas.

Di sisi konektivitas, ultrabook ini dilengkapi dengan port USB 3.0, mini DisplayPort, koneksi port, dan koneksi Docking milik Microsoft. Ultrabook ini dapat digunakan

Bisa dibilang ultrabook ini merupakan produk komputasi besutan Microsoft yang paling menarik. Mesinnya dirancang menyerupai produk Apple dengan kinerja yang mengesankan.

7. Asus ZenBook 3

Via engadget.com

Ultrabook besutan Asus ini memiliki desain yang hebat dan sangat tipis. Beratnya ringan, di bawah 1 kilogram sehingga nyaman dibawa ke mana saja. Kinerja Asus ZenBook 3 tergolong di atas rata-rata. Hal ini tak lepas dari prosesor yang dibenamkan, yakni Intel Core i7. Daya tahan baterai Asus ZenBook 3 sanggup bertahan hingga 9 jam pemakaian wajar.

Jika Anda ingin menghemat anggaran, pilih ultrabook dengan prosesor Intel Core i5. Meskipun kinerjanya sedikit lebih rendah dibandingkan Intel Core i7, tetapi kinerja model ini tetap bagus ketika digunakan multitasking.

8. Stealth Razer Blade

Via engadget.com

Razer yang dikenal sebagai produsen laptop gaming terbaik ini menelurkan ultrabook dengan desain tipis dan ringan. Tak hanya itu, ultrabook ini pun memiliki performa yang luar biasa. Jika ultrabook lainnya kurang dapat memuaskan pengguna dari sisi gaming, lain halnya dengan Stealth Razer Blade. Anda akan terpukau saat ultrabook ini menjalankan game berat dengan mulus.

Dengan prosesor Intel Core i7-7500U, kinerja ultrabook ini sangat handal untuk menjalankan tugas apa pun. Bisa dibilang Stealth Razer Blade merupakan salah satu ultrabook tercepat yang pernah ada.

9. Acer Swift 3

Via acer.com

Acer Swift 3 membuktikan bahwa ultrabook berkualitas tidak harus mahal. Ultrabook ini menggunakan layar IPS Full HD 14 inchi. Finishing matte membantu mengurangi pantulan sehingga menjadi lebih nyaman saat dipandang.

Dari sisi kinerja, ultrabook ini cukup baik karena menggunakan prosesor Core i5 yang dapat diupgrade ke Core i7. Sementara kapasitas baterainya mampu bertahan hingga 10 jam.

10. Lenovo ThinkPad X1 Carbon

Via lenovo.com

Lenovo X1 Carbon ditujukkan untuk para pebisnis yang membutuhkan ultrabook ringan dengan kinerja apik. Ultrabook ini memiliki ketahanan yang apik. Lenovo ThinkPad X1 Carbon hadir dengan tampilan layar Quad HD 14 inchi. Tak hanya itu saja, Ultrabook ini memungkinkan Anda untuk tetap mengakses data dan aplikasi di Cloud, meskipun WiFi berada di luar jangkauan.

Ultrabook ini menggunakan prosesor Intel Core cPro i7-7600U dan karti grafis Intel HD Graphics 620. Ultrabook ini pun dilengkapi dengan pembaca sidik jari Match-In-Sensor yang dapat melindungi data Anda dengan optimal.

Itulah sejumlah ultrabook terbaik yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Hindari membeli ultrabook bukan hanya sekadar mengikuti tren. Belilah ultrabook karena fungsinya. Semoga bermanfaat, jangan lupa share, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *