10 Rekomendasi Wisata Kuliner Bandung Paling Hits

Wisata Kuliner Bandung
Via qraved.com

Sebagai salah satu kota kreatif di dunia yang telah diakui UNESCO, Bandung memiliki tempat wisata yang kerap kali menjadi tujuan untuk menghabiskan akhir pekan. Setiap tahun ada saja tempat wisata baru yang dibuka di Bandung sehingga menarik minat wisatawan mancanegara. Tapi ternyata, wisata kuliner Bandung tak kalah menarik.

Mulai dari tempat makan khas daerah Sunda, tempat makan yang instagramable, unik, sampai yang murah meriah bisa kamu temukan di pelosok Bandung. Nah, jika kamu sedang atau akan berwisata ke Bandung dan bingung wisata kuliner Bandung apa saja yang akan kamu coba. Ini sepuluh rekomendasi OhGitu yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Paskal Food Market

Via kulinerbandungwisata.blogspot.com

Berbicara mengenai wisata kuliner Bandung, jangan lewatkan Paskal Food Market. Selain karena letaknya strategis dan tidak jauh dari stasiun kota Bandung, kamu bisa menemukan beraneka ragam makanan yang kabarnya tersedia hingga 1100 menu. Mulai dari masakan nusantara hingga mancanegara bisa kamu nikmati di sini. Bahkan, terdapat pula Sate Maulana Yusuf yang hits di daerah Dago, jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke sana.

Nama Paskal sendiri bukan berarti satuan tekanan yang ada dalam buku pelajaran Fisika, melainkan sebuah singkatan dari Pasir Kaliki yang menunjukkan letak. Paskal berupa foodcourt bertema outdoor dengan live music yang menghidupkan suasana. Jika malam tiba, nyala lampion berjajar menemani makan malammu bersama teman-teman, maupun sanak keluarga. Tak hanya itu, ketika musim Piala Dunia, kamu juga bisa menikmati serunya nobar di sini.

Lokasi: Paskal Hyper Square, Jalan Pasirkaliki No.25-27, Kebon Jeruk, Andir, Ciroyom

2. Floating Market Lembang

Via romieyudhistira.wordpress.com

Wisata kuliner Bandung belum lengkap rasanya bila tak mampir ke Floating Market Lembang yang merupakan sebuah pasar apung. Kamu akan mendapatkan suasana seperti di The Damnoen Saduak Floating Market, Thailand, di mana para penjual menjajakan dagangannya di atas perahu yang terapung. Untuk membeli makanan di sini, kamu harus menukarkan uangmu dengan koin khusus yang bernilai Rp 5000, Rp 10.000, dan Rp 20.000.

Setelah itu, kamu bisa langsung menikmati jajanan asli Bandung seperti cireng, siomay, atau batagor ditemani sejuknya udara pegunungan. Ada pula makanan-makanan khas beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Sate Maranggi, makanan khas Purwakarta. Tak hanya makanan, Floating Market juga menyediakan berbagai wahana dan spot foto kuliner Bandung yang instagramable.

Lokasi: Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

3. The Stone Cafe

Via thestonecafe.com

Daerah Dago Pakar memang memiliki pemandangan alam yang mempesona. Kalau kamu ingin wisata kuliner Bandung di daerah Dago sambil menikmati indahnya pemandangan city lights, The Stone Cafe jawabannya. Maka dari itu, kafe yang terkenal romantis ini memang cocok sebagai kuliner Bandung malam hari. Dinner bersama pasangan sambil mendengarkan alunan lagu dari live music yang tersedia, bisa menjadi kenangan yang berkesan dan tak terlupakan.

Kafe ini memiliki slogan East Meet West ditunjukkan dengan desain interiornya yang merupakan paduan Eropa klasik dengan suasana pedesaan. Sedangkan western food combo barbeque kombinasi sirloin, udang dan ikan kakap yang dilumuri saus khas kafe ini. Minuman khas Bandung, bandrek jahe gula merah bahan utama

Lokasi: Jl. Rancakendal Luhur No. 5 (Gerbang Dago Resort), Dago Atas, Bandung

4. Soto Bandung M. Tarya

Via magazine.job-like.com

Soto memang telah ditetapkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebagai makanan nasional karena menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, mudah dibuat dan ditemukan di Indonesia. Wisata kuliner Bandung kurang sempurna kalau tidak mencicipi makanan nasional yang juga ada di Bandung ini.

Salah satu kedai soto khas Bandung yang legendaris dan ramai dikunjungi adalah Soto Bandung M Tarya yang buka mulai pukul 08.00 hingga 21.00. Berbeda dengan soto daging di daerah lainnya, soto khas Bandung ini dilengkapi lobak, tomat dengan taburan kacang kedelai. Ditambah kuah beningnya yang hangat dan kaya rempah-rempah, makanan ini cocok dengan hawa dingin Bandung.

Lokasi: Jl. Sawah Kurung No.16, Ciateul, Regol, Kota Bandung, Jawa Bara

5. Se’i Sapi Lamalera

Via satyawinnie.com

Se’i sendiri merupakan makanan asal Kupang yang biasanya terbuat dari daging babi. Tapi Se’i di sini halal karena hanya ada tiga pilihan yakni daging sapi, ayam, atau lidah sapi. Di atas talenan kayu akan disajikan daging asap, tumis daun singkong, dan sambal pilihan kamu. Ada sambal lu’at, bumbu rica, sambal ijo, lada hitam, sampai sambal yang sedang populer yaitu sambal matah. Wisata kuliner Bandung ini bisa kamu temukan di tengah kota meskipun tempatnya sedikit terpencil.

Lokasi: Jl Bagus Rangin No. 24A, Lebakgede, Bandung

6. Kampung Daun

Via touristama.com

Jika kamu mencari wisata kuliner Bandung yang menyajikan aneka makanan Sunda, Kampung Daun tempatnya. Mulai dari karedok, nasi tutug oncom ada di sini. Tempatnya berupa saung-saung khas pedesaan yang pastinya sejuk dan menyenangkan jika dikunjungi bersama keluarga.

Lokasi: Jalan Sersan Bajuri KM. 4,7, Cihideung, Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat

7. Kehidupan Tidak Pernah Berakhir

Via blogunik.com

Ini bukan sebuah petuah untukmu, melainkan nama tempat wisata kuliner Bandung vegetarian. Sajian-sajian berupa sate, dan rendang sebenarnya dibuat dari jamur yang rasanya mirip sekali dengan daging. Selain tidak menggunakan penyedap rasa, harganya pun murah meriah. Untuk satu porsi nasi dengan empat lauk, kamu hanya perlu mengeluarkan sepuluh ribu saja. Jadi, untuk wisata kuliner Bandung yang sehat, dan menghemat kantong, kamu bisa ke Jalan Pasirkaliki.

8. Please Please Please

Via cantikmanjah.com

Tempat ini memang terkenal sebagai wisata kuliner Bandung yang instagramable di setiap sudutnya. Makanya, tak salah jika kafe ini populer di instagram. Kafe yang bernuansa pastel ini memiliki desain yang klasik dan classy. Salah satu spot yang sering digunakan untuk ootd adalah adalah tiga papan berbentuk skateboard bertuliskan nama kafe.

Selain itu, ada juga dinding yang dipenuhi poster warna-warni, neon sign berbentuk unicorn, kesan dinding yang unfinished di area outdoor dipadu dengan tanaman hias dan kursi-kursi kayu, serta masih banyak lagi. Makanannya pun juga tak kalah menarik. Ada smoked beef sandwich yang merupakan menu breakfast, Korean kimchi fried rice with ox tongue, chicken with salted egg yolk rice bowl, dan masih banyak lagi.

9. Cuanki & Batagor Serayu

Via myeatandtravelstory.wordpress.com

Sudah buka sejak 1990, jajanan khas Sunda ini masih hits sampe sekarang. Cuanki sendiri sebenarnya merupakan singkatan cari uang jalan kaki karena pada awalnya sang pemilik berjualan keliling menggunakan gerobak. Bedanya dengan bakso biasa, tak ada mie kuning dalam semangkuk cuanki.

Lokasi: Jalan Serayu No.2, Cihapit, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat

10. Roemah Seafood

Via qraved.com

Tempat wisata kuliner Bandung kali ini menyediakan 40 menu seafood untukmu. Seafoodnya yang segar tentunya tak boleh kamu lewatkan. Nah, salah satu menu mereka yang sedang populer di instagram adalah lobster gajah telur asin yang berukuran besar.

Lokasi: Jl. Terusan Pasirkoja No.267, Sukahaji, Babakan Ciparay, Kota Bandung

Sembari ke tempat-tempat wisata, jangan lupa mencicipi wisata kuliner Bandung ya! Dijamin, kamu nggak akan menyesal. Jangan lupa komen ya kalau ada rekomendasi lainnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *