in

Jangan Bingung, Ini Urutan Nonton Film Marvel Cinematic Universe

Urutan Film Marvel
Via youtube.com

Film-film besutan Marvel yang biasa diberi label Marvel Cinematic Universe (MCU) memang punya alur wibbly-wobbly timelines, alias loncat-loncat dan tidak berurutan sesuai dengan waktu rilisnya. Bisa jadi film yang dirilis di tengah, justru yang seharusnya menjelaskan awal dari semua kisah MCU; atau justru film yang pertama kali dirilis bukan berarti yang harus pertama kali ditonton juga. Yang tak kalah menarik untuk diketahui, bagaimana sih sebenarnya cara nonton MCU dengan sequence yang tepat sesuai urutan?

On top of that, alur cerita dari daftar kumpulan film Marvel memang punya twist masing-masing yang memikat para penggemarnya. Setiap filmnya punya conncected properties satu sama lain yang seakan jadi kepingan puzzle membentuk satu kesatuan yang utuh. Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, mengaku sudah membuat draft film Marvel hingga tahun 2028!

Hingga tahun ini, MCU sudah merilis 20 judul film, belum ditambah dengan deretan serial TV dan comic book yang juga terkait. Namun – hal ini pasti disetujui para pecinta Marvel – terlepas dari alur yang berlompatan tadi, storyline utama dari tayangan Marvel sangat mudah dipahami. Jadi bagi yang belum memulai nonton Marvel karena enggan memahami begitu banyaknya karakter di dalamnya, worry not!

So untuk kali ini, OhGitu sudah merumuskan cara nonton film dan serial televisi Marvel Cinematic Universe dengan tepat agar semakin bisa menghanyutkan kamu dalam kisah heroes and aliens ini. Urutan film Marvel yang kami runut melibatkan seluruh film (dari tahun 2008) dan juga serial televisi. Are you ready? Here goes the list!

1. Captain America: The First Avenger (2011)

Yup, meskipun film MCU telah ada sejak tahun 2008, namun sebaiknya urutan film Marvel dimulai dengan Captain America: The First Avenger yang rilis tahun 2011 lalu. Film kelima dalam urutan Marvel Cinematic Universe ini harus ditonton pertama kali karena mengambil latar belakang waktu beberapa dekade sebelum Iron Man dan The Avengers. Di film ini pula, Steve Rogers – yang juga dikenal dengan Captain America – dihadirkan sebagai salah satu karakter kunci Marvel.

Dalam film ini, dikisahkan bagaimana Rogers menjadi super soldier pertama namun membuat Dr. Abraham Erskine terbunuh saat memperebutkan Hydra. Captain America memimpin pasukan mengalahkan Red Skull, sebelum kemudian jatuh di Artic karena mengalami kerusakan pada pesawat dan harus membeku selama tujuh dekade.

2. Marvel’s Agent Carter: Season 1

Lanjutkan tontonan usai Captain America dengan serial Agent Carter season pertama. Dalam serial ini, Agent Carter bersama Howard Stark dan Jarvis menjalankan misi di SSR. Tentu yang menjadi incaran adalah darah Captain America. Beruntungnya Agent Carter berhasil membuang darah tersebut dan menangkap musuh utama.

3. Marvel’s Agent Carter: Season 2

Di season selanjutnya, istri dari Edwin Jarvis dimunculkan. Tak hanya dirinya, aktris dan penemu jenius dalam komik Marvel yaitu Whitney Frost juga akan menampakkan diri. Season dua dari serial Agent Carter mengambil latar pada tahun 1947, hanya selang enam bulan dari musim sebelumnya. Jangan terkejut saat melihat banyak perubahan dalam hidup Peggy Carter, kekasih Captain America yang terpisah dimensi waktu.

4. Iron Man

Film yang mengawali rangkaian Marvel Cinematic Universe di tahun 2008, Iron Man, layak menjadi urutan berikutnya dalam menonton Marvel. Di sini kamu akan berkenalan dengan Tony Stark, seorang biliuner direktur Stark Industries yang membuat senjata bagi dirinya sendiri. Menariknya lagi, Marvel yang selalu dikenal dengan scene setelah credit title, dalam film ini memperlihatkan bagaimana Nick Fury mendekati Stark untuk membahas tentang Avengers.

5. The Incredible Hulk

Latar belakang waktu dari film tentang raksasa berwarna hijau ini terjadi secara simultan dengan Iron Man 2 dan Thor. Film ini berkisah tentang bagaimana Culver University berupaya membuat serum untuk menciptakan pahlawan dunia. Serum gamma diuji coba pada Bruce Banner, yang ternyata berubah menjadi monster hijau raksasa sebagai reaksi atas serum. Kisahnya kian seru saat pemerintah berupaya menangkap Hulk, ditambah lagi romansa antara Hulk dan kekasihnya, Betty Ross.

6. Iron Man 2

Iron Man 2 dengan latar belakang waktu tidak jauh berbeda dengan The Incredible Hulk adalah yang selanjutnya. Kali ini ada perebutan Arc Reactor antara Ivan Vanko dan Tony Stark. Black Widow juga muncul dalam film ini, menjadi agen intelijen yang mengintai Tony atas perintah Nick Fury. Seakan menjadi jembatan untuk film selanjutnya, penutup film ini adalah adegan Agent Coulson yang berangkat ke New Mexico atas kabar seseorang dari luar angkasa yang tak bisa mengangkat palunya.

7. Thor

Yap, palu yang dibicarakan dalam ending film Iron Man 2 adalah milik Thor. Anak dari dewa Odin ini diusir ke bumi karena masih punya anger issue dan dianggap belum pantas menduduki tahta. Semasa di bumi, Thor bersama Jane Foster dan Dr. Selvig belajar banyak hal hingga merasa layak kembali ke Asgard. Film ini juga memperkenalkan karakter lain yang kemudian akan melengkapi rangkaian superheroes Marvel.

8. The Avengers

Setelah kepingan puzzle perlahan terpasang dengan mengenali individual heroes di film-film sebelumnya, maka The Avengers adalah film berikutnya yang jangan sampai terlewatkan. Loki, tokoh antagonis yang bermisi merebut Tesseract dari tangan S.H.I.E.L.D bersenjatakan Mind Stone berusaha memecah belah Avenger. Battle of New York tak terhindarkan.

Avenger berhasil mengalahkan Loki dan pasukan Chitauri yang masuk ke bumi. Namun Agent Coulson mati dalam pertempuran itu. Thor segera membawa kembali Tesseract ke Asgard untuk mengamankannya. Film ini mnejadi kesimpulan tahap pertama MCU, memperkenalkan bagaimana para pahlawan ini bertarung dalam satu kelompok.

9. Iron Man 3

Kembali ke kehidupan Iron Man, kali ini dalam film ketiganya ada musuh dari masa lalu yang mengganggu kehidupannya. Dulunya orang ini adalah sosok yang pernah ditolaknya untuk berkolaborasi. Ditambah lagi sosok teroris bernama Mandarin yang pada akhirnya bertempur dan berhasil dikalahkannya. Spoiler alert: akhir dari film Iron Man 3 bisa jadi tidak disangka-sangka, saat ia membuang Arc Reactor miliknya.

10. Agent of SHIELD: Season 1 (Episode 1-7)

Ada tujuh episode dalam musim pertama serial ini. Masih berawal dari Battle of New York dalam film Avengers, kali ini Agent Phil Coulson dihidupkan kembali oleh Nick Fury. Bersama-sama, keenam anggota Agent of SHIELD ini menjalankan proyek T.A.H.I.T.I dengan misi mencampur DNA alien pada tubuh mereka. Tentu saja, kembalinya Agent Coulson dirahasiakan dari para Avenger.

11. Thor: The Dark World

Sekuel dari Thor yang pertama ini hanya berjarak satu tahun setelah pertempuran The Avengers yang pertama. Dalam The Dark World, diceritakan bagaimana Jane Foster tiba-tiba masuk ke dalam portal dan menemukan infinity gems yaitu Aether. Saat dirasuki Aether, Malekith ingin merebutnya dari Jane Foster dan membuat penyerangan Greenwich tak terelakkan. Namun Thor hadir sebagai pahlawan yang menghentikan pertempuran sekaligus mengamankan Aether.

12. Agent of SHIELD: Season 1 (Episode 8-15)

Setelah melihat perjuangan Thor, lanjutkan kembali episode dalam serial Agent of SHIELD. Kali ini Agent Coulson bersama timnya datang melihat puing reruntuhan alien di Greenwich, yang terjadi dalam film sekuel Thor. Lewat proyek T.A.H.I.T.I, Coulson berusaha menghidupkan kembali Skye. Ternyata setelah terungkap, diketahui bahwa Skye tidak “mempan” karena dia adalah separuh alien.

13. Captain America: The Winter Soldier

Dirilis 4 April 2014, Captain America: The Winter Soldier berkisah tentang penjahat Hydra yang menghalalkan segala cara demi misinya. Di tengah film barulah Captain America sadar bahwa Winter Soldier yang dihadapinya adaah Bucky, teman Rogers yang sempat hilang saat pertempuran dengan Hydra tahun 1942 silam.

Di situlah Rogers berusaha menyadarkan sahabatnya dari manipulasi Hydra. Falcon juga turut serta dalam film ini membantu mengalahkan Hydra, sebelum kemudian diajak Captain America untuk bergabung ke dalam The Avengers.

14. Agent of SHIELD: Season 1 (Episode 16-22)

Usut punya usut, ternyata banyak penyusup dari Hydra dalam tubuh SHIELD. Mereka juga mengintai cara kerja program T.A.H.I.T.I. Bahkan tangan kanan Agent Coulson, Ward, adalah anggota Hydra! Di sinilah episode yang menggambarkan bagaimana SHIELD hancur dan kehilangan kepercayaan dari publik.

15. Guardians of the Galaxy

Kepingan puzzle kian jelas, alur makin seru. Tentu saja Guardians of the Galaxy adalah tayangan selanjutnya yang harus ditonton dalam urutan film Marvel. GotG telah ada sejak 1988 sesaat setelah Peter Quill diculik alien sepeninggal ibunya. Dibesarkan alien, Quill terlatih menjadi pencuri luar angkasa dengan julukan Star Lord.

Konflik muncul saat Quill mencuri Orb dan berencana menjualnya ke The Collector, namun ternyata di saat yang sama Thanos juga mengincar Orb tersebut. Pada akhirnya, Orb yang merupakan salah satu infinity gems berhasil diamankan di Xandar.

16. Agent of SHIELD: Season 2 (Episode 1-19)

Kian seru, musim kedua dari Agent of SHIELD hadir menceritakan tentang mereka yang inhuman. Salah satunya adalah Skye. Selain itu, juga diceritakan bagaimana Agent Coulson mencari tongkat milik Loki. Dua kubu terbentuk, antara SHIELD dan Inhuman. Diketahui kemudian bahwa tongkat Loki disimpan di Sokovia. The Avengers tentu saja terpanggil untuk merebutnya.

17. Guardians of the Galaxy Vol. 2

Misi selanjutnya dari GotG adalah menjaga Annulax dari keinginan Alien merebutnya. Fakta lain yang menarik terungkap dalam film ini, bahwa Star Lord adalah half alien. Ia yang sejak kecil dibesarkan alien akhirnya bertemu dengan sang ayah, Ego.

Ego ingin memanfaatkan kemampuan Star Lord sebagai pencuri ulung untuk menguasai dunia. Namun Guardians of the Galaxy berhasil memupuskan impian itu. Ego kalah dalam pertempuran menghadap GotG.

18. The Avengers: Age of Ultron

Seperti yang digambarkan dalam episode 1-19 serial televisi Agent of SHIELD musim kedua, tongkat Loki menjadi hal yang diperebutkan. Tongkat ini disimpan oleh Strucker dan List. Mengetahui tongkat yang mereka simpan menjadi incaran banyak pihak, maka Strucker tak kehabisan akal. Ia membuat versi artificial intelligence dari infinity gem yang ada dalam tongkat Loki.

Di sinilah Tony Stark juga mulai mengembangkan Ultron. Berkat pengaruh dari Scarlet Witch, Ultron berhasil terbentuk. Ultron nyatanya justru punya misi menghancurkan bumi. The Avengers menyatukan kekuatan mengalahkan Ultron, dengan bantuan Vision dan Scarlet Witch. Seperti yang sudah-sudah, keduanya akhirnya juga bergabung dalam The Avengers.

19. Agent of SHIELD: Season 2 dan 3

New threats unleashed yang menjadi jargon episode kelanjutan dari Agent of SHIELD musim kedua rupanya bukan sekadar omong kosong. Dalam episode lanjutan musim kedua dan tiga, perang besar antara SHIELD dan Inhuman tak terelakkan.

Pertempuran kali ini jauh lebih besar dari yang sebelumnya. SHIELD berhasil mengalahkan Inhuman, namun Agent Coulson kehilangan satu tangannya dalam pertempuran tersebut. Yang lebih menegangkan lagi, diviner yang bisa mengaktifkan kekuatan Inhuman jatuh ke laut dan membuat semua ikan-ikan terkontaminasi.

20. Ant-Man

Berkat teknologi mengubah ukuran benda, Dr. Hank Pym dan Agent Carter punya kemampuan untuk mengendalikan semut-semut. Bahkan Hank berhasil menciptakan sebuah kostum yang bisa membuat pemakainya menyusut ukurannya. Inovasi ini begitu berbahaya dengan kekuatan besar sehingga disimpan dengan baik.

Tiba-tiba Hank bertemu dengan Scott Lang. Sang dokter merasa bahwa Lang adalah sosok yang tepat mengenakan kostum tersebut. Lahirlah Ant-Man yang dibawakan oleh Scott Lang. sementara putri dari Hank, Hope, diberi kostum The Wasp.

21. Captain America: Civil War

Bisa jadi film yang satu ini adalah salah satu yang paling seru dari deretan film Marcel Cinematic Universe. Setting waktunya hanya berselang satu tahun dari Age of Ultron. Kini Captain America menjadi pemimpin The Avengers dalam formasi terbarunya. Banyak tekanan terhadap Avengers mengingat belakangan banyak insiden besar yang membuat kehancuran.

Para superhero ini diminta memasang sistem untuk tahu kapan benar-benar dibutuhkan. Tentu Avengers jadi kesulitan mengambil langkah untuk melindungi dunia. Di sisi lain, Iron Man tidak terima dengan keputusan Captain America. Dia keberatan jika Undang-Undang Pemerintah AS mengharuskannya mengungkap jati diri sebenarnya. Perselisihan keduanya menjadi sorotan yang begitu membius sepanjang film.

Film ini juga menjadi pengantar masuknya sosok Black Panther dan Spider-Man yang menunjukkan dimulainya phase ketiga dari Marvel Cinematic Universe. Dan yup, keduanya juga punya film sendiri.

22. Doctor Strange

Kehadiran Benedict Cumberbatch dalam urutan film Marvel memberi warna tersendiri. Sosoknya memerankan Dr. Stephen Strange, seorang dokter saraf yang serba bisa – dan tentu saja – arogan khas Cumberbatch. Diceritakan bahwa Dr. Strange mengalami kelumpuhan tangan akibat kecelakaan mobil.

Untuk menyembuhkan tangannya, ia mencari Ancient One, mentor Doctor Strange yang berada di sebuah desa tersembunyi. Namun masalah berlanjut ketika pengkhianat Ancient One membangkitkan Dormamu dan memicu pertempuran keduanya. Berkat time stone, salah satu infinity gems, sang dokter berhasil mengalahkan Dormamu.

23. Spider-Man: Homecoming

Film ini adalah pertama kalinya Spider-Man kembali ke layar lebar usai The Amazing Spider-Man 2. Jangan salah, sekuel The Amazing Spider-Man sama sekali tidak ada hubungannya dengan MCU. Hanya berjarak beberapa bulan dari Civil War, Tom Holland sebagai aktor utama menceritakan bagaimana Peter Parker punya kekuatan super setelah digigit laba-laba kosmik.

Bekerja sama dengan Tony Stark, Peter juga menghadapi penjahat yang ternyata mendapat kekuatan dari puing alien Battle of New York beberapa tahun silam! Spider-Man yang mengetahui hal ini dianggap sebagai benalu dan harus dihilangkan oleh musuhnya, Vulture. Pada akhirnya Spidey menang dan ditawari Tony Stark bergabung dengan Avenger, namun ia menolak.

24. Thor: Ragnarok

Bercerita tentang Thor, kali ini kamu akan diajak menjawab rasa penasarannya atas kehancuran Asgard. Sang ayah kemudian bercerita tentang Hela, anak pertamanya yang juga mengincar tahta di Asgard. Lalu Thor dipenjara di planet bernama Sakaar dan menjadi tawanan Grandmaster.

Di sini ia bertemu dengan Hulk yang merupakan andalan Grandmaster. Baru kemudian Bruce Banner dan Valkyrie membantunya melarikan diri dari Sakaar dan bertempur dengan Hela untuk memperebutkan tahta di Asgard. Thor berpacu dengan waktu sebelum Asgard benar-benar hancur.

25. Black Panther

Dalam episode Civil War, ayah dari T’challa tewas di tangan Winter Soldier. Ia pun memutuskan kembali ke Wakanda dan menjadi raja baru. Namun tiba-tiba datang orang dari masa lalu bernama Erik Killmonger, berupaya merebut posisi sebagai raja Wakanda.

Di sinilah kekuatan T’challa diuji merebut singgasana kerajaan. Misinya ini tak hanya untuk melindungi Wakanda, namun juga mencegah terjadinya perang dunia berikutnya.

26. Avengers: Infinity War

Keseruan film Avengers: Infinity War yang rilis pada April 2018 lalu masih begitu terasa. Film besutan dua bersaudara Joe dan Anthony Russo ini mengambil latar empat tahun dari Guardians of the Galaxy 2. Dalam film ini, The Avengers bergabung bersama superheroes lainnya untuk melawan Thanos yang mengincar infinity stones.

27. Ant-Man and the Wasp

Baru rilis beberapa hari lalu, sekuel dari Ant-Man ini mengambil latar usai kejadian Civil War. Scott Lang lagi-lagi dihadapkan pada dilema antara perannya sebagai superhero dan seorang ayah. Di tengah upayanya menyeimbangkan dua peran yang bertolak belakang itu, hadir Hope van Dyne dan Dr. Hank Pym yang menuntutnya menjalankan misi baru.

Scott Lang kemudian bekerja sama dengan putri Dr. Hank yang bernama Hope, untuk mengungkap sebuah rahasia besar dari masa lalu. Film ini mendapat sambutan positif karena memberikan banyak suguhan drama keluarga di tengah pertempuran superhero khas Marvel.

28. Captain Marvel

Via blog.gotomalls.com

Di tahun 2019 nanti, kamu akan dimanjakan dengan film berjudul Captain Marvel. Kali ini karakter superhero perempuan yang bisa menyerap energi sekitar dan mengeluarkan api hanya dari jari-jarinya. Tahan dulu rasa penasaran, karena Captain Marvel akan menyambut kamu pada Maret 2019 nanti.

Dalam film yang berlatar di tahun 90an ini, kamu akna melihat bagaimana Carol Danvers yang diperankan oleh Brie Larson berubah menjadi Captain Marvel. Sebuah perubahan yang tentunya sangat mempengaruhi bagaimana Avengers mengalahkan Thanos.

29. Avengers: Infinity War II

Via youtube.com

Sesuai judulnya, di bulan Mei 2019 kelanjutan perjuangan The Avengers dalam Infinity War akan berlanjut. Film ini akan menjadi kesimpulan dari cerita selama beberapa dekade, jika merunut pada apa yang dijanjikan oleh bos Marvel Studios, Kevin Feige.

Selain dua film yang baru akan dirilis tahun 2019, disebut-sebut kelanjutan dari Spider-Man dan Guardians of the Galaxy Vol. 3 juga akan menambah semarak Marvel Cinematic Universe.

So bagi para pecinta film dan serial televisi Marvel, sudahkah kamu menonton sesuai dengan urutan yang tepat seperti rekomendasi kami di atas? Bagi yang baru mau memulai mengenali dunia Marvel, jangan ragu-ragu lagi ya! Jika kamu punya versi lain cara menonton urutan film Marvel, share with us below!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *